Dipublish pada Rabu, 3 Jan 2024 | 11:28

Indosat Layani Puncak Lonjakan Trafik Data 8,9% di Momen Tahun Baru 2024

Indosat Layani Puncak Lonjakan Trafik Data 8,9% di Momen Tahun Baru 2024

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) tetap berkomitmen memberikan pengalaman yang mengesankan melalui performa jaringannya selama momen perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dengan dukungan 172 ribu BTS 4G di seluruh Indonesia, Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian sebesar 8.9% selama periode liburan akhir tahun 2023 dibandingkan dengan rata-rata harian normal.

Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan bahwa kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting. Indosat berhasil memenuhi kebutuhan digital pelanggan selama liburan akhir tahun dengan dedikasi penuh dari seluruh tim dan mitra di lapangan. Hal ini mencakup memastikan ketersediaan layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat menikmati momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta.

Indosat Layani Puncak Lonjakan Trafik Data 8,9% di Momen Tahun Baru 2024

Pada 24 Desember 2023, tercatat peningkatan trafik data sebesar 8.4%, dan pada 31 Desember 2023, peningkatan mencapai 8.9% dibandingkan dengan rata-rata hari normal. Peningkatan trafik data ini terjadi di berbagai kota di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, dengan beberapa kota seperti Bandung, Banjarnegara, Balikpapan, Bandar Lampung, dan lainnya mengalami lonjakan trafik data yang signifikan.

Platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok, serta permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG, berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat. Peningkatan aktivitas juga terjadi pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, dengan peningkatan sebesar hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal. Hal ini dipicu oleh pembelian paket layanan dan akses ke layanan on-demand.

Untuk mengatasi lonjakan trafik data, Indosat melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik. Uji coba jaringan dilakukan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan. Command Center 24/7 yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi terus memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan Indosat.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT