Dipublish pada Selasa, 19 Des 2017 | 10:55

Support Sistem BlackBerry Lama Akan Berakhir 2 Tahun Lagi

Seperti yang diketahui pasar smartphone saat ini memang hanya dikuasai oleh Android dan iOS. Meski tidak dipungkiri masih ada sedikit pasar untuk sistem operasi lain seperti Windows Phone hingga Blackberry.

Apalagi, jumlah smartphone lama yang masih aktif hingga saat ini cukup banyak. Sebut saja pengguna BlackBerry jadul di Indonesia. Pecinta gadget Indonesia masih banyak yang menggunakan ponsel BlackBerry lama untuk memanfaatkan fitur BBM yang terkenal handal dalam berkirim pesan. Sayangnya, baru-baru ini, perusahaan asal Kanada ini mengumumkan bahwa mereka akan segera menghentikan dukungan untuk sistem operasi BlackBerry lama di akhir Desember 2019 mendatang.

Artinya, pada tahun 2020 mendatang, pengguna BlackBerry lama yang masih menggunakan OS BB tidak akan bisa mengakses aplikasi di BlackBerry World atau mendapatkan layanan lainnya. Hal ini memeng dirasa masuk akal mengingat saat ini BlackBerry telah fokus untuk mengembangkan perangkat dengan sistem Android, bukan lagi sistem Blackberry OS.

Blackberry sendiri terakhir merilis sistem operasi pada dua tahun silam dalam perangkat BB 10. Hal ini membuat sistem BB tertinggal jauh dengan sistem Android dan sistem iOS. Tidak hanya itu, sedikit pengembang yang mau menghadirkan aplikasi di sistem BB juga membuat sistem ini kurang menarik dan cenderung sepi dari aplikasi dan game.

Lalu, apa dampak dari penghentian support OS BB ini? Nantinya pengguna smartphone BlackBerry lama, apalagi yang masih menggunakan BB OS, tidak akan bisa menggunakan seluruh aplikasi di dalam perangkatnya di tahun 2020 mendatang.

Keputusan pengghentian dukungan sistem operasi BlackBerry ini memang cukup sulit bagi BlackBerry. Pasalnya, perusahaan ini harus menghentikan pengembangan dan dukungan sistem operasi yang sempat populer di eranya. Artinya, pengguna setia BlackBerry jadul harus rela mengupgrade perangkatnya ke Blackberry Android atau justru membeli perangkat baru lainnya.

Sebelumnya WhatsApp sempat mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk beberapa sistem Android lawas hingga OS Blackberry. Menariknya, baru-baru ini WhatsApp telah merevisi data dukungan aplikasi. Menurut data terbaru, WhatsApp memperpanjang dukungan untuk OS Android GingerBread hingga tahun 2020 mendatang. Sedangkan untuk OS BlackBerry masih akan mendapat dukungan hingga 31 Desember mendatang.

Tentu ini menjadi kabar baik bagi para pengguna perangkat smartphone Android lawas karena WhatsApp masih akan menghadirkan update hingga 3 tahun mendatang. Memang hal ini sedikit menimbulkan kecemburuan pasalnya pengguna Blackberry hanya bisa mendapat update terbaru WhatsApp hingga akhir tahun 2017 saja.

Baca juga artikel:

Line Hentikan Support Untuk Blackberry, Firefox dan Windows 8 Mulai Juli

Line Akan Hentikan Support Aplikasi Untuk Blackberry?

Setelah WhatsApp Kini Facebook Tinggalkan BlackBerry

Share :
Aris Wibowo

Aris Wibowo

Contributor

0

ARTIKEL TERKAIT