Dipublish pada Jumat, 10 Nov 2023 | 11:20

Galaxy Buds FE Jadi TWS Anti Maling, Mudah Dicari dengan Fitur SmartThings!

Galaxy Buds FE

Hadirnya Galaxy Buds FE merupakan tambahan yang sempurna untuk melengkapi perangkat Galaxy S23 FE dan Galaxy Tab S9 FE di jajaran Samsung Galaxy Fan Edition.

Dengan desain in-ear, earbud ini tidak hanya memberikan kenyamanan dalam penggunaan yang lama tetapi juga membantu memblokir kebisingan secara pasif, menciptakan lingkungan mendengarkan yang tenang.

Galaxy Buds FE menyediakan beberapa fitur tambahan untuk menunjang penggunaan sehari-hari yang salah satunya adalah mode Active Noise Cancelling atau ANC. Dengan mode ini, Galaxy Buds FE bisa membantu meredam suara sekitar sehingga pengalaman mendengarkan musik jadi lebih baik.

Fitur menarik lain yang diusung oleh Galaxy Buds FE adalah mode Ambient Sound di mana kami bisa jadi lebih awas dengan suara dari lingkungan sekitar maupun suara kami sendiri. Mode ini sangat cocok digunakan ketika sedang ingin mengobrol dengan orang lain tanpa perlu mencopot earbudnya.

Galaxy Buds FE

Terdapat aplikasi pendamping Galaxy Wearable untuk perangkat Android yang berfungsi mengatur Galaxy Buds FE secara lebih mendalam seperti kontrol sentuhan, kontrol mode suara, hingga equalizer.

Ada beberapa jenis sentuhan yang bisa dilakukan di Galaxy Buds FE yakni satu ketuk untuk menyetop ataupun memainkan musik, dua kali ketuk untuk musik selanjutnya, tiga kali ketukan untuk musik sebelumnya, hingga sentuh lalu tahan untuk mengubah mode suara ke ANC ataupun Ambient Sound.

Respon kontrol sentuhan ini terasa responsif, jarang kami gagal dalam melakukan gestur sentuhan ini. Hanya saja untuk tiga kali ketukan jari, kami harus agak konsentrasi untuk memastikan jumlah ketukannya sesuai agar fungsi berjalan semestinya.

Keluaran suara yang dihasilkan oleh Galaxy Buds FE dapat diubah melalui menu Equalizer di Galaxy Wearable namun kita hanya bisa memilih dari preset yang sudah ada aja seperti Bass Boost dan Trebble Boost.

Galaxy Buds FE

Jika Galaxy Buds FE yang digunakan tersambung ke handphone Samsung, kita bisa memanggil asisten Bixby cukup dengan menyebut “Hi, Bixby”. Selanjut tinggal memberi perintah suara misal “What time is it” untuk diinfokan waktu saat ini atau “Play workout music” untuk memainkan musik olahraga melalui layanan musik yang kompatibel seperti Spotify atau Samsung Music.

Menariknya lagi melalui aplikasi SmartThings, posisi Galaxy Buds FE bisa dengan mudah dilacak jika kita lupa dimana meletakkannya. Earbud-nya pun bisa berbunyi untuk mempermudah pencarian.

Selain itu ada fitur lain seperti Lost Mode yang bisa membantu ketika Galaxy Buds FE-nya hilang dan ditemukan oleh orang lain atau bisa dibilang Galaxy Buds FE ini anti maling.

Sebagai sumber energinya, Galaxy Buds FE menggunakan baterai berkapasitas 479 mAh. Ketika kami gunakan untuk mendengarkan musik secara nonstop, earbud nirkabel yang satu ini tahan sekitar 6 jam 30 menit dari baterai level 100% ke 10%.

Galaxy Buds FE

Daya tahan baterainya tergolong cukup tangguh walau agak lebih rendah dari pengetesan Samsung yang disebut bisa mencapai 8 jam. Pengetesan baterai ini kami lakukan dengan tidak menggunakan mode ANC maupun Ambient Mode, tentunya jika fitur itu diaktifkan maka daya baterai akan lebih cepat habis.

Klaim yang diberikan Samsung terkait ketahanan baterai, Galaxy Buds FE jika dikombinasikan dengan baterai dari case-nya disebut mampu bertahan hingga 30 jam. Dari hasil uji penggunaan, pengisian daya baterai earbud yang kami lakukan melalui pin kontak di dalam case membutuhkan waktu sekitar 1 jam 14 menit untuk mengisi baterai earbud dari kosong hingga 100% .

Selain untuk call dan mendengarkan musik, TWS juga kerap digunakan untuk streaming film dan series ataupun main game. Maka dari itu, ketahanan baterai TWS juga penting supaya pengguna bisa menikmati tontonan dan permainan dengan maksimal tanpa terganggu TWS yang mati di tengah jalan.

Menariknya, Galaxy Buds FE hadir dengan ketahanan baterai paling lama dari seluruh lini Galaxy Buds yang pernah ada untuk menemani pengguna berjam-jam nonstop.

Galaxy Buds FE

Total, dari hasil uji yang sudah selama masa penggunaan kami mendapatkan waktu pemakaian hingga 26 jam tentunya dengan mengaktifkan ANC pada Galaxy Buds FE sebelum harus kembali mengecas case.

Hasil tersebut juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Galaxy Buds2 (5 jam dan 20 jam secara total dengan case) dan Buds2 Pro (5 jam dan 18 jam secara total dengan case). Pengisian daya case Galaxy Buds FE hanya bisa dilakukan melalui kabel Type-C, tidak mendukung wireless charging.

Dengan harga hanya Rp1.399.000, menurut kami Samsung Galaxy Buds FE adalah earbud nirkabel yang sangat mumpuni dengan berbagai fitur bermanfaat dan kualitas speaker serta perekaman suara yang memuaskan.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT