Dipublish Pada Jumat, 26 Apr 2024 | 13:56

11 Tips Membeli Mobil Secara Online dengan Aman

Perkembangan teknologi kini memungkinakan kita untuk membeli mobil langsung dari rumah melalui layanan marketplace. Bukan hanya itu, tidak jarang juga beberapa dealer penjual mobil menawarkan produknya melalui akun media sosial.

Namun seperti halnya datang langsung ke dealer, membeli mobil impian secara online juga perlu beberapa pertimbangan tertentu, khususnya bagi Anda yang belum memiliki pengalaman sebelumnya.

Tips Membeli Mobil Secara Online

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membeli kendaraan baru seperti beli mobil online di beberapa situs jual beli kendaraan. Sayangnya, terkadang masih ditemukan beberapa pembeli yang mengalami kekecewaan karena tidak memperhatikan detail produk tersebut.

Terdapat dua cara membeli mobil secara online, yakni langsung kepada pemilik kendaraan, atau melalui platform jual beli mobil dan akun-akun jual beli di media sosial. Namun masih banyak orang yang ragu untuk melakukan transaksi.

Hal tersebut terjadi karena maraknya berbagai macam modus penipuan online, sehingga calon pembeli menjadi lebih berhati-hati ketika akan bertransaksi. Meski begitu, tidak sedikit juga penjual mobil online yang jujur dan terpercaya. Nah, berikut tips membeli mobil secara online yang aman.

1. Cek Situs Tempat Penjualan Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan Ketika akan membeli mobil dengan cara online adalah melakukan pengecekan situs yang akan digunakan. Bila melalui media sosial, cek juga reputasi seller-nya dengan banyak bertanya di komunitas atau grup-grup otomotif.

Jika Anda memang terbiasa untuk membeli kendaraan online mungkin tidak akan ada masalah dalam hal ini. Berbeda jika ini merupakan kali pertama, maka review atau melakukan kroscek situs yang digunakan menjadi hal penting untuk meningkatkan kepercayaan.

Bila situs menggunakan domain sendiri, pastikan Anda mengeecek legalitas perusahaan. Bila penjual menggunakan layanan marketplace, pastikan Anda melihat rating toko dan membaca komentar-komentar pembeli lainnya.

Bertransaksi melalui marketplace jauh lebih aman karena biasanya penyedia layanan ini memiliki sistem proteksi untuk pembeli bila terindikasi mengalami penipuan dari penjual-penjual nakal.

2. Perhatikan Review dari Pembeli Sebelumnya

Melanjutkan tips sebelumnya, Anda juga perlu memperhatikan review atau ulasan pelanggan sebelumnya. Pada beberapa situasi, keberadaan ulasan ini menjadi cukup vital dan penting sebagai bahan pertimbangan sebelum bertransaksi.

Biasanya, pengguna di beberapa situs akan diberikan kebebasan untuk memberikan penilaian atas transaksi yang pernah dilakukannya. Review dari pelanggan akan memberikan bukti yang lebih relevan dan jujur.

Beberapa website saat ini sering memberikan informasi mengenai situs penjualan kendaraan online terbaik. Anda bisa melihat melalui sumber tersebut untuk menemukan bukti paling signifikan dan terpercaya.

Situs terbaik akan menyediakan kontak pelanggan atau cara untuk terhubung dengan pelanggan yang telah membeli, sehingga Anda bisa berinterkasi seperti mengajukan pertanyaan.

3. Perhatikan Identitas Penjual

Di aplikasi jual beli mobil secara online biasanya terdiri atas penjual, pembeli, dan aplikasi itu sendiri sebagai pihak ketiga. Sebelum membeli, ada baiknya jika Anda memperhatikan identitas penjual yang menawarkan produk di sana.

Tidak semua aplikasi akan memberikan rekomendasi untuk penjual yang sudah terpercaya. Biasanya, Anda harus memperhatikan status yang dimiliki oleh penjual tersebut.

Untuk mengetahui status penjual Anda perlu melakukan kontak secara online terlebih dahulu. Seperti menanyakan alasan mengapa dirinya menjual kendaraan tersebut jika sudah bekas. Terlebih lagi jika penjual bisa diajak untuk bertemu langsung dan bertatap muka.

4. Pastikan Ada Layanan Pelanggan

Berbeda dengan Ketika Anda membeli kendaraan secara langsung, membeli mobil secara online menuntut Anda untuk mencari layanan pelanggan bila terjadi masalah selama bertransaksi.

Fungsi utama dari layanan pelanggan yang disediakan adalah untuk menjamin jika semua proses bertansaksi akan selalu aman dan nyaman. Jika Ada kendala maka bisa ditanyakan langsung ke bagian customer service, contohnya pada marketplace.

5. Hubungi Penjual untuk COD

Setelah Anda menghubungi penjual secara online melalui aplikasi, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah bertemu secara langsung. Ketika melakukan pertemuan, Anda perlu meminta kendaraan tersebut untuk dibawa.

Hal ini sangat penting untuk menjamin semua review dan pertanyaan yang dimiliki pembeli dapat terjawab dengan cepat dan tepat. Jika penjual tidak bersedia untuk melakukannya dengan alasan yang tidak masuk akal, hal ini perlu untuk diwaspadai.

Berbeda situasinya jika lokasi penjual memang berada jauh dari lokasi Anda, misalnya di kota yang berbeda. Untuk hal ini, ada baiknya jika melakukan filterisasi pencarian dengan mengatur hanya penjual dengan lokasi terdekat dengan Anda saja yang ditampilkan.

6. Cek Besaran KM yang Terpakai

Setiap kendaraan memiliki masa pakai tertentu untuk dikatakan sebagai mobil yang masih sehat. Untuk kendaraan khususnya mobil, biasanya akan dinilai berdasarkan besaran KM yang dimilikinya.

Banyak penjual yang melakukan kelicikan dengan cara mengecilkan besaran KM dari kendaraan yang akan dijual. Hal yang perlu Anda lakukan, adalah mendatangi bengkel resmi untuk mengecek besaran KM.

7. Kroscek Mesin, Eksterior dan Interior

Pengguna sering merasa tertipu ketika menemukan beberapa fakta yang tidak enak dari kendaraan yang dibelinya. Hal ini menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Anda bisa melakukan kroscek pada beberapa bagian kendaraan untuk memastikannya.

Contohnya, Anda perlu melakukan kroscek pada mesin kendaraan, termasuk kondisi eksterior dan interiornya. Hal ini akan memakan waktu lama, jadi lakukan dengan teliti dan menyeluruh, ya.

8. Lakukan Test Drive

Perlu diketahui bahwa test drive merupakan salah satu cara yang tepat untuk memastikan kualitas kendaraan. Anda bisa menemukan beberapa fakta yang sesungguhnya setelah mengendarai mobil tersebut.

Penilaian bisa Anda dapatkan berdasarkan feeling saat mencoba mobil tersebut secara langsung di jalanan. Dengan melakukan ini, maka Anda akan jadi lebih mengenal kondisi mobil yang akan dibeli, terutama untuk mobil bekas.

9. Coba untuk Bernegosiasi

Melakukan negosiasi ketika membeli kendaraan menjadi hal penting untuk menjamin Anda tidak mengalami kerugian. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, salah satunya adalah memperhatikan harga pasaran mobil tersebut.

Terkadang beberapa oknum penjual nakal melakukan kelicikan dengan cara menaikan harga kendaraan jauh di atas harga pasar. Ini sangat merugikan, terutama untuk pembeli yang tidak waspada dan belum melakukan riset.

Negosiasi secara online juga biasanya tersedia. Hal ini setidaknya menjadi pintu pertama yang menjadi penjamin untuk menemukan mobil dengan harga yang pas sesuai budget.

10. Usahakan untuk Membayar Secara Cash

Bagi Anda yang tidak menggunakan platform marketplace dengan fitur penjamin keamanan transaksi. Maka bisa memilih opsi untuk bertemu langsung dengan penjual dan membayar secara cash atau tunai.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa membeli barang khususnya kendaraan secara online tidak selalu aman. Ada beberapa faktor yang memberikan pengaruh pada keamanan Anda, seperti metode pembayaran yang dilakukan.

Jika Anda memang memutuskan untuk membeli kendaraan secara online, hal yang harus dilakukan adalah mencoba untuk membayar dengan cara cash saat pertemuan.

Metode pembayaran ini terkesan menghabiskan waktu karena Anda membeli kendaraan secara online. Namun langkah ini merupakan metode paling aman yang bisa Anda lakukan Ketika akan membeli mobil secara online.

11. Cek Foto Mobil yang Dijual

Banyak ditemukan penjual yang menjual kendaraannya dengan memajang foto yang tidak sesuaui dengan kondisi mobil tersebut. Bisa saja foto lama, atau foto saat mobil terebut pertama kali dibeli.

Selain itu, tidak sedikit pula ditemukan penjual-penjual nakal yang memang berniat untuk menipu dengan memajang foto mobil milik orang lain. Sebelum membeli ada baiknya jika Anda memperhatikan detil produk dan melakukan pertemuan langsung dengan penjual kendaraan. 

Nah, semoga artikel ini bisa membantu Anda ya, selamat mencoba!

Content Writter

1607 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.