Dipublish pada Jumat, 29 Okt 2021 | 17:43

Sony Luncurkan Lensa Zoom Telephoto Paling Ringan di Dunia

harga lensa sony terbaruFoto: Sony Indonesia

Sony Indonesia meluncurkan lensa G Master FE 70-200mm F2.8 GM OSS II yang dibekali dengan performa AF generasi terbaru, dan diklaim sebagai lensa zoom telephoto bukaan besar dengan bobot paling ringan di dunia.

Lensa G Master FE 70-200mm F2.8 GM OSS II menawarkan kombinasi antara resolusi dan bokeh, serta performa AF (autofokus) khas dengan desain G Master Sony.

Kehadiran lensa Sony terbaru ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para fotografer dan videografer profesional yang menekuni genre foto portrait, pemandangan alam dan videografi sinematik.

Dengan berat sekitar 29% lebih ringan, AF yang diklaim hingga sekitar empat kali lebih cepat, dan pelacakan fokus saat zoom ditingkatkan sekitar 30% dibandingkan model sebelumnya, FE 70-200mm F2.8 GM OSS II diharapkan menjadi pilihan yang pas. 

Menurut Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia, lens aini dibuat dengan mendengarkan masukan dari para pengguna lensa Sony. Sehingga pengembangannya berfokus pada kebutuhan-kebutuhan para fotografer profesional.

Lensa ini didesain untuk dipasangkan dengan bodi kamera E-mount Sony. Lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II ini mengklaim dirinya sebagai lensa zoom F2.8 70-200mm teringan di dunia, serta memungkinkan kebebasan dan fleksibilitas saat pengambilan gambar.

Performa yang Ditingkatkan

Kualitas gambar dengan resolusi dan kejernihan yang dihasilkan oleh lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II hadir berkat dua elemen lensa aspherical, termasuk satu elemen XA (extreme aspherical) yang diproduksi hingga presisi permukaan 0,01-micron.

Lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dapat secara efektif mengontrol variasi aberasi terkait jarak untuk memastikan resolusi luar biasa di seluruh area gambar, sehingga gambar di seluruh rentang zoom akan terlihat bersih.

Untuk mengurangi aberasi kromatik tanpa color bleeding secara signifikan, lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II menggunakan dua elemen kaca spherical ED (extra-low dispersion) dan dua elemen kaca spherical Super ED.

Bokeh dapat dihasilkan dengan halus berkat bukaan maksimum F2.8 yang besar dan unit bukaan melingkar 11-blade yang baru dikembangkan. 

Selain itu, desain optik canggih dari lensa ini termasuk elemen XA menekan efek ‘onion ring’ yang tidak diinginkan secara menyeluruh, sehingga dapat semakin meningkatkan bokeh. 

Lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II juga menawarkan performa close-up yang sangat baik dengan bokeh yang mendalam. 

Jarak pemfokusan minimum hanya 15,7 inci (0,4 meter) pada 70mm dan 32,3 inci (0,82 meter) pada 200mm, dengan perbesaran maksimum 0,3x. 

Lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dapat dengan mudah dipasangkan dengan teleconverter 1,4x atau 2,0x Sony untuk memperpanjang focal length lensa hingga 400mm pada bukaan F5.6, sambil mempertahankan kualitas G Master-nya.

harga lensa sony terbaruFoto: Sony Indonesia

Memenuhi Kebutuhan Para Profesional

Lensa Sony terbaru ini menggunakan empat XD (extreme dynamic) Linear Motors asli Sony untuk kecepatan dan ketepatan AF yang diklaim sekitar empat kali lebih cepat.

Selain itu, pelacakan fokusnya juga telah ditingkatkan sebesar 30% jika dibandingkan dengan model sebelumnya. 

Untuk pengoperasian penggunaan video yang mudah, FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dilengkapi dengan ring kontrol independen untuk fokus, zoom dan bukaan (iris), memungkinkan pengoperasian manual yang presisi. Ring bukaan juga memiliki tombol klik ON/OFF. 

Lensa terbaru ini memiliki fungsi fokus untuk mendukung kebutuhan profesional pengguna, seperti Full-time DMF, respon fokus manual natural dan linier, serta tombol pembatas rentang fokus. 

Berdasarkan masukan dari para profesional, FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dirancang untuk dapat diandalkan bahkan di lingkungan yang paling menantang sekalipun. 

Lensa ini diklaim memiliki ketahanan terhadap debu dan kelembapan. Elemen lensa depannya memiliki lapisan fluor yang dapat menahan air, minyak dan kontaminan lainnya.

Harga dan Ketersediaan

Lensa Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II akan tersedia di Indonesia pada bulan November 2021 dengan harga Rp 37.999.000. 

Pembelian secara pre-order sudah dapat dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2021 hingga 14 November 2021 di seluruh Sony Authorized Dealer.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT