Dipublish pada Minggu, 1 Jan 2023 | 09:37

Cari Side Income? Coba Cek Tips Ini Agar Bebas Worry

cara mendapat uang tambahan

Kebutuhan yang terus meningkat setiap tahun pasti membuat pusing setiap orang, terlebih bagi mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan.

Untuk bisa senang-senang, tentunya mencari penghasilan tambahan merupakan salah satu solusi. Sayangnya, terkadang status sebagai karyawan sedikit banyak pasti membatasi ruang gerak.

Bagaimanapun, kalian masih memiliki tanggung jawab di tempat kerja saat ini. Namun, mendapatkan uang nggak sesulit yang kalian kira loh. Sejumlah rupiah bisa kalian dapatkan secara online.

Dengan bermodalkan smartphone atau laptop beserta koneksi internet, kalian sudah bisa mendapatkan uang tambahan untuk kebutuhan senang-senang.

Cara mendapatkan uang dari internet sebenarnya ada banyak sekali, dan hampir semuanya cukup mudah untuk Anda coba di era digital seperti sekarang ini.

Dunia online membuka banyak sekali peluang bagi Anda untuk cari uang lewat internet, atau mendapatkan penghasilan tambahan online. Nah untuk kamu yang ada pekerjaan utama, kamu bisa coba beberapa tips dibawah ini agar bisa menjalankan keduanya dgn maksimal.

Jenis Pekerjaan dan Cara Mendapatkan Uang Tambahan Secara Online

1. Dropshipper atau Reseller

cari uang tambahan lewat online

Jualan online saat ini sedang marak-maraknya. Semakin naik daun sejak sistem dropship dan reseller banyak diterapkan.

Kalian bisa menjadi dropshipper dengan menjual berbagai barang milik supplier tanpa harus memiliki stok. Hanya perlu memanfaatkan platform online untuk berjualan, kemudian menaikan harga dari supplier, dan nilai itulah yang akan menjadi keuntunganmu.

Kalian juga bisa menjadi reseller. Sistem ini menuntutmu harus memiliki stok produk. Dengan kata lain, kalian harus kulakan barang terlebih dahulu.

Sistem reseller mungkin terasa lebih ribet, tapi mempunyai lebih banyak keleluasaan seperti, quality control produk ditangani sendiri, bisa berjualan offline, margin penjualan bisa lebih tinggi.

2. Broker Properti atau Kendaraan Bermotor

cari uang tambahan

Broker adalah istilah keren dari makelar. Tugas broker adalah menghubungkan antara penjual dan pembeli. Setiap kali ada transaksi yang berhasil, biasanya kalian akan mendapatkan komisi.

Hasilnya memang tidak pasti. Tapi jika kalian tekun melakukannya, komisi yang bisa kalian dapatkan lumayan lho.

Menjadi broker menuntutmu pandai berkomunikasi dan luwes melakukan pendekatan ke orang lain. Kalian juga harus punya link yang luas. Pekerjaan ini tidak terlalu menyita waktu, bisa kalian lakukan sepulang jam kantor.

3. Job Freelance Online

freelance

Internet adalah wahana yang luas untuk mencari job freelance. kalian tetap bisa bekerja di kantor dan mendapat penghasilan tambahan dari rumah.

Ada banyak situs-situs penyedia job freelance yang bisa kalian kunjungi, misalkan: freelancer, sribulancer.com, projects.co.id, fiverr.com dll.

Melalui situs-situs tersebut, kalian bisa menemukan berbagai job freelance dari berbagai bidang. Misalnya job di bidang desain grafis, web development, copywriting, penerjemah, dll.

Nah, kalian bisa memilih job online yang sekiranya sesuai dengan skill yang kalian miliki.

Tapi kalian tidak bisa serta merta mendapatkan pekerjaan. kalian akan bersaing dengan banyak pencari job freelance lain. Maka dari itu kalian butuh membuat profil menarik dan memiliki portofolio yang bisa jadi bahan pertimbangan.

Jika reputasimu oke di situs-situs tersebut, kalian bisa lebih banyak mendapatkan pekerjaan.

4. Program Affiliate Marketing

uang tambahan

Jika kalian ingin mendapatkan passive income atau penghasilan tambahan lewat internet, ini adalah salah satu cara yang bisa kalian lakukan.

Affiliate Marketing adalah metode menghasilkan uang melalui kode referral dengan cara promosi produk di berbagai platform online. Platform yang umum digunakan adalah website, landing page, blog, dan postingan status di sosial media.

Komisi bisa kalian dapatkan saat ada orang yang mengklik kode referral milikmu dan terjadi action berupa pembelian, download apps, pendaftaran member, dll.

Program affiliate marketing memang bisa memberi penghasilan tambahan online dengan nilai yang lumayan. Tapi membangunnya tidaklah mudah. kalian harus memiliki pengetahuan teknis terutama mengenai SEO.

5. Investasi

smartfren unlimited nonstop

Investasi juga salah satu cara supaya kalian bisa melipat gandakan uang secara halal. Ada berbagai jenis investasi yang bisa kalian ambil seperti emas, trading forex, tabungan deposito, trading saham, reksa dana, dll.

Sekarang sudah banyak orang yang melek investasi sejak semakin maraknya platform investasi online.

Namun, investasi tidak bisa sembarangan kalian lakukan. kalian harus paham betul jenis investasi yang kalian pilih, bagaimana cara kerjanya, dan masih banyak pengetahuan dasar tentang investasi yang perlu kalian pahami.

Bagi  kamu kaum pemula yang sedang merintis side jobs, tentunya tidak mudah karena dibutuhkan banyak pengorbanan baik tenaga, pikiran maupun waktu. Untuk itu, kamu bisa lakukan beberapa tips dibawah ini ya!

Lakukan di Luar Jam Kerja

tips mencari side income

Sebagai karyawan kalian pasti terikat jam kerja. Jika ingin mencari sambilan, usahakan bisa kalian lakukan di luar jam kerja. Jadi selama jam kerja, kalian bisa tetap fokus melaksanakan tanggung jawab pekerjaan.

Siap Capek

cari uang tambahan

Mencari uang tambahan pasti bakal menguras energi. kalian bakal melakukan pekerjaan berkali-kali lipat dari pekerjaan utamamu. Kalian harus menyiapkan fisikmu supaya tahan capek. kalian juga harus rela mengurangi jam tidurmu.

Komitmen juga perlu kalian pegang teguh untuk hidup yang lebih sejahtera, kalian harus rela capek melakukan lebih dari satu pekerjaan.

Manfaatkan Internet

smartfren unlimited nonstop

Lebih kreatif menggunakan dan memanfaatkan internet. Karena dengan internet, kalian bisa menemukan banyak peluang untuk menghasilkan uang lho.

Karena kebutuhan internet sangat menjadi peranan penting untuk pekerjaan sambilan yang menghasilkan uang ini, Smartfren Unlimited Nonstop menjadi solusi yang pas.

Dengan menggunakan Smartfren Unlimited Nonstop, kalian bisa dapatkan Kuota Utama Besar dapet  6 GB dan bonus kuota lokal cuma Rp30 ribu selama 30 hari. Kamu juga masih bisa chatting, pesen ojol, belanja e-commerce dan transfer bank walau kuota habis. Menariknya lagi pulsa gak akan kepotong.

Kamu bisa mendapatkan paket lengkap Smartfren Unlimited Nonstop melalui gerai terdekat, Galeri Smartfren, Smartfren Official Store di e-commerce, aplikasi MySmartfren, atau tekan *123# di Hp kalian.

Ditambah lagi, kamu berkesempatan memenangkan hadiah total miliaran rupiah dengan cara perbanyak transaksi. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek di sini ya. 

Sebagai informasi, Smartfren Unlimited Nonstop bisa dibeli langsung di gerai ponsel terdekat, toko resmi Smartfren di platform e-commerce, aplikasi MySF, atau dengan menghubungi *123#.

Selain paket internet tersebut, Smartfren juga memiliki beragam layanan dengan keuntungan menarik lainnya. Informasi lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @smartfrenworld atau laman www.smartfren.com.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT