Diperbaharui pada Jumat, 24 Maret 2023 | 11:35

Bikin Konten Apapun Hasil Tetap Epic dengan Kamera Galaxy S23 series 5G

Samsung Galaxy s23 ultra 5gSamsung Galaxy S23 Ultra 5G

Melalui Galaxy S23 series 5G (Galaxy S23 Ultra 5G, Galaxy S23+ 5G, dan Galaxy S23 5G), Samsung menghadirkan kamera paling epic yang memberi kebebasan lebih bagi pengguna untuk explore kreativitas.

Pasalnya, Samsung menghadirkan Galaxy S23 Series 5G dengan peningkatan fitur fotografi yang memungkinkan pengalaman capture lebih epic dan hassle-free. Sebut saja Galaxy S23 Ultra 5G yang dibekali Adaptive Pixel 200 MP dan kualitas perekaman video 4K di 60fps atau 8K di 30fps untuk konten yang lebih tajam.

Lalu ada pula fitur pembesaran 30x atau 100x Space Zoom untuk menangkap keindahan dari jauh, hingga durability yang tak tertandingi sehingga kegiatan hunting konten outdoor. 

Galaxy S23 Ultra 5G juga memudahkan siapa pun untuk capture konten yang fenomenal. Perangkat ini menawarkan sistem kamera terdepan dari Samsung Galaxy yang telah dirancang untuk menghadapi berbagai kondisi pencahayaan demi menghasilkan detail yang luar biasa.

Konten Tetap Epic dengan Galaxy S23 series 5G

Berikut beberapa konten yang bisa pengguna dapatkan melalui kecanggihan kamera di Samsung Galaxy S23 series 5G.

Konten di Berbagai Kondisi Cahaya dengan Kamera 200 MP

hp samsung terbaruAdaptive Pixel 200 MP di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Salah satu yang istimewa di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G adalah keberadaan kamera Adaptive Pixel 200 MP didalamnya. Tidak hanya resolusi tinggi tapi juga menggunakan sensor ISOCELL HP2, sebuah sensor gambar terbaru Samsung dengan kemampuan yang memungkinkan detail gambar yang luar biasa dengan resolusi 16 kali lebih tinggi tanpa membuat ukuran fisik kamera terlalu besar. 

Secara teknis dijelaskan bila ISOCELL HP2 membungkus 200 juta piksel berukuran 0,6μm dalam format optik 1/1,3” yang banyak digunakan di kamera 108 MP.

Jadi, pengguna bisa menikmati resolusi yang lebih tinggi tanpa harus terganggu dengan kamera yang lebih besar dan lebih tebal. Tampilan belakang perangkat pun tetap sleek.

ISOCELL HP2 juga mengusung teknologi pixel-binning terkini dari Samsung, Tetra pixel, yang membuat kamera dapat menciptakan gambar minim noise di tiap kondisi pencahayaan.

Saat terang, sensor akan memakai mode 0,6μm 200 MP agar tak menangkap terlalu banyak cahaya untuk hasil gambar yang lebih jernih dan tidak overexposure. 

Lalu, ketika situasi makin redup, maka sensor akan beradaptasi ke mode 1,2μm 50MP atau 2,4μm 12,5MP, di mana Tetra pixel menggabungkan piksel-piksel terdekat menjadi satu piksel yang lebih besar untuk menangkap lebih banyak cahaya, sehingga hasil gambar tetap tajam dan detail walau di kondisi low light.

samsung galaxy s23 ultra 5g
ISOCELL HP2 turut dibekali teknologi Super QPD untuk menawarkan kemampuan auto-focus yang next level, khususnya di kondisi minim cahaya. Super QPD memungkinkan ISOCELL HP2 memakai seluruh 200 juta piksel untuk pemfokusan, jauh meningkat dibanding sensor gambar 108 MP pendahulunya yang hanya bisa menggunakan 3% dari pikselnya untuk pemfokusan.

Jadi, kamera bisa melakukan auto-focus dengan lebih cepat dan lebih akurat dengan shutter lag yang lebih minim, bahkan di kondisi 1 lux yang setara dengan kondisi sebuah ruangan yang hanya diterangi sebuah lilin.

ISOCELL HP2 juga dilengkapi Dual Slope Gain (DSG) yang memungkinkan mode HDR digunakan di resolusi 50MP–saat kebanyakan smartphone hanya mendukung mode HDR di resolusi 12,5MP. Hal tersebut pun bisa dilakukan tanpa bantuan prosesor, di mana ini menjadi yang pertama di industri. 

Teknologi DSG didukung Smart-ISO Pro yang mampu menggabungkan ISO tinggi dan ISO rendah dalam satu pengaturan exposure ketika memotret di tempat dengan perbedaan pencahayaan yang kontras.

Dengan begitu, perangkat akan mendapatkan foto HDR yang lebih vivid, lebih detail, dan minim blur baik di kondisi terang, minim cahaya, maupun perpaduan keduanya.

Tak hanya memastikan setiap foto memiliki resolusi terbaik, ISOCELL HP2 juga membantu pengguna mendapatkan video dengan kualitas paling epic.

Dalam hal ini, pengguna bisa melakukan perekaman 8K pada 30fps maupun 4K pada 60fps dengan kualitas HDR dan angle yang lebih luas, sehingga video yang dihasilkan menjadi lebih utuh, lebih tajam, dan tentunya semakin cinematic, termasuk dalam kondisi minim cahaya, nightography.

Konten Outdoor dengan Kemampuan zoom 10x, 30x hingga 100x

hp samsung terbaru
Kamera 200 MP di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga dilengkapi beragam fitur yang bisa mengakomodasi kebutuhan para fotografer. Salah satunya kemampuan zoom yang sudah tidak perlu diragukan lagi, khususnya pada Galaxy S23 Ultra 5G yang bisa sampai 100x zoom. 

Banyak orang memaksimalkan kemampuan zoom ini untuk mengambil gambar jarak jauh yang tak bisa diambil oleh smartphone lain dengan persisi yang sama, misalnya untuk mengambil kecantikan bulan. Namun sebenernya, ada banyak objek yang bisa pengguna abadikan dengan mengeksplor kemampuan zoom Galaxy S23 Series 5G. 

Pengguna bisa mengatur dengan leluasa kemampuan zoom pada Galaxy S23 Series 5G hanya dengan menggeser panel pengaturan zoom pada bagian bawah layar di aplikasi kamera. Namun beberapa pengaturan yang sering digunakan seperti 0,5x atau wide lens, 3x zoom, 10x zoom, 30x zoom, hingga 100x zoom.

samsung galaxy s23 ultra 5g
Fungsinya bisa disesuaikan dengan situasi dan objek yang ingin diabadikan. Berikut beberapa contoh penggunaan zoom dari fotogrefer Andhika yang bisa diikuti untuk memaksimalkan berbagai kemampuan zoom untuk membuat konten fotografi lebih epic.

  • 0,5x zoom dapat digunakan untuk mengabadikan pemandangan menggunakan wide lens sehingga lebih banyak tampilan gambar yang dapat masuk ke dalam satu frame.
  • 3x zoom dapat digunakan jika ingin mengabadikan pemandangan dengan angle tertentu, sehingga kamu bisa mengarahkan kamera ke objek pemandangan yang diinginkan tanpa terlalu banyak distraksi dalam satu frame.
  • 10x zoom bisa digunakan ketika ingin mengabadikan sebuah objek dari jarak jauh, namun kamu tetap ingin elemen pada latar belakang objek masuk ke dalam frame gambar. Contohnya, ingin mengabadikan perahu di laut dengan latar langit sore hari dari pesisir pantai.
  • 30x zoom bisa digunakan untuk mengambil gambar yang fokus pada suatu objek dari jarak jauh. Misalnya, ingin mengambil aksi satwa di habitatnya, namun tak bisa terlalu mendekat.
  • 100x zoom bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan jarak sangat jauh dalam kondisi objek diam dan stabil, seperti bulan, bangunan tinggi, dsb.

Kemampuan dalam memotret dari kejauhan ini makin mantap dengan hadirnya 2x wider Optical Image Stabilizer (OIS) yang bikin hasil tangkapan gambar yang lebih stabil dan minim blur meski menggunakan shutter speed yang lebih lambat untuk hasil foto yang lebih terang atau pada saat memotret sambil bergerak, sehingga tidak perlu repot-repot bawa gimbal untuk hasil foto yang steady. 

Konten Lebih Detail dan Tajam dengan Detail Enhancer

Samsung galaxy s23 ultra 5g
Untuk hasil foto yang jauh lebih epic, kamera Samsung Galaxy S23 5G Series juga bisa terlihat lebih detail dan tajam berkat Detail Enhancer. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan zoom pada hasil jepretan tanpa hasilnya bakal noise.

Sederhananya, fitur Detail Enhancer memungkinkan pengguna untuk meningkatkan dan ketajaman gambar. Fitur Detail Enhancer akan mengoptimalkan kontras, saturasi, dan ketajaman gambar, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih tajam dan detail.

Fitur Detail Enhancer dapat meningkatkan kejelasan gambar dengan menyesuaikan kontras dan saturasi. Dengan demikian, pengguna dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail, terutama pada bagian-bagian gambar yang kurang tajam atau terlalu lembut.

Pengguna dapat menghasilkan gambar yang lebih cerah dan tajam dengan warna yang lebih hidup dan natural. Fitur ini juga akan meningkatkan kualitas gambar pada kondisi pencahayaan rendah, sehingga pengguna dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail.

Pada beberapa kondisi, foto yang diambil dapat terlihat buram atau kurang tajam. Dengan fitur Detail Enhancer, pengguna dapat memperbaiki detail pada foto.

Fitur ini dapat diaktifkan dalam pengaturan kamera. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengaturan mulai dari level rendah hingga level tinggi, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Pada umumnya, fitur Detail Enhancer dapat diaktifkan dalam mode Auto atau Pro pada aplikasi kamera Samsung. Dalam mode Auto, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur Detail Enhancer, sedangkan dalam mode Pro, pengguna dapat mengatur sendiri parameter yang terkait dengan fitur ini, seperti kontras, saturasi, dan ketajaman gambar.

Bikin Konten Langsung di Samsung Consumer Launch

Samsung Galaxy S23

Bagi pengguna yang berdomisili di Medan dan tertarik untuk bikin konten epic pakai Samsung Galaxy S23 5G atau Samsung Galaxy S23+ 5G, bisa mengunjungi acara Consumer Launch Samsung yang digelar pada mulai tanggal 29 Maret – 2 April 2023 di Sun Plaza.

Melalui acara ini, kreator konten bisa merasakan pengalaman epic menggunakan Galaxy S23 Series 5G. Selama acara berlangsung, tersedia juga berbagai penawaran eksklusif senilai total hingga Rp 4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G. 

Keuntungan yang bisa didapatkan oleh pembeli di antaranya:

  • Cashback hingga Rp 2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy).
  • Cashback dari mitra bank hingga Rp 750.000.
  • Fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai Rp 899.000
  • Free casing senilai Rp 499.000.
  • Special gift hasil kolaborasi Samsung dengan VARYAN dan Exacoat berbahan ramah lingkungan (persediaan terbatas).

Berikut daftar harga Samsung Galaxy S23 Series :

Smartphone Harga
Galaxy S23 5G (8GB/128GB) Rp 12.999.000
Galaxy S23 5G (8GB/256GB) Rp 13.999.000
Galaxy S23+ 5G (8GB/256GB) Rp 15.999.000
Galaxy S23+ 5G (8GB/512GB) Rp 17.999.000
Galaxy S23 5G Ultra (12GB/256GB) Rp 19.999.000
Galaxy S23 5G Ultra (12GB/512GB) Rp 21.999.000
Galaxy S23 5G Ultra (12GB/1TB) Rp 25.999.000
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2483 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.