Dipublish pada Rabu, 14 Agt 2024 | 14:35

2 Fitur DCloud untuk Cegah Hilangnya Data Perusahaan Saat Serangan Siber

2 Fitur DCloud untuk Cegah Hilangnya Data Perusahaan Saat Serangan Siber
Di tengah ancaman siber yang semakin meningkat, DCloud siap memberikan layanan yang profesional, berpengalaman, tersertifikasi, dan lokal.

DCloud merupakan layanan komputasi awan dari PT Datacomm Diangraha yang telah tersertifikasi dengan standar yang ditetapkan oleh beberapa lembaga sertifikasi internasional.

Diluncurkan pada tahun 2022, DCloud hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan dan organisasi dalam pengelolaan IT dan layanan cloud managed service di dalam negeri.

Dengan data center lokal Rated-3 yang berlokasi di Indonesia, DCloud menjamin kedaulatan data bagi bisnis lokal dengan kepatuhan sesuai peraturan di Indonesia. 

Selain itu, DCloud juga telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh beberapa lembaga sertifikasi internasional mulai dari TIA-942 Rated 3, DCOS-4, PCI DSS hingga ISO 27001, 20000-1 dan 9001.

DCloud didukung oleh platform cloud berbasis Openstack dan VMware yang memberikan dukungan komprehensif dan efisien untuk membantu adopsi dan penggunaan cloud di Indonesia sesuai kebutuhan spesifik perusahaan atau organisasi.

Layanan DCloud meliputi komputasi, penyimpanan, database, pencadangan hingga layanan profesional untuk memudahkan perjalanan cloud Anda

Salah satu keunggulan utama layanan DCloud adalah dukungan 100% tenaga ahli lokal yang proaktif 24/7. Tim ahli DCloud siap membantu pelanggan dalam setiap tahap adopsi dan penggunaan layanan cloud, mulai dari migrasi, pengaturan, hingga optimalisasi.

Fitur-fitur DCloud

2 Fitur DCloud untuk Cegah Hilangnya Data Perusahaan Saat Serangan Siber
Data perusahaan merupakan aset yang sangat vital. Ketika terjadi serangan siber seperti ransomware, perusahaan bisa kehilangan data-data pentingnya dan perlu melakukan proses pemulihan data secara cepat.

Contoh kasus yang masih baru adalah serangan ransomware terhadap Perusahaan Data Nasional (PDN), yang mengakibatkan kesulitan signifikan dalam melakukan recovery data. Proses pemulihan data bisa memakan waktu lama, atau bahkan tidak bisa dipulihkan sama sekali.

Salah satu langkah preventif yang krusial untuk melindungi data bisnis adalah dengan melakukan backup dan recovery secara teratur. Untuk memfasilitasi hal itu, DCloud menawarkan dua produk utama yaitu DBackup dan DReplicate.

Berikut adalah fokus layanan dari DBackup dan DReplicate:

1. DBackup

Solusi backup data yang komprehensif dan terjangkau. Produk ini sangat membantu dalam mengelola file berskala besar, sehingga cocok untuk bisnis yang memerlukan penyimpanan data terintegrasi dan efisien. 

Melalui DBackup, data-data perusahaan akan selalu aman dengan enkripsi yang kuat di lokasi penyimpanan pusat data yang berbeda. Perusahaan tetap memiliki kontrol terhadap akses data sepenuhnya, sehingga hanya orang yang berwenang yang dapat melihat data cadangan tersebut.

2. DReplicate

2 Fitur DCloud untuk Cegah Hilangnya Data Perusahaan Saat Serangan Siber
Solusi Disaster Recovery atau pemulihan bencana untuk menjamin keberlanjutan bisnis. Melalui DReplicate, perusahaan dapat melakukan pencadangan dan/atau replikasi data dari satu pusat data ke pusat data lain, sehingga ketika terjadi bencana operasional bisnis perusahaan dapat pulih secepatnya. 

Sistem replikasi DReplicate dapat disesuaikan untuk hanya menyalin perubahan terbaru yang tentunya akan menguntungkan perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Selain itu, dengan kemampuan failover yang mudah dan kapan saja sehingga meminimalkan downtime yang dapat merugikan. 

DReplicate juga memiliki fitur ransomware protection yang dapat menginformasikan kepada pengguna checkpoint yang bebas dari ransomware untuk dapat dipulihkan. 

Dengan DBackup dan DReplicate, layanan DCloud dari Datacomm menawarkan solusi komputasi awan canggih yang memberikan perlindungan optimal terhadap ancaman serangan siber, memastikan data pelanggan tetap aman, dan dapat dipulihkan dengan cepat jika terjadi serangan.

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT