Dipublish pada Kamis, 9 Sep 2021 | 11:31

Kumpulan Tutorial iPhone dan Cara Memaksimalkan Fiturnya

cara memaksimalkan fitur iphoneFoto: Pexels

Seperti pada hp Android yang memiliki banyak fitur dan fungsi pada perangkat smartphone, iPhone pun dibekali dengan banyak fitur dan fungsi serupa. 

Artikel ini bertujuan untuk memberikan berbagai tips, tutorial, cara menggunakan dan memaksimalkan semua fitur-fitur menarik yang ada pada perangkat iPhone.

Perlu diperhatikan, tidak semua perangkat iPhone memiliki metode yang sama untuk mengaktifkan fitur-fitur tersebut, bahkan ada beberapa fitur tersembunyi yang tidak diketahui oleh sebagian besar pengguna iPhone tidak mengetahuinya.

Nah kalau Anda termasuk salah satu pengguna iPhone yang jarang sekali mengeksplor fitur-fitur yang ada pada smartphone Apple milik Anda tersebut, berikut tutorial lengkapnya.

Cara Screenshot di iPhone

cara menggunakan fitur iphoneFoto: Apple

Untuk melakukan screenshot pada iPhone, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan, tergantung dari model perangkat yang Anda gunakan.

Cara screenshot di iPhone yang memiliki Face ID, Anda hanya perlu menekan tombol yang ada pada sisi kanan smartphone, secara bersamaan dengan tombol volume naik (+).

Kalau Anda masih memiliki iPhone model lama yang memiliki tombol Home fisik, cara untuk screenshot dapat dilakukan dengan dua cara, tergantung dari model iPhone yang Anda miliki.

Cukup dengan menekan tombol yang berada di sisi kanan smartphone secara bersamaan dengan tombol Home, makan screenshot sudah dapat dilakukan.

Bila model iPhone yang Anda gunakan memiliki tombol pada bagian atas, lakukan hal yang sama untuk membuat screenshot-nya.

Hasil screenshot akan muncul pada sisi kiri bawah layar dan Anda dapat menyimpan atau mengeditnya dengan menambahkan gambar atau teks.

Cara Screenshot Full Page di iPhone

cara menggunakan fitur iphoneFoto: Apple

Screenshot full page atau halaman penuh, dapat Anda lakukan di perangkat iPhone dengan cukup mudah. Seperti pada cara sebelumnya, Anda bisa menlakukannya dengan kombinasi tombol.

Langkah pertama adalah membuka halaman website yang ingin Anda screenshot, lalu lakukan cara yang sama dengan sebelumnya. Setelah screenshot muncul di sudut kiri bawah, sentuh gambar tersebut.

Pilih opsi ‘Full Page’ pada menu yang muncul di layar iPhone, dan Anda bisa mengatur sendiri seberapa panjang halaman website yang ingin Anda Simpan, dengan menggerakkan kotak putih pada sisi kanan, ke bawah.

Untuk memotong sebagian dari screenshot, Anda bisa menyentuh simbol ‘Crop’ pada kiri atas layar iPhone, lalu menggerakkan kotak putih pada bagian yang ingin disimpan, lalu sentuh ‘Done’.

Bila semua proses telah selesai dilakukan, Anda bisa menyimpan screenshot dengan menyentuh tombol ‘Done’ yang diikuti dengan tombol ‘Save as PDF’, pilih folder tujuan, dan akhiri dengan menyentuh tombol ‘Save’.

Cara Mengaktifkan eSIM pada iPhone

cara menggunakan fitur iphoneFoto: Apple

Pada perangkat iPhone XS dan yang paling baru setelahnya, Anda dapat menggunakan eSIM untuk terhubung dengan jaringan operator, tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik.

Tutorial cara mengaktifkan eSIM ini dapat dilakukan oleh pengguna kartu digital Smartfren, yang saat ini merupakan satu-satunya provider yang menawarkan eSIM di Indonesia.

Untuk mengaktifkan eSIM pada perangkat iPhone yang Anda gunakan, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan perangkat iPhone telah menggunakan iOS 12.1 atau yang paling baru.
  2. Lakukan aktivasi dengan tersambung pada Wi-Fi, atau sumber internet lainnya.
  3. Beli paket dari provider eSIM yang Anda gunakan.
  4. Setelah mendapatkan notifikasi dari provider, pilih ‘Add Cellular Plan’.
  5. Ikuti semua instruksi untuk aktivasi eSIM.
  6. Cara lainnya adalah dengan memindai QR Code yang dikirimkan oleh provider (bila ada).

Selain melakukan cara aktivasi eSIM di atas, terdapat cara lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan mengunduh aplikasi provider pada App Store, dan melakukan aktivasi eSIM melalui aplikasi tersebut.

Cara Merekam Layar iPhone

cara menggunakan fitur iphoneFoto: Apple

Bila Anda ingin merekam layar di iPhone, ada cara mudah yang bisa dilakukan yakni dengan menambahkan Screen Recording pada Control Center di perangkat iPhone Anda.

Untuk melakukan hal tersebut, masuk ke menu ‘Setting’ dan pilih ‘Control Center’. Setelah itu, scroll halaman ke bawah hingga Anda menemukan ‘Screen Recording’, dan sentuh tombol + berwarna hijau yang ada pada sisi kiri.

Untuk mulai merekam layar iPhone, pilih ‘Control Center’ pada menu drag down, dan sentuh ikon Screen Recording yang memiliki simbol bulat. 

Bila Anda ingin mengaktifkan atau mematikan mikrofon selama merekam layar, maka sebelum memulai, sentuh ikon Screen Recording dan tekan selama 2-3 detik.

Bila sudah selesai merekam layar iPhone, Kembali ke Control Center dan sentuh tombol Screen Recorning. Rekaman akan berhenti dan hasil rekamannya akan tersimpan di Photos.

Cara Menyembunyikan Halaman Home Screen di iPhone

cara menggunakan fitur iphoneFoto: Apple

Perangkat iPhone memungkinkan Anda untuk menyembunyikan halaman Home Screen yang tidak dibutuhkan, untuk membuat tampilan layar pada iPhone menjadi lebih ringkas dan bersih.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu menyentuh area kosong pada Home Screen hingga semua ikon pada Home Screen mulai bergoyang, lalu sentuh ikon titik-titik yang muncul pada bagian bawah layar.

Setelah muncul halaman edit Home Screen, Anda hanya perlu menyentuh simbol checklist hingga hilang, untuk menyembunyikan halaman Home Screen yang tidak diinginkan. Untuk mengembalikan halaman tersebut, cukup sentuh ikon lingkaran kosongnya.

Cara Mengganti Passcode iPhone

cara menggunakan fitur iphoneFoto: Apple

Selain Touch ID dan Face ID, perangkat iPhone juga dilengkapi dengan passcode sebagai salah satu opsi keamanan untuk mengakses perangkat dan mencegahnya digunakan oleh orang lain.

Sebagai salah satu langkah untuk menghindari bahaya, disarankan untuk mengganti passcode iPhone secara berkala. Bila Anda belum tahu cara mengganti passcode di iPhone, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan pada iPhone.
  2. Sentuh pilihan Face ID & Passcode atau Touch ID & Passcode tergantung model iPhone Anda.
  3. Pilih Change Passcode dan ketik Passcode lama Anda, lalu lanjutkan dengan mengetik Passcode yang baru.

Anda bisa memilih untuk menggunakan 6 angka pada passcode (Custom Numeric Code), kombinasi angka dan huruf (Custom Alhanumeric Code), atau passcode dengan 4 angka (4-Digit Numeric Code).

Setelah selesai, maka passcode iPhone Anda telah otomatis terganti.

Cara Menghapus Data Bila iPhone Hilang atau Dicuri

cara menggunakan fitur iphoneFoto: Pixabay

Musibah bisa datang kapan saja, entah karena kelalaian diri sendiri, atau karena ada orang jahat yang mencuri perangkat iPhone Anda. Untuk melindungi pengguna, Apple telah menyiapkan solusi keamanan dengan menghapus seluruh data pada perangkat iPhone.

Cara untuk menghapus data pada iPhone dapat dilakukan dengan mengakses menu ‘Setting’ dan pilih Face ID & Passcode atau Touch ID & Passcode, lalu ketik passcode Anda.

Setelah akses terbuka, scroll ke bawah dan aktifkan ‘Erase Data’. Dengan cara ini, bila pemegang iPhone Anda salah mengetik passcode sebanyak 10 kali, maka seluruh data pada iPhone Anda akan terhapus secara otomatis.

Itu lah berbagai tips, tutorial, cara menggunakan dan memaksimalkan semua fitur-fitur menarik pada perangkat iPhone yang bisa Anda lakukan.

Bila ini pertama kalinya bagi Anda menggunakan iPhone, maka Anda bisa membaca tutorial cara menggunakan iPhone untuk pemula pada artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT