Diperbaharui pada Jumat, 5 Juli 2024 | 11:47

Tips Aman Menggunakan Wi-Fi Publik Agar Terhindar dari Kejahatan Siber

tips aman menggunakan wi-fi publikFoto: Kaspersky

Wi-Fi publik cukup populer dan mudah ditemui di berbagai ruang publik seperti kafe, bandara, hotel, hingga pusat perbelanjaan, baik di dalam maupun luar negeri. Terlepas dari kenyamanan dan kebutuhan kita untuk tetap terhubung dengan jaringan internet, diperlukan kewaspadaan selama mengaksesnya.

Mengakses Wi-Fi publik tidak sepenuhnya aman. Kita sebagai pengguna tetap perlu waspada, untuk memastikan keamanannya, terutama yang menyangkut perlindungan data pribadi, sehingga kita bisa menghindari potensi kejahatan siber selama menggunakannya.

Menyadari pertimbangan keamanan saat tersambung dengan jaringan Wi-Fi publik ini sangat penting, karena terkadang pelaku kejahatan siber sengaja membuat jaringan Wi-Fi palsu atau menyusupi jaringan yang sudah ada.

Metode yang biasa dilakukan oleh para penjahat siber di antaranya adalah menggunakan nama yang sangat mirip dengan jaringan yang sah untuk mengelabui pengguna agar terhubung. Bila sudah terhubung, pelaku bisa dengan mudah mendapatkan login media sosial, alamat email, hingga detail perbankan.

Terlepas dari kekhawatiran ini, para ahli di Kaspersky merekomendasikan beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dan memastikan data tetap aman, yaitu:

  • Hanya menghubungkan ke Wi-Fi publik bila diperlukan. Umumnya disarankan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi publik hanya jika benar-benar diperlukan karena potensi kerentanan keamanannya.
  • Memverifikasi keaslian jaringan. Saat menggunakan Wi-Fi publik, mengonfirmasi keabsahan jaringan dengan staf fasilitas dapat membantu mencegah koneksi ke jaringan palsu yang mungkin menangkap informasi pribadi.
  • Memperhatikan halaman login jaringan Wi-Fi publik. Jika ia meminta kredensial login melalui platform eksternal seperti jejaring sosial, ini adalah tanda peringatan. Permintaan tersebut dapat mengindikasikan upaya phishing yang bertujuan untuk mencuri informasi pribadi.
  • Menghindari transaksi sensitif di Wi-Fi publik. Merupakan praktik yang aman untuk menghindari akses situs web yang memerlukan informasi login, khususnya layanan keuangan, saat terhubung ke Wi-Fi publik. Praktik ini secara signifikan mengurangi risiko intersepsi data sensitif.

Selain keempat cara tersebut, menggunakan VPN saat terhubung dengan Wi-Fi publik juga dapat meningkatkan privasi internet seseorang secara signifikan, karena VPN dapat memastikan pengalaman menjelajah tetap personal.

VPN modern mengenkripsi data dan melindungi aktivitas online dari akses tidak sah, dan penggunaannya tidak terlalu memengaruhi kecepatan internet, sehingga cocok untuk digunakan terus-menerus.

Selain menyediakan enkripsi data, beberapa solusi keamanan komprehensif melindungi dari berbagai risiko dunia maya seperti phishing, di mana penipu membuat jaringan palsu untuk mencuri kredensial login, dan spoofing DNS, yang mengarahkan pengguna ke situs berbahaya. 

Selain itu, enkripsi VPN membantu melindungi diri dari serangan yang ditargetkan yang dapat mengeksploitasi riwayat penelusuran dan informasi sensitif lainnya, hingga menawarkan perlindungan kuat terhadap potensi bahaya yang terkait jaringan Wi-Fi publik.

Dengan mengikuti seluruh tips yang telah dijabarkan di atas, diharapkan kita selalu terhindar dari segala macam ancaman keamanan siber melalui Wi-Fi publik.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1538 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.