Dipublish pada Selasa, 15 Okt 2024 | 12:10

7 Cara Mengatasi Hp Lemot, Tidak Perlu ke Tukang Servis

7 Cara Mengatasi Hp Lemot, Tidak Perlu ke Tukang Servis
Pertama kali membeli hp Android, mungkin kita merasa puas karena perangkat mampu hasilkan performa penuh untuk menopang segala kebutuhan.

Namun, tidak sedikit yang mengeluh dengan kecepatan hp mereka yang performanya terus menurun seiring penggunaan, lemot dan bisa mengganggu aktivitas.

Perlu diketahui, problem hp lemot tersebut memang umum terjadi. Selain karena penggunaan, penyebab hp lemot umumnya berasal dari beberapa faktor.

Sebut saja memori yang semakin penuh, entah dari file foto, video atau instalan aplikasi yang digunakan. Lalu banyaknya aplikasi yang berjalan dibackground yang belum tertutup sempurna.

Meski hp sekarang punya RAM besar namun tidak menutup kemungkinan efek lemot akan berdampak dikemudian hari.

Sebenarnya itu merupakan hal yang wajar. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Tidak perlu khawatir, Pricebook akan coba berikan solusinya.

Berikut cara mengatasi hp lemot.

1. Non aktifkan animasi

7 Cara Mengatasi Hp Lemot, Tidak Perlu ke Tukang Servis
Cara mengatasi hp lemot yang satu ini memang cukup banyak direkomendasikan. Karena bisa mempercepat kinerja perangkat menjadi lebih baik lagi.

Tapi satu hal yang harus diperhatikan adalah untuk menonaktifkan animasi ini kamu harus masuk ke mode Developer. Secara default fitur ini memang tidak akan muncul di menu pengaturan.

Untuk memunculkan menu opsi developer ini secara umum kamu bisa pilih Setting > about phone > pilih OS version (ketuk 7x). Hanya saja cara ini akan berbeda setiap merk hp yaa.

Jika sudah muncul opsi developer kamu tinggal masuk lalu nonaktifkan menu-menu berikut :

  • Windows animation scale > off
  • Transition animation scale > off
  • Animator duration scale > off

2. Bersihkan File Tidak Terpakai

Foto ataupun file berukuran besar dan banyak bisa membuat kinerja hp Android menjadi lemot karena membebani kapasitas memori.

Untuk itu, silahkan hapus atau pindahkan foto ataupun file Anda ke laptop untuk membuat memori internal menjadi tetap lega. Atau bisa gunakan microSD untuk menyimpan file-file besar.

3. Kurangi Penggunaan Widget

Penggunaan widget membuat tampilan hp lebih menarik. Namun, widget sangat membebani sistem sehingga penggunaan dalam jumlah banyak akan membuat hp lemot.

Untuk itu, silahkan pilih widget yang tidak digunakan kemudian matikan widget tersebut.

4. Auto Kill Aplikasi

Kemampuan multitasking di hp Android mungkin membuat lupa untuk menutup aplikasi yang sudah digunakan.

Padahal, penggunaan banyak aplikasi di Recent Apps bisa membuat RAM menjadi sesak dan berimbas membuat kinerja hp Android menjadi lemot.

Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan fitur Auto Kill dan menutup semua aplikasi yang ada di Recent Apps.

5. Matikan Fitur Auto-Sync

Fitur Auto-Sync membuat bisa tetap terhubung dengan semua akun yang dipasang di hp. Namun, fitur ini berdampak pada kinerja hape yang menjadi berat atau lag.

Untuk itu, silahkan matikan fitur ini untuk membuat kinerja hp tetap ngacir dan membuka aplikasi seperti email secara manual.

6. Uninstall Aplikasi

Setiap harinya, Google Play Store memiliki banyak aplikasi baru yang menarik untuk dicoba. Namun, banyaknya aplikasi yang terpasang membuat memori hape semakin sesak.

Untuk itu, bijaklah saat menggunakan aplikasi dengan menghapus aplikasi apa saja yang paling jarang bahkan tidak pernah Anda gunakan.

7. Update Manual Software Android

Cara terakhir mengembalikan performa hp Android Anda yang lemot adalah melakukan update software secara manual. Langkah ini bisa membersihkan cache ataupun keseluruhan data di hp dan membuat sistem hp seakan seperti baru.

Saat melakukan update, jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dulu, ya!

Nah, itulah beberapa cara mengatasi hp lemot yang bisa kamu coba. Meski tidak 100 persen berhasil, namun setidaknya bisa mengurangi beban kerja perangkan. Semoga membantu.

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT