Dipublish pada Kamis, 15 Agt 2024 | 14:47

Indosat Bertransformasi Menjadi AI Native TechCo dengan Dukungan Microsoft

Indosat Bertransformasi Menjadi AI Native TechCo dengan Dukungan Microsoft

Indosat Ooredoo Hutchison menegaskan komitmennya untuk bertransformasi dari perusahaan telekomunikasi (Telco) menjadi AI Native TechCo, dengan memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional perusahaan.

Dalam upaya ini, Indosat melanjutkan kemitraan strategisnya dengan Microsoft, khususnya melalui penggunaan Copilot for Microsoft 365, sebuah asisten kecerdasan buatan terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan konektivitas di seluruh kepulauan Indonesia.

Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Sanjeev Rawat, menyatakan, “Di Indosat, kami tidak hanya mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam strategi kami, tetapi juga membudayakan inovasi. Kami memiliki tujuan untuk memberdayakan setiap individu di Indonesia melalui solusi yang diperkaya oleh kecerdasan buatan, memastikan bahwa teknologi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.”

Pendekatan ini sejalan dengan hasil dari Microsoft’s Work Trend Index 2024, yang mencatat bahwa 92% profesional di Indonesia telah memanfaatkan AI generatif di tempat kerja, dan 92% pemimpin perusahaan menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing. Tingginya adopsi AI ini mencerminkan pentingnya teknologi tersebut dalam mengubah dinamika kerja di berbagai sektor.

Indosat juga mengimplementasikan Copilot for Microsoft 365 di berbagai divisi seperti Digital, Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan.

Fitur ini memungkinkan tugas-tugas rutin seperti pengaturan jadwal, merangkum notulen rapat, dan menyiapkan email dikelola dengan lebih efisien.

Indosat Bertransformasi Menjadi AI Native TechCo dengan Dukungan Microsoft

Dengan memanfaatkan Copilot, Indosat dapat mengalokasikan sumber daya lebih optimal untuk fokus pada inisiatif strategis dan peningkatan kualitas layanan bagi lebih dari 100 juta pelanggan.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, menambahkan, “Kami merasa terhormat mendukung Indosat dalam perjalanan transformasi AI mereka dari perusahaan Telco menjadi TechCo. Integrasi Microsoft Copilot tidak hanya meningkatkan produktivitas di internal perusahaan, tetapi juga menciptakan dampak luas di luar Indosat, mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia.”

Transformasi Indosat dari Telco menjadi AI Native TechCo menunjukkan kekuatan teknologi AI dalam mendukung inovasi, efektivitas, dan dampak sosial yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT