Dipublish pada Selasa, 1 Mar 2022 | 13:39

Snapdragon Digital Chassis Hadir untuk Mobil Masa Depan

Qualcomm Snapdragon Digital ChassisFoto: Qualcomm

Meningkatnya permintaan terhadap pengalaman berkendara premium dengan layanan dalam kendaraan yang terhubung, dijawab oleh Qualcomm dengan meluncurkan Snapdragon Digital Chassis yang memiliki tiga keunggulan utama.

Teknologi otomotif ini diperkenalkan sebagai solusi baru yang telah disempurnakan Qualcomm untuk melengkapi portfolionya, dan diklaim mamlu memberikan peningkatan pada setiap platform kendaraan yang terhubung dengan Snapdragon Digital Chassis.

Menurut Nakul Duggal, Senior Vice President and GM, Automotive, Qualcomm Technologies, Inc, Hadirnya teknologi ini merupakan sebuah solusi dari Qualcomm Technologies untuk menciptakan manufaktur mobil yang unik, komprehensif, dan terhubung.

Snapdragon Digital Chassis terdiri dari serangkaian platform terbuka dan terhubung ke cloud yang memanfaatkan arsitektur terpadu dalam mendukung peningkatan keselamatan dan pengalaman digital imersif yang dapat diperbarui sepanjang masa pakai kendaraan generasi berikutnya. 

Manufaktur mobil memiliki opsi untuk mengadopsi salah satu atau semua platform ini di seluruh lini produk mereka untuk menawarkan pengalaman yang sangat dapat disesuaikan dengan fitur yang terus ditingkatkan melalui Cloud.

Pada peluncuran Snapdragon Digital Chassis, Qualcomm turut menjabarkan tiga keunggulan dari teknologi otomotif terbaru mereka sbb.

Connectivity-as-a-Service

Qualcomm Snapdragon Digital ChassisFoto: Qualcomm

Snapdragon Car-to-Cloud Services dirancang  dengan peningkatan untuk memperluas kinerja dan fitur sistem, sekaligus untuk mengaktifkan layanan digital baru. 

Connectivity-as-a-Service memperluas kemampuan ini untuk menyediakan konektivitas global pada modul NAD berbasis Snapdragon Telematics SOC bersama dengan pengembang yang digerakkan oleh API, menciptakan aplikasi/layanan di perangkat dan cloud yang disempurnakan. 

Didorong oleh data telemetri dan insight data lanjutan dari kendaraan yang terhubung, alat yang disediakan di lingkungan pengembang memecahkan kompleksitas yang dihadapi OEM saat membangun layanan terhubung pada perangkat keras telematika. 

Qualcomm Technologies menyoroti kolaborasi teknologi baru untuk mendukung Connectivity-as-a-Service dan penyampaian fitur teknologi baru dan layanan digital secara global.

Salah satu kolaborasinya adalah dengan perusahaan layanan profesional Cognizant yang menggunakan keahlian perangkat dan cloud otomotif globalnya untuk membantu mengubah manufaktur mobil menjadi perusahaan modern. 

Kolaborasi ini mampu mengintegrasikan dan menyesuaikan layanan Car-to-Cloud Snapdragon untuk pembuat mobil, dengan tujuan memberikan pengalaman dalam kendaraan yang kaya dan imersif, solusi terhubung baru, dan layanan sesuai permintaan yang lebih baik.

Selain itu, terjalin juga kolaborasi dengan penyedia solusi konektivitas global Cubic Telecom, yang menghadirkan produk perangkat lunak Cubic (Pace, Insights, dan PLXOR).

Kolaborasi ini menyediakan satu titik kontrol untuk konektivitas global out-of-the-box pada modul NAD berbasis SOC Snapdragon Telematics, dengan dukungan untuk gabungan data dan layanan. 

Solusi ini juga memecahkan kerumitan peraturan regional dengan pengaturan bawaan di seluruh pasar regional.

Kerangka Aplikasi Telematika

Qualcomm Snapdragon Digital ChassisFoto: Qualcomm

Terintegrasi ke dalam Snapdragon Auto Connectivity Platform, Kerangka Aplikasi Telematika Snapdragon digunakan untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi. 

Ini memungkinkan pengembang otomotif untuk menggunakan fungsionalitas telematika di semua platform dalam Snapdragon Digital Chassis. 

Melalui Snapdragon Telematics Application Framework, pengembang dapat mengakses lingkungan pengembangan terpadu dengan antarmuka pemrograman aplikasi (API) umum.

Aplikasi ini akan membantu mengurangi kerumitan biaya saat mengintegrasikan fitur teknologi seperti 5G, layanan lokasi, memori, dan keamanan ke dalam aplikasi dan layanan berbasis cloud.

Chipset Wi-Fi 6E Automotive

Untuk lebih meningkatkan bandwidth untuk aplikasi dan layanan yang terhubung, Qualcomm Technologies memperkenalkan Qualcomm QCA6698AQ, Wi-Fi 6E 4-Stream Dual Band Simultaneous (DBS) plus chip kombinasi Bluetooth versi 5.3 untuk aplikasi otomotif. 

Dibangun di atas sistem Qualcomm FastConnectTM terbaru, Qualcomm QCA6698AQ menawarkan operasi 802.11ax Dual MAC secara simultan di 2.4Ghz dan pita 5/6GHz yang diperluas untuk mengaktifkan salah satu kecepatan Wi-Fi tertinggi di perangkat yang memenuhi syarat AEC-Q100. 

Sistem ini diklaim mampu mengatasi kompleksitas ekosistem otomotif ultra-dinamis saat ini, Qualcomm QCA6698AQ dirancang untuk menghadirkan hiburan di dalam kendaraan yang diperkaya, pengalaman audio yang luar biasa, dan meningkatkan bandwidth untuk aplikasi Wi-Fi secara bersamaan.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT