Dipublish pada Jumat, 20 Agt 2021 | 19:10

Resmi Dirilis, Harga Hyundai STARIA Dibanderol Mulai 880 Juta

Hyundai STARIAFoto: Hyundai

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan mobil multi-purpose vehicle (MPV) terbaru di Indonesia. Hadir dengan seri STARIA, mobil ini menawarkan desain eksterior premium serta kenyamanan interior.

Desain eksterior terinspirasi dari pesawat luar angkasa dengan interior yang  dimaksimalkan dengan pemanfaatan ruang kabin secara menyeluruh dan pengaturan kursi  penumpang yang fleksibel, sangat cocok untuk digunakan sehari-hari.

STARIA hadir dengan dua  jenis pilihan yaitu STARIA Signature 7 (7-seater) dan STARIA Signature 9 (9-seater). Berikut beberapa fitur unggulan dari Hyundai STARIA.

Desain Eksterior

Hyundai STARIA
Bagian depan STARIA memberikan tampilan grille yang diperkuat dengan LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan positioning lamps yang berada di sepanjang sisi kendaraan. 

Lampu depan LED projector ditempatkan di setiap sisi grille. STARIA dilengkapi dengan roda atau alloy wheels 18-inci dengan nuansa Dark Chrome dan Tinted Brass  Chrome yang juga terletak pada grille depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem,  dan gagang pintu. 

STARIA memiliki lebar keseluruhan 1.997 mm dan jarak tapak  roda depan atau front wheel tread sepanjang 1.721 mm. Kesan lapang berkat panjang keseluruhan 5.253 mm dengan jarak antar sumbu  roda atau wheel-base sepanjang 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel  tread sepanjang 1.732 mm. 

Desain Interior

Hyundai STARIA
Jendela lebar di sisi kendaraan dan  posisi garis sabuk yang lebih rendah untuk meningkatkan visibilitas keseluruhan dan kesan  lapang. Selain itu, tema  desain dari STARIA juga diterapkan pada bagian belakang, menampilkan jendela lebar yang  dikelilingi oleh lampu belakang vertikal memanjang. 

Interior STARIA mengusung konsep multi ruang terbuka serta komposisi ruang serbaguna bagi penumpang dengan nuansa layaknya sebuah  premium lounge. 

Di sisi kursi pengemudi memiliki TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio  AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift by-Wire.

STARIA juga menawarkan ambient mood lights yang secara selektif  menerangi kokpit, konsol, pintu, dan area penyimpanan bagasi.  

Terdapat Dual Sunroof dengan fitur tilting & slide yang dapat diatur, termasuk sistem kontrol udara untuk mengontrol sirkulasi udara dengan mudah melalui filter di HVAC pada bagian belakang kendaraan. 

Jumlah ventilasi disesuaikan dengan  jumlah kursi di setiap tipe, yaitu Signature 7 memiliki 4 ventilasi, dan Signature 9 memiliki 6  ventilasi. 

Belum termasuk kehadiran BOSE  Premium Sound System dengan Dynamic Speed  Compensation, yang secara otomatis menyesuaikan volume suara dengan kecepatan mobil.  

Tersedia beberapa fitur yang dibutuhkan saat bepergian seperti Wireless Smartphone Charging dan port USB charge untuk semua baris kursi,  di mana 5 port USB pada Signature 7 dan 7 port USB pada Signature 9. 

Kursi Penumpang

Hyundai STARIA
Tipe Signature 7 dilengkapi dengan 7 kursi  dan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan secara otomatis dan  digeser untuk kemudahan akses atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. 

Fitur  penghangat dan pendingin kursi di baris kedua pada Signature 7 dapat disesuaikan dengan  kebutuhan penumpang, dan masing-masing terdiri dari tiga level.

Kapasitas bagasi dapat  menampung hingga 117 liter ketika semua kursi dalam posisi standar, tetapi dapat diperluas  hingga 431 liter atau dapat membawa hingga lima tas golf dalam mode Luggage Utilization,  yang berlaku saat menggeser kursi baris ketiga. 

Untuk tipe Signature 9, terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris  kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.  

Signature 9 juga memiliki kapasitas bagasi yang sama seperti Signature 7 ketika semua kursi dalam posisi standar, yaitu hingga 117 liter. Namun, Signature 9 dua kali lebih luas dari model 7- seater ketika dalam mode Luggage Utilization, dengan kapasitas hingga 882 liter atau dapat membawa hingga 10 tas golf.

Mode ini berlaku saat menggeser kursi baris kedua dan ketiga,  serta menggeser dan mengangkat bangku kursi baris keempat. Selain itu, ruang kaki yang luas dari STARIA adalah salah satu yang terbaik di segmennya.

Ruang  kaki di Signature 7 adalah 1.027 mm di baris pertama; 1.400 mm di baris kedua; dan 1.256 mm  di baris ketiga. Di sisi lain, Signature 9 memiliki ruang kaki 1.027 mm di baris pertama; 1.025 mm  di baris kedua; 886 mm di baris ketiga; dan 915 mm di baris keempat.  

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Hyundai STARIA
STARIA memiliki berbagai sistem dan sensor yang dapat diandalkan. Berikut beberapa fitur keamanan di Hyundai STARIA : 

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sistem yang secara otomatis  memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan, dan jika diperlukan, akan secara otomatis  melakukan pengereman jika sistem menilai akan terjadi tabrakan dengan kendaraan atau pejalan  kaki di depan mobil. 

Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance  Warning (BCW), dapat mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang dan  membantu menghindari tabrakan dengan memberikan peringatan dan mengaktifkan rem secara  otomatis jika diperlukan. 

Blind-Spot View Monitor (BVM) yang menampilkan area  blind spot di bagian belakang kendaraan, dan tampilan visual BVM terletak di panel cluster mobil  saat mengemudi. BVM akan berfungsi jika lampu sein diaktifkan dalam situasi pengemudi ingin  berpindah jalur saat berkendara. 

Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW), yang dapat  membantu menghindari tabrakan atau kecelakaan jika penumpang di baris kedua turun dari mobil  jika kendaraan datang dari belakang. 

Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), yang  mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang kanan atau kiri. Sebuah tanda peringatan  akan muncul menginformasikan pengguna bahwa mobil datang dari belakang, di mana sistem  juga akan secara otomatis mengerem jika diperlukan. 

Lane Keeping Assist (LKA) membantu mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Jika  kendaraan mulai keluar jalur, sistem akan memberikan peringatan visual dan audio, dan jika  diperlukan, akan melakukan intervensi ke roda kemudi untuk menjaga mobil tetap pada jalurnya. 

Lane Following Assist (LFA) akan membantu mengendalikan kemudi mobil  secara otomatis agar tetap berada di tengah jalur.

Surround View Monitor (SVM) yang memberikan pandangan 360  derajat ke seluruh kendaraan, sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan,  terutama di area yang relatif sempit.

Smart Power Tailgate, tempat bagasi pintu dapat otomatis  membuka/menutup saat pengguna ingin memasukkan barang bawaannya ke bagasi, serta fitur  Smart Power Sliding Door yang secara otomatis membuka pintu geser baris kedua saat  penumpang mendekat. 

Performa

Hyundai STARIA
STARIA menawarkan performa mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan.  Tipe powertrain yang disematkan ini memungkinkan STARIA memperoleh performa maksimal hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.  

Harga Hyundai STARIA

STARIA tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Creamy White, Abyss Black  Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna  interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone  Embroidered leather. 

Harga STARIA on-the-road untuk setiap varian adalah: 

  • STARIA Signature 7: IDR 1,020,000,000,- (OTR Jakarta dan kepemilikan kendaraan  pertama)
  • STARIA Signature 9: IDR 888,000,000,- (OTR Jakarta dan kepemilikan kendaraan  pertama)

STARIA akan tersedia di seluruh dealer resmi Hyundai mulai hari ini, 20 Agustus 2021, dan  melalui online platform Click-to-Buy yang dapat diakses melalui situs resmi Hyundai Motors  Indonesia. 

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT