Dipublish pada Rabu, 29 Des 2021 | 12:20

4 Tips Merawat Speaker Hp Agar Suara Tetap Jernih

cara merawat speaker hpFoto: Pexels

Speaker menjadi salah satu bagian terpenting pada smartphone. Speaker hp adalah alat utama untuk mengeluarkan suara, sehingga kehadirannya sangat vital untuk mendengarkan musik, video call, hingga menonton video. Untuk itu, speaker hp harus dirawat.

Mungkin Anda pernah mendengar harga jual smartphone menjadi turun drastis karena speakernya rusak. Ya. sepenting itu lah kehadirannya pada perangkat komunikasi seperti smartphone.

Lalu, bagaimana cara merawat speaker hp agar suaranya tetap jernih dan bagus?

Penyebab Kerusakan Speaker Hp

tips merawat speaker smartphoneFoto: Pixabay

Sebelum mengetahui cara untuk merawatnya, kita perlu tahu penyebab yang sering menjadi sumber kerusakan speaker hp, dan yang berada di deretan teratas adalah kotor. Ya, kotoran dalam speaker menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi berdesis dan kurang maksimal.

Kotoran ini muncul karena pengguna yang ceroboh menempatkan smartphone, hingga masalah teknis seperti umur hp yang sudah lama, atau terlalu lama memakai casing.

Hal-hal tersebut menyebabkan debu dan kotoran lain menempel terlalu lama pada permukaan speaker dan akhirnya menjadi kerak yang menggumpal dan menutup lubang-lubang pada speaker.

Penyebab kedua kerusakan speaker hp juga terjadi karena pengguna sering memutar musik dengan volume paling keras dalam smartphone.

Volume yang keras dapat menyebabkan gendang atau membrane speaker bergetar terlalu kencang dan dapat merusak lapisan membrane speaker yang memang tipis. Jadilah, suara speaker hp menjadi kurang jelas.

Mendengarkan musik di smartphone dengan headset terlalu sering juga membuat speaker hp rusak. Memang dengan menggunakan speaker suara yang dihasilkan bisa dinikmati langsung dan tidak mengganggu orang lain.

Namun, jika terlalu sering menggunakan headset, speaker akan kehilangan daya, sehingga suara yang dikeluarkan lewat speaker menjadi lebih kecil suaranya.

Cara Merawat Speaker Hp agar Awet

cara merawat speaker hpFoto: Pixabay

Pada dasarnya, merawat speaker hp kurang lebih seperti merawat speaker pada umunya. Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada speaker hp, Anda bisa mencoba tips-tips berikut ini.

1. Bersihkan Speaker Secara Rutin

Speaker memang komponen yang kecil pada smartphone. Tidak berbeda dengan speaker lainnya, speaker hp juga mengandung magnet sehingga bisa menarik debu dan kotoran kecil. Alhasil, bila tidak dibersihkan rutin, bagian ini akan semakin kotor.

Maka sebaiknya, bersihkan speaker secara rutin dengan menggunakan tisu. Caranya buka casing dan bersihkan dengan kain. Ingat jangan menggunakan kapas, karena akan menyebabkan serabut kapas tersangkut pada speaker.

2. Jangan Menggunakan Volume Tinggi

Bila memutar musik dan video, usahakan untuk tidak menggunakan volume yang terlalu tinggi. Memang sih, mendengarkan dengan volume tinggi menyenangkan, namun kebiasaan ini bisa mengakibatkan speaker mudah pecah.

Perangkat smartphone biasanya memiliki proteksi pada volume, dimana ketika pengguna mengatur volume melebihi batas yang dianjurkan, maka akan ada peringatan. Ikuti perintah tersebut dan sebaiknya gunakan volume di kisaran 80% saja.

3. Jangan Dekatkan Speaker ke Magnet

Sebaiknya, hindakan speaker hp dengan benda berbahan magnet. Hal ini bisa membuat magnet pada speaker menjadi rusak dan kehilangan sifat elektronya. Jadi jauhkan hp dari magnet minimal dalam jarak 1-2 meter.

4. Jauhi dari Air

Dewasa ini, smartphone tahan air semakin banyak diproduksi, namun untuk smartphone kelas menengah dan dibawahnya, fitur ini kadang tidak tersedia.

Maka untuk berjaga-jaga, jangan sampai smartphone terkena air. Pasalnya bila terkena air, basah pada speaker akan membuat suara yang dikeluarkan menjadi kurang jelas, bahkah bisa rusak permanen.

Itu dia beberapa tips merawat speaker hp yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas suaranya. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, dijamin speaker hp akan lebih awet. Selamat mencoba!

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT