Dipublish pada Selasa, 1 Okt 2024 | 11:47

Apakah Samsung Galaxy Watch 7 Layak Dibeli? Simak Alasannya

fitur Samsung Galaxy Watch 7

Sejak hadir ke Indonesia pada bulan Juli 2024 lalu, Samsung Galaxy Watch 7 memiliki berbagai fitur yang membuatnya menarik bagi banyak orang sampai saat ini.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli smartwatch ini, ada baiknya simak artikel ini hingga usai untuk mengetahui berbagai keunggulannya! 

Smartwatch ini hadir dengan pilihan warna yang menarik mulai dari Samsung Galaxy Watch 7 Cream, Samsung Galaxy Watch 7 Green, hingga Samsung Galaxy Watch 7 Silver, smartwatch ini juga menjanjikan berbagai spesifikasi dan fitur yang sangat lengkap!

Kelebihan Samsung Galaxy Watch 7

Mari kita ulas lebih jauh apa saja kelebihan dari smartwatch ini, sehingga layak untuk menjadi pilihan Anda!

1. Prosesor yang Efisien

Samsung Galaxy Watch 7 dilengkapi dengan prosesor Exynos W1000 yang memiliki 5 core dengan ukuran 3nm. Prosesor ini memastikan penggunaan daya yang lebih hemat sehingga Anda bisa menggunakan smartwatch ini lebih lama tanpa harus sering mengisi daya. 

Prosesor Samsung Galaxy Watch 7 ini juga mampu menjalankan berbagai aplikasi olahraga dan kesehatan dengan smooth, memberikan pengalaman penggunaan yang akan membuat Anda terkesan.

2. Desain Premium

fitur Samsung Galaxy Watch 7

Dari sisi desain, Samsung Galaxy Watch 7 membawa kesan premium karena dibuat dari bahan Armor Aluminum dan bagian layarnya dilindungi oleh Sapphire Glass. Kaca tersebut tidak hanya memberikan perlindungan maksimal, tetapi juga membuat jam tangan terlihat lebih elegan. 

Smartwatch ini hadir dalam dua ukuran, yakni 44mm dan 40mm, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan ukuran pergelangan tangan Anda. Layar AMOLED pada varian 44mm memiliki ukuran 1.47 inci dengan resolusi 480x480, menghasilkan kerapatan piksel 327 PPI. 

Sementara itu, untuk varian 40mm layarnya berukuran 1.31 inci dengan resolusi 432x432, menghasilkan 330 PPI. Keduanya menawarkan tingkat kecerahan hingga 2,000 nits, sehingga layar tetap terlihat jelas bahkan ketika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari. 

3. Memori Besar

Kapasitas RAM 2GB dan memori internal sebesar 32GB rasanya lebih dari cukup karena Anda bisa menyimpan lebih banyak data, aplikasi, hingga file musik tanpa khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan. Selain itu, manfaat dari memori besar ini adalah membantu kinerja smartwatch responsif dan cepat saat Anda berpindah antar aplikasi.

4. Konektivitas dan Sensor yang Lengkap

Samsung Galaxy Watch 7 tidak hanya dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth 5.0, tetapi juga disematkan fitur NFC yang sangat bermanfaat. Selain itu, fitur kesehatan yang dimiliki juga sangat lengkap, mulai dari pengukur detak jantung (HR), deteksi detak jantung tidak teratur (IHRN), hingga fitur ECG dan tekanan darah (BP). 

Ada juga sensor untuk mengukur oksigen dalam darah (SpO2), suhu, serta fitur untuk mendeteksi sleep apnea. Bahkan, Galaxy Watch 7 juga memiliki beberapa sensor penting lain seperti akselerometer 32G, gyroscope, barometer, kompas, serta sensor cahaya ambient. Semua fitur itu disematkan agar bisa membantu Anda mendapatkan data kesehatan yang lebih lengkap dan akurat.

5. Baterai Tahan Lama

fitur Samsung Galaxy Watch 7

Galaxy Watch 7 hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Varian 44mm memiliki baterai dengan kapasitas 425mAh, sementara untuk varian 40mm dilengkapi dengan baterai berkapasitas 300mAh. 

Kedua kapasitas baterai tersebut sangat cukup untuk menemani di setiap aktivitas harian Anda, bahkan daya tahan baterai bisa lebih lama apabila Anda tidak terlalu sering menggunakan fitur berat seperti GPS atau monitor kesehatan secara terus-menerus.

Hal menarik lainnya, Samsung juga memberikan WPC wireless charging dengan dukungan fast charging, yang membuat pengisian daya menjadi lebih cepat dan sangat praktis. Setelah beberapa menit Anda melakukan pengisian, smartwatch ini sudah bisa digunakan kembali.

6. Tangguh di Berbagai Kondisi

Samsung Galaxy Watch 7 juga dilengkapi dengan rating 5ATM dan IP68, yang berarti perangkat ini tahan terhadap air hingga kedalaman 50 meter. Fitur ini tentu cocok bagi Anda yang suka olahraga berenang.

Selain itu, perangkat ini juga memenuhi standar MIL-STD-810H, yang berarti tahan terhadap guncangan, debu, dan kondisi ekstrim lainnya. Anda bisa mengenakan Galaxy Watch 7 dalam berbagai kondisi maupun situasi, tanpa khawatir perangkat ini akan rusak.

7. Fitur Inovatif

Salah satu fitur yang diperkenalkan pada Galaxy Watch 7 adalah Magical Pinch, fitur ini memungkinkan Anda untuk menavigasi smartwatch hanya dengan gerakan jari di udara.  Tentu, akan memudahkan Anda ketika sedang sibuk atau tidak bisa menyentuh layar secara langsung. 

Selain itu, fitur Smart Reply juga hadir untuk memudahkan Anda membalas pesan dengan cepat menggunakan respon otomatis. Fitur lain yang menarik adalah High Accuracy Dual GPS yang memberikan akurasi tinggi dalam pelacakan lokasi, sangat bermanfaat apabila Anda suka berolahraga di luar ruangan seperti aktivitas lari ataupun bersepeda.

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 1.3 inch
Screen resolution 432 x 432 Pixel
Display Technologies Super AMOLED
ROM 32 GB
Processor -
Sensors Accelerometer, Heart Rate, Barometer, Compass, Gyroscope
OS One UI Watch 6
NFC Ya
Dimension 44.4 x 44.4 x 9.7 mm
Weight 33.8 g
Band Size 40 mm
Battery Life 10 Hr
Material Alumunium
Battery Capacity 425 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Jadi, dengan berbagai keunggulan dan fitur yang ditawarkan, apakah Samsung Galaxy Watch 7 ini layak dibeli? Jawabannya adalah tentu saja! Apalagi jika Anda mencari smartwatch yang mempunyai fitur kesehatan lengkap, dengan baterai yang tahan lama, serta dari sisi tampilan terlihat premium sehingga bisa menunjang penampilan Anda. 

Dengan pilihan warna Cream, Green, dan Silver, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan gaya maupun outfit Anda. Samsung Galaxy Watch 7 merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan smartwatch canggih dengan banyak fitur yang mendukung aktivitas sehari-hari!

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT