Dipublish pada Kamis, 5 Sep 2024 | 20:46

Canon EOS R5 Mark II, Kamera Mirrorless Hybrid Pro untuk Segala Kebutuhan

harga canon eos r5 mark 2

Canon melalui PT Datascrip, resmi meluncurkan Canon EOS R5 Mark II yang hadir sebagai kamera mirrorless "hybrid". Kamera yang membawa berbagai peningkatan signifikan dari generasi sebelumnya ini dirancang untuk berbagai kalangan, mulai dari fotografer profesional hingga kreator konten.

Melalui acara peluncuran yang digelar di Jakarta pada Kamis (5/9), Monica Aryasetiawan selaku Canon Business Unit Director di PT Datascrip, mengatakan bahwa masa depan fotografi dan videografi akan berpatokan dengan teknologi inovatif dari Canon EOS R5 Mark II.

Lebih lanjut, Monica berkeyakinan bahwa Canon EOS R5 Mark II akan memicu kreatiivitas dan mendorong kreasi konten ke tingkat yang lebih tinggi. Menurutnya, kamera mirrorless Canon terbaru ini mewarisi fitur yang terbaik dari EOS R5 dan sudah ditingkatkan dengan fitur-fitur inovatif lainnya untuk membuat kamera ini jauh lebih unggul.

harga canon eos r5 mark 2

Peningkatan-peningkatan yang ditawarkan oleh Canon EOS R5 Mark II diantaranya adalah sensor full-frame BSI 45 MP, dengan Dual Pixel Intelligent AF, eye control AF, kecepatan pembacaan yang lebih cepat, dan berbagai fitur cerdas berbasis Deep Learning.

Canon EOS R5 Mark II mendukung teknologi autofokus Eye Control AF yang membantu pengguna memilih titik fokus menggunakan gerakan mata melalui Electronic View Finder (EVF). Kamera in dibekali dengan fitur-fitur AI untuk memperbesar resolusi gambar (upscaling) hingga 179 MP, denoising, dan autofokus.

Selain viewfinder elektronik dengan magnifikassi 0,76x, cakupan frame 100 persen, dan resolusi 5,76 juta dot, Canon EOS R5 Mark II memiliki layar sentuh LCD berukuran 3.2 inci (2.1 juta dot) dengan engsel fully articulated yang bisa diputar ke segala arah. 

Untuk dapat memproses jumlah data yang sangat besar dari sensor CMOS tumpuk full-frame back-illuminated yang baru, Canon EOS R5 Mark II dilengkapi dengan fitur Accelerated Capture System yang di dalamnya terdapat DIGIC Accelerator terbaru yang dipasangkan dengan prosesor gambar DIGIC X.

harga canon eos r5 mark 2

Fitur Accelerated Capture System ini memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk bisa menikmati pengambilan gambar berkecepatan tinggi, tanpa mengorbankan kualitas, karena fitur ini diklaim mampu mengurangi noise, bahkan pada penggunaan ISO 102.400.

Fitur artificial intelligence (AI) Deep Learning yang tersemat di Canon EOS R5 Mark II menggunakan jaringan neural kompleks dan algoritma canggih, yang ketika bekerja dengan Accelerated Capture System dan Dual Pixel Intelligent AF yang baru, mampu menghasilkan peningkatan dalam pengenalan dan kecepatan AF, pengurangan noise, peningkatan resolusi dalam kamera, serta auto exposure dan white balance yang diklaim lebih akurat.

Beberapa fitur lain pada Canon EOS R5 Mark II diantaranya:

  • Register People Priority: Mampu mendetaksi orang tertentu secara persisten dengan mendaftarkan wajahnya terlebih dahulu. Fitur ini bermanfaat ketika mengambil gambar di acara ramai seperti konser. Subjek diklaim dapat tetap terdeteksi meski menghadap ke samping.
  • Action Priority AF: Mode ini dapat mengenali gerakan yang menonjol dalam olahraga dan fokus pada momen penting. Kamera dapat menganalisis posisi bola, gerakan sendi, dan keberadaan berbagai subjek melalui deep learning. Fokus kamera secara otomatis dialihkan ke orang yang melakukan aksi tertentu secara instan.

Beralih ke fungsinya sebagai kamera video, Canon EOS R5 Mark II sanggup merekam hingga resolusi DCI 8K/ 30 fps atau 4K/ 60 fps, berikut format RAW dan HDR. Kamera ini juga menyediakan banyak sekali mode dan opsi perekaman standar industri film.

Selain itu, beberapa fitur sistem Cinema EOS yang berorientasi pada produksi profesional, juga disertakan untuk kebutuhan pembuatan film dan produksi video profesional. 

harga canon eos r5 mark 2

Footage (rekaman mentah) 8K resolusi tinggi yang diambil pada 60 fps, membuat pengguna dapat melakukan pemotongan, koreksi sudut, penyuntingan non-linier, dan penyesuaian kecepatan putar ulang video sebelum diekspor ke 4K atau Full HD.

Sementara opsi perekaman dalam format SRAW mampu mempertahankan semua kedalaman dan detail 12-bit RAW dalam separuh ukuran file. Ini cocok apabila pengguna tidak memerlukan 8K RAW, namun tetap memerlukan kebebasan dalam menggradasi warna dan pasca-pemrosesan.

Beberapa fitur video lainnya termasuk:

  • Slow Motion: Menampilkan adegan gerak lambat dalam kualitas 4K (hingga 5x lebih lambat) atau dalam Full HD (hingga 10x lebih lambat) dengan 4K 120p atau Full HD 240p.
  • Canon Log 2: Menghasilkan kualitas gambar seperti film, mempertahankan detail di area yang cukup terang hingga gelap, dan menghadirkan kontrol pencahayaan yang lebih baik dengan perubahan warna minimal.
  • Canon Log 3: Menangani gradasi warna dan menghasilkan noise yang berkurang di area gelap sekaligus mempertahankan rentang dinamis yang lebar.
  • Dual Shooting: Merekam video dalam Full HD 30p sekaligus mengambil foto 33.2 MP, sembari membidik secara beruntun hingga 7.5 fps. Fitur ini cocok untuk mengabadikan momen yang hanya terjadi satu kali, sehingga memastikan untuk mendapatkan dua hasil gambar berkualitas tinggi pada waktu yang sama.
  • Audio 4-saluran: Membantu pengguna untuk menggabungkan mikrofon eksternal, internal, dan mikrofon lainnya untuk berbagai situasi seperti wawancara, perekaman suara di sekitar, hingga memo suara dari operator kamera.

Canon EOS R5 Mark II memiliki bodi dan eksterior yang terbuat dari magnesium alloy ringan yang kedap debu dan tetesan air, dengan bobot 746 gram (termasuk baterai dan kartu memori). Penggunaan magnesium alloy ringan juga membantu penyerapan panas yang lebih baik sehingga kamera menjadi tangguh dan tahan lama.

Kebutuhan daya Canon EOS R5 Mark II datang dari baterai tipe LP-E6P yang diklaim memiliki daya tahan lebih lama bila dibandingkan dengan seri LP-E6. Sementara untuk menyimpan hasil foto dan video, terdapat dua slot memori CFexpress Type B dengan standar CFexpress 2.0, dan satu slot SD Card UHS-II.

harga canon eos r5 mark 2

Untuk konektivitas, terdapat HDMI full-size untuk output dan perekaman eksternal, serta konektor mikrofon dan headphone terpisah. Sementara konektivitas nirkabel terdapat teknologi Bluetooth Hemat Energi (BLE) 2,4GHz, Wi-Fi & Ethernet, serta image.canon Cloud.

Canon EOS R5 Mark II dibanderol dengan harga Rp 93.728.400 untuk body only, dan Rp 117.793.200 untuk paket pembelian dengan lensa RF24-105mm f/4L IS USM. Namun selama periode pre-order di tanggal 5 – 15 September 2024, kamera ini dijual dengan harga promo Rp 71.999.000 (body only) dan Rp 90.999.000 (dengan lensa RF24-105mm f/4L IS USM).

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT