Dipublish pada Selasa, 2 Jan 2018 | 11:46

Mengenal Kredit Multiguna, Seperti Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

uang kredit multiguna

Apakah Anda berminat untuk membuka usaha namun belum memiliki modal yang cukup? Apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan modal? Kredit Multiguna (KMG) bisa menjadi salah satu pilihan pinjaman untuk mewujudkan keinginan Anda membuka usaha. Namun, produk kredit multiguna mungkin belum banyak diketahui oleh para calon pelaku bisnis maupun masyarakat di Indonesia. Lalu, apakah kredit multiguna itu?

Pengertian Kredit Multiguna


contoh skema kredit multiguna via mediashower.com

Kredit Multiguna atau Kredit Dengan Agunan adalah salah satu produk perbankan dalam bentuk pinjaman yang mengharuskan pengaju untuk menjaminkan aset berharga sebagai syarat pengajuannya. Jaminan yang diberikan bisa dalam bentuk aset tanah, rumah, atau barang berharga lainnya dan dapat diajukan secara individual atau kelompok.

Ada beberapa lembaga yang menyediakan produk kredit multiguna, seperti lembaga perbankan dan lembaga multifinance. Produk pinjaman ini memang bertolak belakang dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang tidak membutuhkan jaminan sebagai syarat pinjamannya.

Lalu, mengapa beberapa orang lebih memilih menggunakan kredit multiguna yang harus menjaminkan aset berharga dibandingkan KTA? Sebagai contoh, Anda sedang membutuhkan dana sekitar Rp2.000.000.000 untuk membangun sebuah usaha restoran.

Untuk memperoleh dana tersebut, Anda memutuskan untuk menggunakan aset tanah sebagai sumber dana. Ada dua hal yang dapat dilakukan. Pertama, menjual tanah dengan risiko Anda akan kehilangan tanah tersebut atau kedua, Anda menyerahkan tanah tersebut sebagai jaminan atau agunan dengan kemungkinan kepemilikan tanah kembali jika pinjaman lunas di masa depan.

Menyikapi contoh kasus tersebut, apakah Anda telah memiliki sedikit gambaran mengenai kredit multiguna? Pada dasarnya, segala sesuatu memang memiliki keunggulan dan kekurangan. Untuk mengenal kredit multiguna dan sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum mengajukan Kredit Multiguna, marilah kita mencari tahu lebih jauh mengenai kelebihan dari pinjaman jenis ini.

Keunggulan Kredit Multiguna

kredit multiguna
kredit multiguna memiliki keunggulan yang akan menguntungkan anda via tqn.com

Secara teknis, kredit multiguna memang dinilai jauh lebih berisiko dibandingkan KTA karena adanya aset berharga yang dijadikan sebagai jaminan pinjaman. Namun, di sisi lain kredit multiguna memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk kredit lainnya. Apa saja keunggulan kredit multiguna?

1. Limit Pinjaman yang Tinggi Hingga Miliaran Rupiah

Salah satu keunggulan utama kredit multiguna adalah limit pinjaman yang tinggi, bahkan mencapai miliaran rupiah. Mengapa pihak bank atau lembaga perbankan bisa memberikan pinjaman yang begitu besar? Hal ini dikarenakan adanya jaminan aset berharga sebagai syarat utama pengajuan kredit.

Pihak bank tidak akan merugi atau mengambil risiko tinggi jika suatu saat nasabah tidak mampu mengembalikan uang pinjamannya. Namun, jika Anda mampu mengembalikan uang pinjaman, maka pihak bank tidak akan ragu untuk memberikan kembali aset berharga Anda.

2. Masa Tenor Lebih Panjang Dibandingkan Produk Pinjaman Lainnya

Terkait dengan limit pinjaman yang cukup besar, beberapa bank atau lembaga penyedia kredit multiguna memberikan masa tenor yang cukup panjang kepada para nasabahnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap kemungkinan kemampuan nasabahnya untuk mengembalikan uang pinjaman.

Semakin besar pinjaman maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk melunasi pinjaman. Sejumlah bank memberikan masa tenor hingga 10 tahun lebih kepada nasabah pengguna kredit multiguna. Keunggulan kredit multiguna ini tentu saja sangat bertolak belakang dengan masa tenor Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang rata-rata hanya tiga tahun saja. Meskipun demikian, selama apapun masa tenor yang diberikan pihak bank, jika Anda tidak berusaha untuk melunasi pinjaman maka aset Anda berisiko akan disita.

3. Penggunaan Kredit yang Bersifat Fleksibel

Keunggulan lain dari kredit multiguna adalah pinjaman yang dapat digunakan untuk beragam keperluan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Nasabah dapat memanfaatkan pinjaman untuk berbagai tujuan, mulai dari modal usaha hingga konsumsi sehari-hari dikarenakan nilai pinjaman yang besar.

Hal ini berbeda dengan KTA yang biasanya hanya dipakai untuk tujuan komsumtif. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang lebih tertarik menggunakan kredit multiguna dibandingkan kredit tanpa agunan. Selama Anda memiliki aset sebagai jaminan, Anda bebas memanfaatkan pinjaman untuk tujuan apapun.

Kekurangan Kredit Multiguna

kredit multiguna
contoh kekurangan dari kredit multiguna via blogspot.com

Seperti dua sisi mata uang, kredit multiguna tentunya juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengajukan pinjaman ini. Kredit multiguna memang memiliki risiko yang sangat tinggi dan sebagai bahan pertimbangan Anda, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kredit multiguna:

1. Jaminan atau Ditolak

Salah satu alasan yang menjadi penyebab seseorang ragu untuk menggunakan kredit multiguna adalah adanya aset berharga yang harus diserahkan sebagai jaminan. Jika Anda tidak memiliki aset untuk dijaminkan maka keinginan Anda untuk mengajukan pinjaman tentu saja akan mengalami penolakan. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Jangan khawatir. Anda selalu dapat memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebagai solusi pinjaman lain dengan persyaratan yang lebih ringan.

2. Lunasi atau Aset Menghilang

Inilah salah satu masalah yang selalu menjadi bahan pertimbangan utama sebelum mengajukan kredit multiguna. Anda bisa saja terancam kehilangan aset berharga Anda jika Anda gagal melunasi uang pinjaman sesuai dengan masa tenor yang telah ditentukan.

Lalu, bagaimana menghindari terjadinya penyitaan aset berharga Anda? Satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah mengelola keuangan dari dana yang Anda pinjam dengan sebaik-baiknya dan secermat mungkin.

Tentukan secara pasti tujuan penggunaan pinjaman dan rencanakan rincian pengembalian pinjaman setiap bulannya. Dengan demikian, Anda bisa melunasi pinjaman tepat waktu dan menghindari terjadinya penyitaan aset berharga Anda.

3. Proses Pengajuan yang Jauh Lebih Lama Dibandingkan KTA

Jaminan dalam bentuk aset rumah, tanah, atau barang berharga lainnya menyebabkan pihak bank atau lembaga penyedia kredit multiguna membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pengajuannya. Hal ini dikarenakan pihak bank atau lembaga harus menilai apakah aset yang Anda jadikan jaminan telah sesuai dengan uang pinjaman yang Anda ajukan. Jika nilainya belum sesuai, biasanya pihak bank akan meminta Anda untuk mengganti aset yang akan dijadikan jaminan pinjaman atau menambah tambahan aset hingga selisih antara dana yang Anda minta dan nilai jaminan dianggap sesuai.

Ajukan Kredit Multiguna Sesuai Kebutuhan Anda

Saat ini, Anda mungkin telah sedikit mengenal tentang Kredit Multiguna (KMG) beserta kelebihan dan kekurangannya. Sekarang kami kembalikan lagi kepada Anda, apakah Anda tertarik untuk mengajukan Kredit Multiguna atau tidak? Hanya Anda sendiri yang mampu mengukur kapasitas dan kemampuan Anda serta nilai pinjaman yang Anda butuhkan. Jika Anda membutuhkan dana pinjaman yang cukup besar dan memiliki aset sebagai jaminan maka Anda dapat menggunakan kredit multiguna.

Namun, jika Anda belum bisa mengajukan kredit multiguna, Anda masih dapat menggunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebagai solusi keuangan Anda. Apapun keputusan Anda, pertimbangkanlah segala sesuatu dengan sebaiknya sebelum Anda mengajukan pinjaman.

Share :
Rizki Abadi

Rizki Abadi

Contributor

0

ARTIKEL TERKAIT