Dipublish pada Rabu, 10 Jul 2024 | 17:01

Fitur Baru Kaspersky Who Calls, Bisa Memblokir Nomor Telepon Tidak Dikenal

kaspersky blokir nomor tak dikenalFoto: Pexels

Kaspersky Who Calls memberikan pembaruan pada aplikasinya, yaitu fitur untuk memblokir nomor telepon tidak dikenal, yang memungkinkan pengguna menghindari spam dan beragam jenis penipuan yang menggunakan metode panggilan telepon.

Penipuan yang menggunakan panggilan telepon sebagai metode aksinya, bukan hanya terjadi di Indonesia. Laporan Kaspersky menyebutkan bahwa penipuan jenis ini juga kerap terjadi di Malaysia, Inggris, Singapura, Australia, dan banyak negara lainnya.

Fitur baru Kaspersky Who Call ini akan secara otomatis memblokir panggilan masuk dari nomor yang tidak tersimpan di dalam daftar kontak dan nomor tersembunyi (unknown caller). Selain memblokir, fitur ini juga dapat mengingatkan pengguna tentang asal panggilan tersebut.

kaspersky blokir nomor tak dikenalFoto: Kaspersky

Pengguna juga dapat mengatur opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi. Jika nomor yang diblokir dikaitkan dengan entitas yang dikenal seperti bank, pusat kesehatan, perusahaan layanan konsumen, dll., informasi ini akan disertakan dalam pemberitahuan pop-up

Hal ini memastikan bahwa pengguna tetap mendapat informasi tentang siapa yang mencoba menghubungi mereka, sehingga meningkatkan kontrol dan keamanannya. Fitur baru ini sudah tersedia di aplikasi Kaspersky Who Calls versi berbayar.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna perlu membuka aplikasi dan masuk ke 'Pengaturan' → pilih 'Panggilan masuk' → gulir ke 'Kategori spam”. Opsi untuk memblokir panggilan dari nomor tak dikenal hanya tersedia untuk platform Android.

Wakil Presiden Pemasaran Produk Konsumen di Kaspersky, Marina Titova berharap fitur ini dapat menjadi solusi praktis dan ramah, yang meningkatkan kontrol privasi, serta menjaga interaksi sehari-hari agar tetap aman tanpa gangguan.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT