Dipublish pada Selasa, 10 Sep 2024 | 10:07

Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harga iPhone 16 Series Terbaru!

harga iphone 16 pro maxFoto: Apple

Apple resmi mengumumkan jajaran seri smartphone terbarunya yang terdiri dari empat model yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Keempatnya dirancang untuk Apple Intelligence, sebuah teknologi artificial intelligance (AI) yang dikembangkan oleh Apple.

Fitur yang paling banyak mendapat sorotan pada peluncurannya adalah Camera Control yang telah disematkan di iPhone 16 Series. Apple mengklaim bahwa fitur ini adalah cara baru untuk mengabadikan momen, karena dapat membantu pengguna untuk mendapatkan akses informasi objek dan tempat secara cepat.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mengusung modul kamera ganda dengan kamera utama Fusion 48 MP yang telah dilengkapi dengan opsi 2x telefoto. Sementara untuk kebutuhan foto makro, tersedia kamera Ultra Wide baru.

Beralih ke model Pro-nya, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga dibekali dengan kamera utama Fusion 48 MP dengan sensor quad-pixel yang diklaim lebih cepat untuk melakukan perekaman video 4K di 120 fps dalam Dolby Vision.

harga iphone 16 plusFoto: iPhone 16 dan iPhone 16 Plus/Apple

Beberapa fitur andalan yang disematkan pada kamera iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max di antaranya adalah kamera Ultra Wide 48 MP yang bukan hanya menawarkan kualitas foto beresolusi tinggi saja, namun juga dapat memenuhi kebutuhan fotografi makro. Fitur 5x telefoto dan mikrofon berkualitas studio juga sudah tersedia di kedua model Pro ini.

Keempat perangkat iPhone terbaru ini ditenagai chipset A18 terbaru yang diklaim lebih kuat, sehingga mampu menjalankan berbagai game AAA dengan jauh lebih mulus. Selain itu, chipset ini juga diklaim memiliki efisiensi tinggi dalam hal daya tahan baterai.

harga iphone 16 plusFoto: Spesifikasi iPhone 16 dan iPhone 16 Plus/Apple

Selain kamera dan chipset, teknologi Apple Intelligence juga mendapatkan perhatian dari para pengguna Apple, maupun pemerhati teknologi smartphone pada umumnya. Teknologi ini merupakan model generatif yang dikembangkan Apple untuk memahami dan menciptakan bahasa dan gambar, sekaligus menjalankan aplikasi dan tugas-tugas keseharian pengguna iPhone.

harga iphone 16 pro maxFoto: iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max/Apple

Apple Intelligence akan mulai tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bulan Oktober 2024, dengan menghadirkan beragam fitur yang tersedia untuk wilayah Amerika Serikat dan sebagian besar negara lainnya di dunia.

Fitur-fitur unggulan pada Apple Intelligence berfokus pada kemampuannya untuk meningkatkan kemampuan menulis. Teknologi ini dilengkapi dengan Writing Tools yang dibuat untuk iOS 18. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk menulis, mengecek struktur kalimat/kata, hingga membuat ringkasan teks dari email, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

harga iphone 16 pro maxFoto: Spesifikasi iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max/Apple

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus tersedia dalam pilihan warna ultramarine, teal, pink, white, dan black. Harganya dibanderol mulai dari $799 (Rp 12,3 jutaan) untuk iPhone 16, dan mulai $899 (Rp 13,8 jutaan) untuk iPhone 16 Plus. Harga iPhone 16 Pro dibanderol mulai dari $999 (Rp 15,4 jutaan), sementara harga iPhone 16 Pro Max tersedia mulai dari $1199 (Rp 18,2 jutaan).

Seluruh rangkaian iPhone 16 Series akan mulai dijual melalui sistem pre-order pada tanggal 13 September 2024 di Amerika Serikat, dan akan rilis di tanggal 20 September 2024. Untuk pasar Indonesia, tentunya akan ada perbedaan baik dari segi harga maupun tanggal perilisannya. Kita tunggu saja pengumumannya melalui distributor resmi Apple di Indonesia.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT