Dipublish pada Jumat, 11 Nov 2022 | 10:35

Broom Gandeng Bank DBS Indonesia, Permudah Kredit Mobil Bekas

broom kredit mobil bekasFoto: Bank DBS Indonesia

Broom, sebuah perusahaan rintisan (startup) otomotif, resmi mengumumkan kerja sama dengan Bank DBS Indonesia dalam bentuk fasilitas kredit sebesar Rp 100 miliar, yang diharapkan dapat menjadi akselerator pertumbuhan (growth accelerator) bagi Broom untuk memperluas cakupan layanan bagi bisnis showroom mobil bekas di Indonesia.

Komitraan ini diresmikan melalui penandatangan perjanjian kerja sama oleh Pandu Adi Laras selaku CEO & Co-Founder Broom, dan Kevin Tanuwidjaja selaku Executive Director Institutional Banking Group, pada Kamis (10/11/2022” di Jakarta.

Broom talah hadir di Indonesia sejak Juni 2021 dan fokus pada pemberdayaan ekosistem showroom mobil bekas di Indonesia melalui teknologi dan optimalisasi akses inventori kendaraan.

Kerja sama fasilistas kredit Bank DBS Indonesia ini akan memberikan likuiditas tambahan bagi perubahan yang akan menjadi sarana pendukung pengembangan layanan serta cakupan perusahaan.

Produk utama Broom saat ini, Buyback, memungkinkan showroom mobil bekas mendapatkan sumber dana dan pendapatan yang lebih baik melalui pemanfaatan stok inventori yang biasanya menumpuk.

Showroom dapat menjual sementara kendaraan yang ada di inventori mereka, kemudian showroom dapat membeli kendaraan lainnya yang sesuai dengan minat atau kebutuhan terkini pasar. 

Sejak pertama kali diluncurkan tahun ini, layanan Buyback telah melayani lebih dari 3.000 bisnis showroom di Jabodetabek dan Surabaya.

Sebelumnya, Broom telah mendapatkan fasilitas kredit serupa dari beberapa institusi finansial lainnya pada awal 2022. Di sisi lain, Broom juga telah mendapatkan pendanaan tahap awal (Seed Funding) dari firma modal ventura AC Ventures dan Quona Capital sebesar US$ 3 juta pada akhir Februari 2022.

Pandu Laras selaku CEO & Co-Founder Broom berharap kerja sama ini dapat memberikan dampak positif pada ekosistem otomotif lokal. Menurutnya, ini akan membawa dampak yang besar bagi pelaku bisnis showroom di Indonesia dalam mengoptimalisasi bisnis.

Pandu menambahkan, selain dalam bentuk finansial dan strategis, kerja sama ini juga turut memvalidasi model bisnis Broom.

Menutup rangkaian acara seremonial, Executive Director Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Kevin Tanuwidjaja menyampaikan bahwa kerja sama ini semakin mengukuhkan komitmen Bank DBS Indonesia untuk mendukung industry startup di Indonesia.

Kevin berharap pendanaan yang diberikan oleh Bank DBS Indonesia dapat mendukung ekspansi bisnis Broom.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT