Dipublish pada Kamis, 15 Des 2022 | 16:23

Canon EOS R6 Mark II, Hybrid Mirrorless Full Frame Resolusi 6K

Canon EOS R6 Mark II

Canon resmi luncurkan EOS R6 Mark II sebagai suksesor EOS R6 yang telah populer. EOS R6 Mark II hadir dengan menyuguhkan performa kecepatan dan kualitas gambar tinggi. Kamera terbaru Canon EOS R6 Mark II ini dihadirkan oleh Canon lewat PT Datascript dengan harapan mampu menjadi idaman bagi para fotografer yang memiliki kegiatan memotret dengan kebutuhan yang berat.

Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip menyatakan kehadiran EOS R6 Mark II mendobrak keterbatasan yang ada pada generasi sebelumnya. Kamera ini dirancang untuk kebutuhan profesional dengan teknologi terbaru yang memberikan keleluasaan berkreativitas baik foto atau videografi.

“Kemampuan videonya yang dapat merekam RAW 6K 60p, Canon Log 3, hingga perekaman slow motion High Frame Rate Full HD 180p, didukung dengan manajemen panas yang lebih baik. Bagi fotografer aksi cepat juga bisa mendapatkan foto beruntun dengan kecepatan 40 fps pada mode electronic shutter dengan AF/AE tracking, yang tercepat dalam sistem kamera EOS.” ucapnya.

EOS R6 Mark II dibekali dengan prosesor DIGIC X dan sensor gambar CMOS full-frame terbaru 24,2 megapiksel, lebih tinggi dari EOS R6 dengan 20,1 megapiksel. Sensor ini juga memiliki tingkat ketajaman yang melampaui resolusi visual 30,4 megapiksel dari EOS 5D Mark IV.

Canon menyatakan bahwa, sensor CMOS terbaru mereka ini juga memiliki tingkat ketajaman yang melampaui resolusi visual 30,4 megapiksel dari EOS 5D Mark IV. Kemampuan membidik di kondisi minim cahaya juga bisa diandalkan dengan rentang ISO hingga 102.400 untuk menghasilkan gambar yang minim noise.

Canon EOS R6 Mark II

Sebagai informasi, pihak Canon menyatakan bahwa EOS R6 Mark II ini menjadi kamera full-frame mirrorless Canon EOS seri R pertama yang memiliki fitur Focus Breathing Correction. Fitur ini diklaim mampu mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus. Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar terhadap transisi fokus yang sangat penting untuk ekspresi subjek.

Seperti ungkapan directur PT Datascrip sebelumnya, kamera ini dapat merekam RAW 6K 60p, Canon Log 3, hingga perekaman slow motion High Frame Rate Full HD 180p. Kemampuan besar tersebut juga didukung dengan manajemen panas yang lebih baik dibandingkan versi EOS R lainnya.

Canon EOS R6 Mark II juga dilengkapi dengan mode HDR Moving Subject Priority yang mampu memudahkan pengguna untuk membuat gabungan HDR dari subjek bergerak dengan efek sama hanya lewat satu bidikan.

Selain itu, kamera Canon terbaru ini juga dilengkapi dengan fitur Zebra Display untuk memudahkan pengaturan pola gambar bergaris dengan tingkat kecerahan tertentu. Kamera ini memiliki False Colour Function yang biasanya digunakan pada kamera Cinema EOS dan berfungsi untuk memudahkan pencahayaan dalam kondisi sulit.

Dua fitur video baru lain yang disuguhkan Canon lewat kamera EOS R6 Mark II ini adalah Pre-recording for movies yang membantu pengguna untuk menangkap momen yang terjadi hingga 5 detik sebelum tombol rekam ditekan. Kemudian, Mode Hybrid Auto, fitur ini merekam video 2-4 detik sebelum pelepasan rana saat pemotretan, dan secara otomatis menjadi file video pendek yang bisa dikompilasi menjadi konten yang menarik.

Canon EOS R6 Mark II

EOS R6 Mark II juga dapat melakukan video streaming atau rapat online dengan lancar karena telah mendukung UVC (USB Video Class) dan UAC (USB Audio Class). Fitur ini mampu mengirimkan data audio video kualitas tinggi Full HD 30p ke komputer Windows/Mac OS secara cepat dan real time.

Kecepatan transfer data melalui koneksi nirkabel juga meningkat berkat dukungan koneksi Wi-Fi 2.4GHz. Pengguna juga bisa menghubungkan kamera dengan smartphone melalui kabel USB untuk transfer data dan shutter release menggunakan aplikasi Camera Connect.

Transfer data ke server FTP juga bisa dilakukan melalui metode kabel dan nirkabel. Bodi EOS R6 Mark II yang menyediakan dua slot kartu SD ini dilapisi material tahan debu dan air sehingga dapat diandalkan saat pengambilan gambar di luar lapangan dengan kondisi tertentu.

Efisiensi penggunaan daya pada kamera ini juga meningkat. Baterai LP-E6NH dalam kondisi penuh dapat menghasilkan 760 foto pada mode Power Saving, lebih banyak dibanding dengan EOS R6 dengan 510 foto pada mode yang sama.

PT Datascrip memasarkan EOS R6 Mark II Bodi Only seharga Rp51.499.000. Harga Canon EOS R6 Mark II makin bertambah menjadi Rp56,99 juta jika ditambah dengan lensa RF 24-105mm F/4 – 7,1 IS STM.

Harga di atas merupakan harga normal yang diberikan PT Datascrip untuk pasar Indonesia. Menariknya, selama kurun waktu 15 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023 ada promo harga Canon EOS R6 Mark II dengan angka yang menarik. Selama periode itu harga Canon EOS R6 Mark II dibanderol di angka Rp44,99 juta dan menjad Rp49,99 juta jika ditambahkan dengan lensa.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT