Dipublish pada Kamis, 11 Nov 2021 | 14:33

Cara Internetan Tanpa Kabel Telepon

cara pasang internet tanpa kabel teleponFoto: Pexels

Koneksi internet merupakan hal pertama yang wajib dimiliki saat ini, berbagai kebutuhan mulai dari bekerja, belajar, dan aktivitas lainnya berawal dari internet. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan koneksi internet tanpa harus memasang kabel telepon.

Saat ini ada banyak cara membuat sambungan internet yang bisa kamu lakukan dengan langkah yang lebih simpel dan solutif tanpa menggunakan kabel telepon.

Cara Memasang Internet Tanpa Kabel Telepon

cara pakai internet di rumahFoto: Pexels

Kehadiran internet sangat membantu kehidupan masyarakat. Banyaknya cara yang bisa dilakukan untuk terhubung ke internet dan membuat segala urusan menjadi jauh lebih mudah, seperti menggunakan Mifi, router USB, Hhtspot dan lain sebagainya.

1. Menggunakan Modem Wifi

Banyak jenis istilah yang menyebutkan arti sebenarnya dari Modem Wifi, yang menjadi suatu alat untuk koneksi internet pribadi. Jika saat ini kamu banyak menemukan wifi yang terpasang di rumahan atau kantor dengan perangkat router maka, bukan itu yang kami maksud.

Modem wifi tanpa sambungan kabel telepon ini bentuknya lebih kecil dan beberapa ada yang portable sehingga kamu bisa membawanya kemana-mana tanpa kabel. Sebelum membeli, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

- Beli perangkat Mifi yang sesuai

Menggunakan Mifi atau Modem Wifi tidak sulit dan seperti membeli perangkat elektronik lainnya. Saat ini banyak perusahaan telekomunikasi yang mengeluarkan produk Mifi dengan berbagai ukuran dan spesifikasi.

Kamu harus pintar memilih beberapa perangkat yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari kapasitas koneksi, jenis jaringan, dan kartu yang akan digunakan pada Mifi tersebut. 

- Pilih harga yang sedang

Seperti membeli barang elektronik lainnya, kualitas barang biasanya ditentukan dengan harga dari barang tersebut. Di Indonesia produk Mifi dijual dengan berbagai variasi harga, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Untuk penggunaan standar seperti akses internet saja, cobalah untuk membeli Mifi dengan kisaran harga Rp 800 ribu sampai dengan Rp 1 juta. Produk modem dengan kisaran harga ini umumnya bisa memberikan kualitas pyang cukup baik. 

- Cari perangkat dengan koneksi jaringan terbaik

Banyak pengguna Mifi membeli barang tersebut dengan kebutuhan yang berbeda. Bahkan, setiap Mifi memiliki kemampuan menangkap sinyal yang berbeda, seperti sinyal 2G/3G/4G yang tersedia.

Kamu perlu memilih barang yang menyediakan semua layanan itu, sehingga semua kebutuhan internet akan terpenuhi dengan mudah. Hal ini tentunya juga akan memberikan pengaruh pada harga perangkat tersebut. 

- Cari kartu atau operator yang cocok

Biasanya, beberapa modem Wifi memiliki kekurangan tersendiri untuk menangkap sinyal sesuai dengan operator yang digunakan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari kartu operator yang cocok kemudian memasangkannya pada modem.

- Koneksikan pada perangkat

Untuk mulai menggunakan Mifi yang telah kamu beli dan pasangkan, setiap kartu atau operator yang digunakan harus diregistrasikan terlebih dahulu. Jika kamu sudah melakukannya biasanya hanya perlu untuk memasukan password yang ada pada layar Mifi kamu. 

2. Menggunakan Router USB

Koneksi internet khususnya wifi yang tidak stabil sering terjadi di rumah ataupun kantor. Kamu tidak perlu panik jika mengalami kondisi ini, hal yang harus dilakukan adalah dengan membeli router USB atau TP-Link di toko aksesoris komputer.

Berbeda dengan router wifi konvensional yang memerlukan sambungan kabel telepon, router USB hanya perlu disambungkan pada colokan USB pada komputer atau laptop yang akan digunakan, kemudian internet dapat dengan mudah diakses. Sebelum membeli, perhatikan hal-hal berikut ini.

- Beli dan pilih perangkat router USB yang sesuai

Untuk menggunakan USB Router maka kamu harus membeli perangkat yang sesuai. Kamu bisa mengunjungi toko peralatan komputer terdekat, kemudian beli TP-Link dan USB router yang sesuai. 

- Beli kabel untuk koneksi antara router dengan USB

Setelah membeli perangkat tersebut, selanjutnya adalah membeli kabel untuk dipasangkan antara router dengan USB. Kabel yang digunakan berbeda dengan kabel telepon, maka kamu harus membelinya khusus di toko aksesoris komputer. 

- Koneksikan ke perangkat

Langkah selanjutnya setelah kamu membeli beberapa perlengkapan adalah memasangkannya ke perangkat. Ada beberapa cara dan Langkah yang harus dilakukan, biasanya setiap komputer atau router yang akan disambungkan memiliki IP Adress yang berbeda.

Hal ini bisa kamu temukan di bagian TP-Link yang sudah dibeli sebelumnya, langkah untuk memasangkannya pun lebih mudah dan simpel. 

- Pilih menu quick setup di browser

Jika router sudah terhubung dengan perangkat, Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengkoneksikan internet. Cara ini cukup mudah karena kamu hanya perlu masuk ke browser dan masuk ke menu default TP-Linknya.

Setelah masuk, Langkah selanjutnya adalah pilih Quick Setup lalu klik internet access, secara otomatis perangkat akan terkoneksi ke internet. 

3. Menggunakan Hotspot Hp (Android/iOS)

Hal termudah yang bisa dilakukan saat kamu membutuhkan jaringan internet tanpa wifi adalah menggunakan hotspot. Untuk mendapatkan hotspot ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti mendapatkannya dari smartphone yang kamu gunakan.

Hotspot bisa diatur penggunaannya baik dari hp Android, maupun iPhone yang merupakan hp berbasis iOS. Untuk memulainya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Buka pengaturan pada smartphone

Untuk memulai koneksi internet melalui hotspot maka kamu harus membuka pengaturan pada smartphone terlebih dahulu. Di bagian pengaturan kamu harus mencari konektivitas dan jaringan internet. Cobalah untuk masuk ke menu tersebut untuk menemukan setting hotspot atau konektivitas. 

Atur nama hotspot dan password

Jika kamu sudah masuk ke pengaturan tersebut maka hal yang selanjutnya adalah mengatur nama hotspot. Biasanya settingan awal yang digunakan oleh perangkat adalah nama atau tipe handphone tersebut, kamu masih bisa menggantinya dengan nama yang diinginkan.

Setelah mengatur nama hotspot, maka langkah yang selanjutnya adalah menentukan password. Ada hal yang harus diperhatikan Ketika mengatur password untuk koneksi hotspot seluler. Gunakanlah password yang sedikit lebih sulit untuk menjaga jika ada yang membobol hotspot kamu. 

Selalu pantau sambungan hotspot

Jika kamu sudah terbiasa dan mengandalkan jaringan hotspot untuk menggunakan internet, hal yang harus dilakukan adalah memantau koneksinya. Pastikan jika kamu selalu mematikan sambungan setelah selesai menggunakannya. Jangan lupa cek perangkat apa saja yang tersambung dan pastikan tidak ada yang asing.

Hotspot bergantung pada kuota internet kamu

Perlu diketahui bahwa untuk mengaktifkan hotspot maka kamu akan menggunakan kuota data pada smartphone. Hal ini harus diperhatikan khususnya jika kuota internet kamu sudah berkurang maka, penggunaan pada penyambungan hotspot harus mulai dikurangi.

Penggunaan hotspot untuk komputer dekstop atau laptop akan memakan jumlah kuota internet yang lebih banyak. 

Sudah Siap Mencoba?

Solusi untuk menggunakan wifi saat ini sangat mudah dilakukan bahkan tanpa kabel telepon sekalipun. Beberapa Langkah di atas bisa dilakukan oleh siapa pun, kamu hanya membutuhkan perangkat yang sesuai jika dibutuhkan. Selamat mencoba, ya!

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT