Dipublish Pada Senin, 5 Agu 2024 | 13:40

NVIDIA Hadirkan AI Generatif dan Layanan Mikro NIM Untuk OpenUSD

NVIDIA baru saja mengumumkan kemajuan besar dalam teknologi Universal Scene Description (OpenUSD). Teknologi ini akan memperluas penggunaan data 3D di berbagai bidang seperti robotika, desain, dan teknik industri. Hal ini memungkinkan pengembang untuk menciptakan dunia virtual yang sangat akurat, yang penting untuk pengembangan kecerdasan buatan (AI) di masa depan.

Dengan bantuan AI generatif baru dan teknologi OpenUSD yang ada di platform NVIDIA Omniverse™, industri kini bisa membuat aplikasi yang lebih baik untuk visualisasi desain dan rekayasa. Teknologi ini juga memungkinkan simulasi lingkungan yang membantu membangun robot dan AI fisik generasi berikutnya.

NVIDIA memperkenalkan layanan baru bernama NVIDIA NIM™, yang dapat membantu pengembang menghasilkan bahasa OpenUSD, menjawab pertanyaan, membuat kode Python OpenUSD, serta menerapkan material pada objek 3D. Teknologi ini juga memahami ruang 3D dan fisika, yang mempercepat pembuatan digital twin—versi digital dari objek atau lingkungan nyata.

Rev Lebaredian, Wakil Presiden Omniverse dan teknologi simulasi di NVIDIA, mengatakan, “Dengan kemajuan dan aksesibilitas yang dihadirkan oleh layanan mikro NVIDIA NIM ke OpenUSD, berbagai industri kini dapat membangun dunia virtual berbasis fisik dan digital twin untuk mendorong inovasi.”

AI Generatif untuk OpenUSD

NVIDIA juga meluncurkan model AI generatif pertama untuk OpenUSD, yang tersedia melalui layanan mikro NVIDIA NIM. Model ini memungkinkan pengembang untuk menambahkan AI generatif ke dalam alur kerja OpenUSD, memperluas kemungkinan dalam dunia 3D, dan mempercepat adopsi OpenUSD di berbagai sektor industri seperti manufaktur, otomotif, dan robotika.

  • USD Code NIM: Menjawab pertanyaan tentang OpenUSD dan menghasilkan kode OpenUSD-Python.
  • USD Search NIM: Memungkinkan pencarian data OpenUSD dan 3D dengan bahasa alami atau input gambar.
  • USD Validate NIM: Memeriksa kompatibilitas file dengan versi OpenUSD dan menghasilkan gambar yang sepenuhnya dirender RTX.

Layanan mikro NIM lainnya yang akan segera tersedia termasuk USD Layout NIM, USD SmartMaterial NIM, fVDB Mesh Generation NIM, fVDB Physics Super-Res NIM, dan fVDB NeRF-XL NIM.

Foxconn dan WPP adalah beberapa perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi NVIDIA ini. Foxconn menggunakan layanan mikro NIM dan Omniverse untuk membuat digital twin dari pabrik mereka, sementara WPP menggunakan layanan USD Search dan USD Code NIM untuk produksi konten berkemampuan AI generatif.

NVIDIA juga meluncurkan konektor USD baru untuk format data robotika dan streaming ke Apple Vision Pro, membuka peluang interoperabilitas OpenUSD ke lebih banyak industri. Kolaborasi dengan Siemens akan memperluas penggunaan OpenUSD dalam industri otomasi dan simulasi.

NVIDIA juga memperkenalkan kit pengembangan perangkat lunak OpenUSD Exchange, yang memungkinkan pengembang membangun konektor data OpenUSD mereka sendiri, serta alat pengembang dan API baru untuk streaming data OpenUSD ke Apple Vision Pro.

Steve May, CTO Pixar dan ketua Alliance for OpenUSD (AOUSD), mengatakan, “OpenUSD merevolusi cara kami membuat dan berinteraksi dengan konten 3D. Dengan layanan dan API baru dari NVIDIA, kami berharap dapat melihat percepatan pertumbuhan dan adopsi USD, membuka jalan bagi pengguna dan industri baru untuk lebih mudah terlibat dengan ekosistem kami.”

Dengan inovasi ini, NVIDIA terus memimpin dalam pengembangan teknologi 3D, membawa berbagai industri menuju masa depan yang lebih terhubung dan cerdas.

Content Writter

1789 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.