Dipublish pada Rabu, 16 Okt 2024 | 16:18

ASUS TUF Gaming A16, Laptop Gaming AI 16 Inci yang Ringkas dan Tahan Banting

harga TUF Gaming A16 (FA608)Foto: ASUS

ASUS resmi memperkenalkan TUF Gaming A16 (FA608) di Indonesia. Laptop gaming AI satu-satunya saat ini yang mengusung layar berukuran 16 inci ini membawa desain ringkas, serta telah mengantongi sertifikasi US Military Grade Durability yang menjadikannya tahan terhadap berbagai kondisi ekstrem.

TUF Gaming A16 (FA608) dirancang untuk mendukung mobilitas penggunanya, sehingga wajar bila durabilitas menjadi salah satu fokus utama sekaligus nilai jual dari laptop gaming ASUS terbaru yang memiliki dimensi 35.4 x 26.9 x 1.79 ~ 2.57 cm dan bobot 2.2 kg, yang memudahkan saat dibawa bepergian.

Hal tersebut diungkap oleh Jimmy Lin yang menjabat sebagai Regional Director untuk ASUS di Asia Tenggara, yang mengatakan bahwa ASUS TUF Gaming A16 terbaru ini dirancang untuk pengguna laptop di Indonesia yang membutuhkan laptop ringkas, powerful, dan tangguh.

“TUF Gaming A16 bukan sekadar laptop gaming, tetapi juga merupakan laptop all-rounder 16-inci terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini,” tambah Jimmy.

harga TUF Gaming A16 (FA608)Foto: ASUS

Desain ASUS TUF Gaming A16 (FA608) yang ringkas dan solid ini menawarkan warna Jaeger Gray yang memberikan kesan modern dan tangguh. Ini selaras dengan tema ASUS TUF Gaming yang sudah sangat dikenal di kalangan gamer.

Sertifikasi ketahanan berstandar militer AS, MIL-STD-810H, sudah dikantongi. Ini berarti, ASUS TUF Gaming A16 (FA608) telah melewati serangkaian uji ketahanan yang ketat, termasuk pengujian terhadap jatuh, getaran, kelembapan, hingga suhu ekstrem. 

Selain itu, laptop ini dirancang untuk bertahan dari guncangan dan benturan tak terduga dalam penggunaan sehari-hari, sehingga cocok untuk pengguna yang sering bepergian.

Laptop gaming AI ASUS terbaru ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 90 WHrs yang diklaim memiliki daya tahan yang lebih lama, tanpa harus sering mencari sumber listrik. Layar berukuran 16 inci yang diusungnya, mampu menghasilkan resolusi 2,5K (2560 x 1600), dengan rasio aspek 16:10 yang membuatnya jadi lebih luas.

harga TUF Gaming A16 (FA608)Foto: ASUS

Layar ASUS TUF Gaming A16 (FA608) sudah mendukung refresh rate 165 Hz, dengan waktu respon 3ms, sehingga tampilan visualnya lebih halus dan responsif untuk kebutuhan gaming dan multitasking. Tingkat kecerahannya hingga 400 nits berkat teknologi G-Sync.

Dari sisi konektivitas, ASUS TUF Gaming A16 (FA608) memiliki port lengkap, mulai dari port I/O seperti RJ45 LAN, dua USB 3.2 Gen 2 Type-A, hingga dua port USB Type-C yang mendukung DisplayPort dan power delivery. Dukungan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 juga memastikan koneksi nirkabel yang cepat dan stabil. 

Performa ASUS TUF Gaming A16 (FA608) datang dari prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370, 12 core dan 24 thread, dengan klaim kecepatan hingga 5.1 GHz. Selain itu, dukungan AMD XDNA NPU yang memiliki kekuatan hingga 50TOPS, turut memperkuat kinerja berbasis AI, yang kini banyak digunakan di berbagai aplikasi modern.

Beralih ke grafis, ASUS TUF Gaming A16 sudah dibekali dengan NVIDIA GeForce RTX 4060 yang memiliki TGP hingga 140W, yang mendukung visual game dan rendering grafis 3D. Dengan 233 AI TOPs pada GPU-nya, laptop ini diklaim mampu menghadapi beban grafis yang berat dengan efisiensi tinggi.

Penyimpanannya menggunakan 1TB PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD yang menghadirkan kecepatan baca dan tulis yang diklaim sangat tinggi, sementara memori LPDDR5X 7500 MHz sebesar 32GB memastikan laptop ini bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa hambatan.

harga TUF Gaming A16 (FA608)Foto: ASUS

Sistem pendingin pada ASUS TUF Gaming A16 terbaru ini didukung oleh teknologi yang menggunakn dua kipas Arc Flow Fans generasi kedua, yang terinspirasi dari desain mesin pesawat. ASUS memastikan sistem pendingin ini dapat mengalirkan udara secara lebih baik, dengan kebisingan minimal. 

Selain itu, heatsink full-width dan ventilasi pembuangan yang dilengkapi filter debu berperan penting dalam menjaga suhu komponen internal tetap optimal. Berkat kombinasi teknologi ini, ASUS mengklaim suhu permukaan laptop bisa mencapai hingga 7°C lebih dingin dibandingkan dengan laptop gaming sekelasnya.

ASUS TUF Gaming A16 (FA608) sudah tersedia di Indonesia dengan banderol harga Rp 29.999.000. Laptop gaming AI ASUS terbaru ini bisa didapatkan di ROG Store dan Toko Partner ASUS Indonesia.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT