Dipublish pada Selasa, 10 Sep 2024 | 14:54

6 Perubahan di iPhone 16, Beda Banget Sama iPhone 15

iPhone 16

Apple secara resmi memperkenalkan hp iPhone terbaru mereka yakni iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dalam acara "It's Glowtime" yang digelar pada Senin (9/9/2024) waktu Amerika Serikat, atau Selasa (10/9/2024) dini hari waktu Indonesia.

Menariknya, kedua perangkat ini hadir dengan sejumlah perubahan dibanding generasi sebelumnya, termasuk dalam hal desain.

Kembali ke Kamera Vertikal

iPhone 16

Apple kembali mengadopsi konfigurasi kamera belakang vertikal seperti pada iPhone X, meninggalkan susunan diagonal yang ada pada iPhone 15. Modul kamera belakang berbentuk pil ini dilengkapi dengan lampu LED flash untuk membantu pencahayaan saat memotret di kondisi minim cahaya.

Kamera utama pada kedua ponsel ini adalah 48 MP, didukung oleh kamera telefoto 2x 12 MP dan kamera ultra wide 12 MP, yang kini juga mampu mengambil foto dan video spasial untuk digunakan dengan headset AR Apple Vision Pro. Kamera depan memiliki resolusi 12 MP.

Tombol Camera Control

iPhone 16

Selain itu, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus tidak lagi menggunakan tombol geser Mute Switch untuk mematikan suara saat ada panggilan masuk. Sebagai gantinya, kini tersedia Action Button, fitur yang sebelumnya hanya ada di model Pro. Tombol ini berfungsi sebagai pintasan untuk menjalankan berbagai fungsi atau aplikasi yang dipilih pengguna.

Tambahan lainnya adalah tombol Camera Control yang ditempatkan di bagian kanan bawah ponsel. Tombol ini berfungsi layaknya tombol pada kamera DSLR, di mana pengguna dapat menekan dengan lembut untuk mengatur fokus, dan dengan tekanan penuh untuk mengambil gambar. Tombol ini juga mendukung pengaturan zoom dengan mekanisme slide, yang ditampilkan pada layar.

Layar Lebar

iPhone 16

Untuk bodi belakang, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus menggunakan material kaca, dengan iPhone 16 memiliki layar OLED 6,1 inci dan iPhone 16 Plus berukuran 6,7 inci, serupa dengan model iPhone 15. Kedua layar memiliki resolusi tinggi dengan tingkat kecerahan maksimal 2.000 nits dan minimum 1 nit, serta dilengkapi teknologi Dynamic Island yang menampilkan animasi untuk notifikasi seperti panggilan masuk atau alarm.

Chip Apple A18 Lengkap dengan AI

chip Apple A18

Untuk performa, kedua iPhone ini ditenagai oleh chip Apple A18 berfabrikasi 3 nm, yang memiliki kinerja 30% lebih cepat dan lebih efisien daya dibandingkan A16 Bionic.

Chip ini juga mendukung ray tracing berbasis hardware untuk pengalaman gaming yang lebih realistis dan frame rate yang lebih tinggi. Kapasitas RAM 8 GB dan pilihan penyimpanan mulai dari 128 GB hingga 512 GB, memberikan ruang dan performa optimal bagi pengguna.

Apple Intelligence

Apple juga memperkenalkan fitur kecerdasan buatan Apple Intelligence, yang akan tersedia melalui pembaruan software di iOS 18. Fitur ini dioptimalkan untuk berbagai bahasa, dan di masa depan akan mendukung bahasa Spanyol, Prancis, Jepang, serta Mandarin.

Dengan daya tahan baterai yang lebih baik, iPhone 16 bisa bertahan hingga 22 jam untuk pemutaran video, sementara iPhone 16 Plus mampu bertahan hingga 27 jam. Kedua model ini dilengkapi dengan USB-C, MagSafe, serta berbagai fitur lain seperti Wi-Fi 7 dan Emergency SOS via Satellite.

Harga iPhone 16

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan tersedia untuk pre-order mulai 13 September 2024 di Amerika Serikat, dengan penjualan resmi dimulai pada 20 September.

Harganya bervariasi, mulai dari 799 dollar AS (sekitar Rp 12,3 juta) untuk iPhone 16 dengan kapasitas 128 GB hingga 1.199 dollar AS (sekitar Rp 18,5 juta) untuk iPhone 16 Pro Max dengan kapasitas 512 GB.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT