Dipublish pada Rabu, 13 Okt 2021 | 17:34

realme UI 3.0 Rilis, Ini Daftar Hp realme yang Dapat Update

update hp realme ui 3.0Foto: realme

realme resmi meluncurkan sistem antarmuka terbarunya, realme UI 3.0 berbasis Android 12 pada hari ini Rabu (13/10/21), dengan membawa konsep produk Seamless Fun, dengan peningkatan desain, fluiditas, personalisasi, keamanan, dan sisi fungsionalitas. 

Palson Yi selaku Direktur Marketing realme Indonesia mengungkapkan bahwa versi UI terbaru ini dibuat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anak muda, dengan manyajikan fitur yang mendukung kreativitas, sosial, produktivitas, dan fitur keamanan.

Desain Antarmuka Fluid Space

update hp realme ui 3.0Foto: realme

Desain realme UI 3.0 terlihat jauh berbeda dengan realme UI 2.0. Hal ini mudah terlihat pada layout yang kini lebih teratur, dan desain baru 3D pada ikon-ikon yang membuat keseluruhan tampilannya menjadi lebih fresh.

Sistem antarmuka realme UI 3.0 memiliki garis outline tebal dan tampilan semitransparan yang digunakan untuk memberikan kesan lebih kekinian.

Tidak hanya itu, realme UI 3.0 memilih layout yang memberikan kesan spasial untuk tampilan lebih luas agar terlihat tidak terlalu padat.

Perubahan lainnya dapat dilihat pada ukuran font dan simbol, serta kontras teks yang juga telah di-upgrade agar terlihat lebih dinamis, untuk menghasilkan visual yang lebih nyaman dilihat oleh pengguna.

Temanya Bisa Dipersonalisasi Sesuai Keinginan

update hp realme ui 3.0Foto: realme

realme UI 3.0  memberikan kebebasan kepada pengguna dengan mendukung kustomisasi warna tema global, dimana pengguna dapat memilih salah satu warna favorit mereka sebagai warna tema AOD.

Salah satu fitur menarik yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah mengunggah foto mereka dan menggunakannya sebagai bagian dari desain AOD, sehingga terlihat unik dan semakin personal. 

Menariknya, realmeow, maskot dari realme hadir di realmeow on Display dengan beragam pilihan sesuai selera pengguna. Cukup pilih salah satu yang paling menarik, dan pengguna dapat menikmati tampilan display sesuai gaya AOD yang serba baru.

Selain itu, realme UI 3.0 juga menyediakan berbagai Omoji yang bisa mengekspresikan banyak hal, seperti hantu, makanan, objek dari kehidupan sehari-hari, dan semua yang dapat mewakilkan mood pengguna.

Terahir, realme UI 3.0 juga memiliki beberapa pilihan wallpaper dinamis, sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman visual baru, serta tidak bosan dengan tampilan yang itu itu saja.

Fokus Pada Fungsionalitas yang Efisien

update hp realme ui 3.0Foto: realme

realme membekali realme UI 3.0 dengan teknologi AI Smooth Engine yang diklaim memberikan pengalaman lebih ringan serta cepat, sehingga menambahkan kelancaran menyeluruh dan mengurangi konsumsi daya dalam pemakaian normal.

Tingkat total penggunaan memori juga telah ditingkatkan, fragmentasi memori telah diminimalkan, dan berbagai program diluncurkan secara cerdas berkat kompresi memori AI dan penjadwalan sumber daya terpadu.

realme mengklaim teknologi ini akan mengurangi penggunaan memori sebesar 30%, meningkatkan kinerja peluncuran aplikasi secara keseluruhan sebesar 10%, dan meningkatkan masa pakai baterai sebesar 12%.

Mesin animasi AI yang diusungnya akan menentukan perubahan dinamis redaman untuk membatasi pergerakan dan kelengkungan objek. Efeknya mengikuti gerakan lebih "nyaman", sehingga menjadi lebih fluid.

Floating Window 2.0 juga diusung ke realme UI 3.0, sehingga pengguna dapat membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan tanpa mengurangi produktivitas.

Peningkatan Pada Fitur Keamanan

update hp realme ui 3.0Foto: realme

Keamanan menjadi salah satu fokus pada realme UI 3.0 dengan fitur Subtitle Stitching baru yang memungkinkan pengguna berbagi gambar atau video favorit secara pribadi.

Untuk berbagi momen kehidupan dengan aman, pengguna dapat menghapus informasi lokasi foto dan data fotografi, termasuk stempel waktu, model kamera, dan pengaturan.

Lebih banyak batasan untuk izin aplikasi juga ditambahkan di realme UI 3.0, termasuk data lokasi, misalnya, lokasi non-spesifik digunakan untuk menjaga privasi lokasi.

Selanjutnya, representasi bergambar memungkinkan konsumen untuk memperhatikan aktivitas privasi aplikasi. Pengguna dapat melihat penggunaan izin aplikasi dalam grafik, daftar izin aplikasi, dan informasi terperinci tentang penggunaan aplikasi tertentu, yang memungkinkan untuk mengatur penggunaan privasi di semua aspek.

Daftar Hp realme yang Dapat Update realme UI 3.0 

Seri realme GT akan secara otomatis mendapatkan sistem antarmuka realme UI 3.0 terbaru di bulan Oktober ini. Lalu menyusul secara bertahap uji coba serta penyesuaian di beberapa tipe smartphone keluaran realme sebelumnya.

Berikut daftar hp realme yang mendapatkan upgrade realme UI 3.0 beserta jadwal peluncurannya.

Jadwal Update Model Hp realme
Oktober 2021 realme GT
Desember 2021 realme GT Master Edition
realme 8 Pro
Kuartal I 2022 realme X50 Pro 5G
realme 7 Pro
realme 8
realme C25
realme C25s
Kuartal II 2022 realme X3 SuperZoom
realme 8 5G

 

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT