Dipublish pada Kamis, 22 Agt 2024 | 19:14

Laptop AI Gaming ASUS ROG dan TUF Terbaru Tawarkan Next-Level Gaming!

harga laptop gaming rog

ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi menghadirkan dua laptop gaming terbarunya di Indonesia, yaitu ROG Zephyrus G16 (GA605) dan TUF Gaming A14 (FA401), melalui acara peluncuran bertajuk “Next-Level Gaming: Unleash The Power of AI With Next-Level ROG and TUF” yang digelar di Jakarta pada Kamis (22/9).

Pada acara yang sama, ASUS ROG juga memperkenalkan sekaligus meluncurkan perangkat handheld gaming PC ROG Ally X yang merupakan generasi kedua dari ROG Ally. Jimmy Lin, Regional Director ASUS untuk Asia Tenggara, mengatakan bahwa ketiga perangkat gaming AI terbaru ini lebih cerdas, powerful, dan portabel.

ROG Zephyrus G16 (GA605)

laptop gaming rog terbaru

Laptop gaming ROG terbaru ini membawa desain ultra-modern yang ringan, berkat penggunaan CNC-machined chassis. Bobotnya hanya 1,85 kg, dengan ketebalan 1,49 cm, menjadikannya salah satu laptop gaming paling tipis di kelasnya. 

Desain yang ringkas dan ringan ini juga memungkinkan peningkatan ruang pada keyboard dan sistem audio. Keyboard edge-to-edge dengan tombol yang lebih besar serta touchpad yang diperbesar memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya. 

Selain itu, kualitas audio juga diperkuat dengan dukungan Dolby Atmos dan speaker yang lebih besar, menghasilkan suara yang lebih jernih dan bertenaga. Laptop ini juga sudah siap untuk mendukung berbagai aktivitas mulai dari gaming, rendering, hingga eksperimen AI. 

ROG Zephyrus G16 (GA605) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI 300 Series yang dilengkapi dengan NPU berkinerja hingga 50 TOPs. Prosesor ini menggunakan arsitektur Zen5 terbaru yang diklaim mampu memberikan performa serta efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Laptop ini mengusung arsitektur grafis AMD RDNA 3.5 baru dan grafis AMD Radeon Seri 800M terbaru yang dirancang untuk memberikan frame rate yang lancar dalam bermain game AAA, serta GPU laptop hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 (321 AI TOPS).

laptop gaming rog terbaru

Salah satu fitur unggulan dari ROG Zephyrus G16 (GA605) adalah layar ROG Nebula Display yang menggunakan panel OLED, dan dilengkapi dengan teknologi VRR (Variable Refresh Rate). Dengan refresh rate yang dapat disesuaikan melalui NVIDIA G-SYNC, layar ini menawarkan pengalaman gaming yang mulus tanpa tearing dan stuttering

Panel OLED ini juga menyajikan akurasi warna tinggi dengan cakupan 100% DCI-P3, response time 0,2 ms, serta dukungan HDR dan sertifikasi industri. Semua ini membuat ROG Zephyrus G16 (GA605) sangat ideal bagi gamer dan kreator yang mencari kualitas visual dan performa terbaik.

Harga ROG Zephyrus G16 (GA605) dibanderol di angka Rp 41.999.000.

ASUS TUF Gaming A14 (FA401)

laptop gaming asus terbaru

ASUS TUF Gaming A14 (FA401) hadir dengan desain yang compact dan ringan, menjadikannya salah satu laptop gaming 14 inci paling tipis di kelasnya, dengan ketebalan hanya 1,69 cm dan bobot sekitar 1,46 kg.

Laptop gaming ASUS terbaru ini menawarkan portabilitas tinggi tanpa mengorbankan durabilitas. Konstruksinya yang tangguh telah lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade, memastikan bahwa laptop ini tetap andal dalam berbagai kondisi.

Meski tampil ringkas, kenyamanan tetap menjadi prioritas dengan hadirnya keyboard yang memiliki travel distance optimal serta touchpad yang lebih lebar, mendukung aktivitas gaming dan produktivitas sehari-hari.

Performa TUF Gaming A14 (FA401) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI 300 Series yang dibekali dengan NPU berperforma hingga 50 TOPs. Dengan kombinasi arsitektur CPU, IGPU dan NPU yang canggih, prosesor ini ditargetkan untuk menghadirkan kinerja terdepan untuk gaming dan produktivitas elit.

Laptop ini juga dibekali dengan GPU laptop NVIDIA GeForce RTX 4060 (233 AI TOPS) untuk kemampuan AI canggih, memastikan laptop ini mampu menangani game modern dan kebutuhan komputasi intensif lainnya. 

laptop gaming asus terbaru

Selain itu, fitur Next-Level AI pada laptop ini menyediakan lapisan kecerdasan tambahan, untuk memudahkan pengguna dalam mengelola tugas dan aktivitas dengan lebih efisien. Layar 14 inci di laptop gaming ini sudah mendukung refresh rate 165 Hz, serta akurasi warna dengan color gamut 100% sRGB.

Dengan dukungan teknologi Adaptive-Sync, pengalaman bermain game diklaim bebas tearing dan stuttering, dan ASUS menjanjikan bahwa setiap sesi gaming akan semakin imersif. Hal ini sangat mendukung para gamers yang mengutamakan kualitas visual dalam aktivitas gaming sehari-hari.

Harga ASUS TUF Gaming A14 (FA401) dibenderol di angka Rp 22.999.000.

ROG Ally X

harga rog ally terbaru

ASUS mengklaim bahwa ROG Ally X hadir dengan berbagai peningkatan signifikan berdasarkan masukan dari para gamers. Salah satu pembaruan terbesarnya adalah penyimpanan yang kini menggunakan M.2 2280 PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1 TB, serta memori 24 GB LPDDR5X-7500 yang memberikan peningkatan performa gaming

Memori yang lebih besar ini juga mendukung iGPU Radeon pada Ryzen Z1 Extreme dengan VRAM hingga 8 GB, sementara 16 GB sisanya digunakan untuk aplikasi dan game, untuk memastikan pengalaman gaming yang lebih lancar.

Baterai juga mengalami peningkatan, karena ROG Ally X memiliki kapasitas baterai 80 Wh, hampir dua kali lipat dari model sebelumnya. Meski begitu, bobot perangkat hanya bertambah sedikit menjadi 678 gram.

harga rog ally terbaru

Pembaruan juga terlihat pada bodinya yang kini menghadirkan warna hitam dan desain ergonomis. Tombol dan joystick juga diperbarui agar lebih nyaman dan tangguh, serta ada penyesuaian posisi untuk tombol M1 dan M2 agar lebih mudah digunakan. Selain itu, ROG Ally X sudah dilengkapi dengan dua port USB Type-C.

Dalam hal pendinginan, ASUS memperkenalkan sistem baru dengan dua kipas yang ukurannya lebih kecil namun diklaim mampu meningkatkan aliran udara sebesar 24%. Hal ini membuat suhu operasi ROG Ally X bisa lebih rendah hingga 6⁰C, untuk menjaga performa tetap stabil.

Harga ROG Ally X dibanderol di angka Rp 13.999.000.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT