Dipublish pada Jumat, 26 Jul 2024 | 14:50

Siap Finish Marathon dengan Galaxy Wearables

Siap Finish Marathon dengan Galaxy Wearables
Beberapa waktu lalu, Samsung resmi menghadirkan smartwatch Galaxy Watch7 dan TWS Galaxy Buds3 series ke Indonesia. Dan saya salah satu orang yang berkesempatan menjajal langsung dua wearables terbaru Samsung tersebut.

Ternyata banyak fitur yang bisa mendukung performa dalam mencapai tujuan fitness dan wellness kita lho. Apalagi saya termasuk orang yang cukup rutin berolahraga, terutama joging. Karena target saya bisa ikut dan finish event marathon yang sekarang makin marak.

Selama ini saya hanya sekadar berolahraga saja tanpa memperdulikan seberapa lama waktu saya berlari, berapa jarak rute yang sudah tempuh sampai kapan waktu optimal untuk berlari dan lainnya.

Setelah tau fitur-fitur yang ada di Samsung Galaxy Wacth7, saya paham bahwa olahraga itu memiliki ketentuan-ketentuan tertentu agar hasilnya lebih maksimal. Apa saja fiturnya?

Energy Score Agar Olahraga Lebih Maksimal

Siap Finish Marathon dengan Galaxy Wearables
Galaxy Watch7 ini dilengkapi fitur yang dirancang untuk memaksimalkan pengalaman berlari, salah satunya adalah Energy Score. Fitur ini akan memberikan gambaran lengkap tentang kondisi fisik pengguna. 

Energy Score sendiri didukung dengan Galaxy AI serta teknologi canggih lain seperti generasi terbaru BioActive Sensor untuk memberikan analisis yang akurat, mulai dari heart rate tracking hingga sleep monitoring.

Fitur ini menghitung tingkat energi berdasarkan kualitas tidur, detak jantung saat tidur, dan aktivitas fisik sebelumnya. Dengan informasi ini, kita dapat menyesuaikan jadwal olahraga agar lebih efektif dan tidak berlebihan.

Skor numerik yang muncul dapat menjadi rekomendasi untuk menentukan aktivitas fisik yang akan kita lakukan di hari itu. Saat kita terlalu lelah bekerja atau kurang tidur maka fitur ini akan memberikan informasi bahwa sebaiknya kita menunda berolahraga karena kondisi fisik yang tidak ideal.

Cukup menarik, karena berdasarkan pengalaman pribadi di kondisi kurang tidur pun biasanya saya masih akan tetap untuk berolahraga. Tapi ternyata hal itu justru kurang bagus untuk kesehatan kita.

Jadi Energy Score ini memang bisa benar-benar bisa menjadi acuan untuk mendapatkan hasil yang optimal saat kita berolahraga.

Improve Kemampuan dengan Dual GPS dan Race Feature

Siap Finish Marathon dengan Galaxy Wearables

Saya termasuk orang yang suka mencari rute-rute berbeda saat berolahraga, baik lari maupun hanya sekedar berjalan kaki. Namun saya tidak mengukur seberapa jauh saya sudah berlari. Terkadang rute yang dilalui lebih jauh bahkan tidak jarang jaraknya lebih pendek dari yang sebelumnya. 

Nah, disini Samsung Galaxy Watch memiliki teknologi Dual GPS yang bisa menjadi solusi. Fitur ini akan memberikan akurasi tinggi dalam melacak posisi saat berlari. 

Teknologi ini menggunakan dua sinyal GPS sekaligus untuk memantau setiap langkah dengan presisi, membantu pengguna melacak performa dan pace secara tepat.

Sangat membantu kita dalam menganalisis dan meningkatkan kemampuan berlari, sehingga setiap latihan menjadi lebih efektif dan terukur. Nah, ketika ingin mengikuti event lari kita juga bisa memanfaatkan fitur  Race lho. Fitur ini berguna untuk mengecek capaian waktu dan compare dengan hasil sebelumnya. 

Dengan dukungan fitur Race, kita bisa melihat analisis yang lebih lengkap untuk mengecek capaian waktu dan compare dengan record selama 14 hari ke belakang.

Ini juga sekalian melihat apakah kita masih on-track dengan target yang mau diraih. Jadi, dengan lengkapnya data yang bisa didapat, smartwatch ini membantu untuk improve dari satu event ke event berikutnya.

Tapi masih ada satu hal lagi yang mungkin bisa membuat kita makin semangat untuk berolahraga. Apalagi kalau bukan musik . Karena kadang kita butuh dorongan dari musik atau podcast yang bisa membangkitkan mood dan semangat.

Saya lebih suka menggunakan TWS (True Wireless Stereo) untuk menemani aktivitas saat berolahrag. Berhubung Samsung punya Galaxy Buds3 terbaru yang menjadi ekosistem wearables bersama Galaxy Watch7, sekalian saja kita bahas.

Galaxy Buds3 Pro, Teman Sehat

Siap Finish Marathon dengan Galaxy Wearables
Saat berolahraga pastinya kita akan selalu bergerak, sehingga dibutuhkan sebuah TWS yang punya desain yang fit dan nyaman saat digunakan. 

Nah, Galaxy Buds3 Pro hadir dengan desain ergonomis yang nyaman dan pas di telinga, memastikan earbud tetap pada tempatnya bahkan saat digunakan dalam aktivitas intens. 

Saat saya coba, Buds ini melekat erat di telinga, termasuk saat saya coba bergerak aktif. Eartipsnya sangat lembut dan nyaman, tidak membuat telinga sakit meski digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

Sekedar informasi, Buds3 Pro ini hadir dengan desain terbaru yang berbeda dari generasi sebelumnya. Kini Buds3 Pro mengusung desain batang yang lebih populer. 

Nah disini kita juga dimungkinkan untuk mengontrol perangkat hanya dengan melakukan beberapa gerakan. Seperti gerakan pinch (gesture mencubit), swipe up (mengusap ke atas), atau swipe down (mengusap ke bawah) pada batang earbud. 

Samsung juga menambahkan "Blade Lights", sebuah garis lampu LED di batang earbuds yang akan menyala ketika pengguna membuka dan menutup charging case.

Yang makin membuat nyaman Buds3 Pro saat digunakan berolahraga adalah adanya fitur ANC yang dapat mendeteksi suara di sekitar untuk otomatis atur level ANC dan Ambient Mode. 

Misal, ketika melewati tempat yang bising, TWS ini akan otomatis meningkatkan tingkat ANC melalui Adaptive Noise Control, jadi kita bisa menikmati musik tanpa gangguan. 

Lalu, Voice Detect akan mengubah tingkat ambient dan volume jika ada orang yang menyapa atau saat sedang bicara, jadi kita tetap bisa berkomunikasi dengan lancar tanpa lepas TWS. 

Siap Finish Marathon dengan Galaxy Wearables
Tak ketinggalan, ada Siren Detect yang bisa mendeteksi suara sirene dan membuat kita waspada dengan kendaraan yang melintas. Membuat olahraga lebih nyaman dan aman. Lalu bagaimana kualitas suaranya?

Jangan khawatir, karena Samsung Galaxy Buds3 Pro memiliki teknologi Enhanced 2 Way Speaker dengan tweeter planar 6,1 mm dan driver dinamis 10,5 mm, ditambah dual amp.

Codec SSC telah diperbarui untuk mendukung kecepatan pengambilan sampel dua kali lipat untuk meningkatkan kualitas suara.

Enhanced 2 Way Speaker akan memberikan kualitas suara yang imersif dan jernih, membantu kita fokus pada latihan. 

Kita juga tak perlu khawatir baterai akan cepat habis saat berolahraga karena TWS ini sudah dibekali dengan daya tahan baterai hingga 7 jam tanpa ANC dan 6 jam dengan ANC aktif. Sangat impresif.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur yang tersemat di kedua wearables Samsung terbaru ini. Dan jika semua fitur ini bisa dimanfaatkan rasanya saya sudah bisa mengikuti dan finish di event-event marathon berikutnya.

Pre-order sekarang dan nikmati benefit menariknya!

Jika ada yang tertarik, saat ini Samsung memberikan ragam penawaran menarik selama masa pre-order hingga 30 Juli 2024. Konsumen bisa mendapatkan diskon Rp 500.000 dan cashback senilai Rp 150.000.

Spesial untuk pembelian Galaxy Buds3 Pro, konsumen akan mendapatkan Buds Case secara gratis, Samsung BRI Credit Card Exclusive Benefit, diskon Rp 200.000, cashback hingga Rp 150.000, gratis Fabric Band untuk pembelian Galaxy Watch7 dan Buds Case untuk pembelian Buds3 Series. 

Galaxy Watch7 (Bluetooth) hadir dalam ukuran 40mm serta opsi warna Green dan Cream dengan harga Rp 4.499.000. Galaxy Buds3 Pro (mulai dari Rp 3.299.000) dan Galaxy Buds3 (mulai dari Rp 2.299.000) hadir dengan opsi warna Silver dan White.

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT

HARGA TERENDAH DENGAN PRODUK TERKAIT