Dipublish pada Jumat, 3 Nov 2023 | 15:45

6 Microphone Gaming Terbaik 48 KHz/16-bit

Microphone Gaming Terbaik

Headset gaming terbaik saat ini memang memiliki beberapa mikrofon bawaan yang cukup mengesankan, tetapi dibuat untuk multi-tugas, bukan untuk menghadirkan kejernihan kelas profesional sejernih kristal. 

Oleh karenanya, Anda membutuhkan sebuah mikrofon mandiri atau microphone gaming sendiri untuk membuat kualitas streaming di Twitch atau pun di platform Youtube dan Facebook lebih baik dan jernih.

Bagi seorang streamer, menggunakan mic gaming saat sedang live-stream sangatlah penting karena streamer selain harus bermain game secara live, mereka juga harus berinteraksi dengan jelas kepada penonton setianya.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut diperlukanlah microphone gaming yang memumpini agar hal tersebut tidak terjadi.

Microphone Gaming Terbaik

Berikut rekomendasi Microphone Gaming Terbaik dari Pricebook bagi Anda gamer PC yang menginginkan mic berkualitas gaming dengan harga murah.

HyperX Quadcast

Microphone Gaming Terbaik hyperx

Nama Quadcast mengacu pada desain tiga diafragma unik yang memungkinkan empat pola pattern, termasuk pengaturan stereo yang tidak konvensional. Pada kenyataannya, ini paling baik digunakan di luar game dan untuk sumber suara lebar atau untuk dua sumber berbeda, seperti yang mungkin Anda temukan di lingkungan studio live recording. 

HyperX Quadcast memberikan performa gaming terbaik dengan kehangatan dan kejernihan vokal yang mengesankan, HyperX Quadcast merupakan microphone gaming terbaik untuk sebagian besar gamer PC saat ini dan menjadi salah satu favorit.

HyperX telah melengkapi QuadCast dengan shock mount yang sangat kokoh, dibangun dengan sample rate 48 KHz/16-bit. Artinya Anda dapat bersantai dan memulai permainan Anda tanpa khawatir menjatuhkan penyangga dan memekakkan telinga teman-teman Discord Anda.

Kriteria Spesifikasi
Frequency Response 20 Hz
Impedansi 32 Ohm
Sensitivity 1 mV/Pa
Max SPL -
Self Noise 95 dB
Pads & Filter
Body Material -
Dimensi -
Berat 710 g
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Logitech Blue Yeti

Microphone Gaming Terbaik

Logitech Blue Yeti dibuat dengan standar yang sangat tinggi, dan diklaim berhasil menjadi salah satu microphone gaming termudah untuk digunakan di pasar saat ini. Mic gaming ini juga diklaim memiliki keunggulan saat mengambil satu sinyal vokal pada satu waktu dengan baik.

Sebagai microphone gaming, bentuk dan desain memang tak jauh berbeda dengan mic pada umumnya, hanya saja model desain microphone USB yang diusung ini biasa jadi daya tarik tersendiri bagi para gamer PC. Alasannya cukup sederhana, lebih efisien saat penggunaan dan instalasinya.

Sudah dibekali panel pattern cardioid dengan kualitas stereo yang bagus. Meski merupakan kategori mic USB, namun Logitech menyertai Blue Yeti dengan kabel yang cukup panjang, hingga 1 meter. Memiliki sample rate 44 KHz/16-bit, menjadikan Blue Yeti cukup pantas jika dijadikan opsi micrphone gaming USB murah pilihan dengan respon frekuensi di angka 20 Hz - 20 KHz.

Kriteria Spesifikasi
Frequency Response 20 Hz
Impedansi 13 Ohm
Sensitivity -
Max SPL 122 dB
Self Noise 100 dB
Pads & Filter
Body Material -
Dimensi -
Berat 1.14 g
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Audio-Technica AT2020USB+

Microphone Gaming Audio Technica

Audio-Technica merupakan nama yang cukup dikenal dan sangat dihormati di industri audio profesional. Hadirnya  AT2020USB+ merupakan bukti dari keahlian brand ini selama bertahun tahun di dunia Microphone. Audio Technica AT2020USB+ ini merupakan sebuah mic kondensor dengan diafragma menengah dan hanya memiliki pola pattern cardioid yang membuatnya terspesialisasi untuk rekaman vokal tunggal.

Dengan tambahan pop shield dan boom arm, kualitas suara yang dihasilkan makin terasa jernih. Harga mic gaming AT2020USB+ yang murah tak lantas menjadikannya murahan jika dibandingkan produk Audio Technica lainnya. Sample rate 44 KHz/16-bit dengan respon frekuensi 20 Hz - 20 KHz, mic ini cukup bisa diandalkan oleh para streamer game PC.

Terlebih panjang kabel 3 meter yang disertakan juga menjadi kelebihan tersendiri jika berbicara tentang fleksibilitas dan jangkauan.

Kriteria Spesifikasi
Frequency Response 20 Hz
Impedansi 32 Ohm
Sensitivity -
Max SPL -
Self Noise -
Pads & Filter
Body Material Fixed-charge back plate, permanently polarized condenser
Dimensi 162.0 x 52.0 mm
Berat 386 g
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

NZXT Capsule Mic

Microphone Gaming nzxt

NZXT Capsule Mic memiliki gaya silindris minimal terbaik serta audio berkualitas tinggi dan memiliki fitur RGB.  Microphone gaming NZXT ini juga memiliki patter kardioid yang mengasilkan suara tunggal jernih dengan tangkapan audio terbaik.

Sample rate yang dimiliki berada pada titik 96 KHz/24-bit dengan frekuensi 100 - 20.000 Hz. Streamer atau gamer PC biasanya memiliki kebiasaan yang berbeda, bahkan terkait penggunaan mic saat streaming berlangsung.

Nah, kebanyakan microphone gaming berbentuk besar, sebagian streamer ada yang suka atau bisa dikategorikan pamer mic gaming mereka. Namun disisi lain juga ada banyak steamer dan gamer PC  yang tidak mau terlihat jenis dan juga merek dari microphone mereka.

NZXT Capsule Mic bisa dijadikan rekomendasi microphone gaming yang pas dengan gaya minimalis namun kualitas audionya tetap nikmat.

Kriteria Spesifikasi
Frequency Response 20 Hz
Impedansi 16 Ohm
Sensitivity -
Max SPL 120 dB
Self Noise 100 dB
Pads & Filter
Body Material -
Dimensi 60 x 170.2 mm
Berat 314 g
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

MSI Immerse GV60

Microphone Gaming MSI

Immerse GV60 adalah mikrofon desktop pertama MSI yang berdiri sendiri, dan meskipun membuat beberapa kesalahan langkah terkait audiens targetnya, sampel rate 96 kHz dan kumpulan pola pattern yang lebar membuatnya sempurna untuk konten pra-rekaman.

Microphone gaming pertama MSI ini memiliki reproduksi vokal yang jelas. Mungkin terdengar aneh atau bisa juga kagum, ketika MSI, perusahaan yang lebih dikenal dengan komponen PC ketimbang aksesoris tiba-tiba menghadirkan sebuah mic gaming dengan kualitas sampling rate yang tinggi.

Namun itu semua menjadi wajar ketika berbicara tentang gaming dan steamer, terlebih pengaturan atau instalasi microphone MSI Immerse GV60 ini cukup mudah. Kualitas sample rate yang dimiliki diklaim sangat baik ketika digunakan untuk live streaming, bahkan untuk audio musik pun MSI Immerse GV60 sanggup memberikan hasil yang baik dan menyesuaikan suara dengan apik.

Kriteria Spesifikasi
Frequency Response 20 Hz
Impedansi 2.2 Ohm
Sensitivity 36 mV/Pa
Max SPL -
Self Noise -
Pads & Filter
Body Material -
Dimensi 270 x 110 mm
Berat 1100 g
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Razer Seiren Mini

Microphone Gaming Razer

Razer Seiren Mini ini merupakan salah satu microphone dengan desain yang cantik untuk kelasnya. Microphone gaming ini memiliki desain berbentuk pil yang menggemaskan, sementara itu mic Seiren Mini hadir dalam pilihan warna mulai dari Hitam, Mercury White, dan Quartz.

Mic ini memiliki banyak fitur yang dihilangkan dari Seiren Mini untuk menjaga kualitas suara dan tidak memerlukan biaya yang mahal untuk mendapatkannya. Selain itu, microphone ini tidak memiliki tombol volume atau gain, dan bahkan tombol mute.

Meski begitu, microphone ini memiliki kualitas suara yang tetapi baik untuk dikelasnya, ditambah dengan desain yang cantik yang ia miliki menjadikannya sebagai salah satu microphone gaming termurah dan terbaik di kelasnya.

Kriteria Spesifikasi
Frequency Response 20 Hz
Impedansi -
Sensitivity 17.8 mV/Pa
Max SPL 110 dB
Self Noise -
Pads & Filter
Body Material -
Dimensi -
Berat -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Microphone Gaming Terbaik

Kecepatan bit adalah kecepatan di mana file digital dan audio dikodekan. Tanpa terlalu banyak menjelajah ke wilayah audiophile, 16 bit ke atas dianggap sebagai kecepatan bit yang baik.

Tingkat sampel(terbuka di tab baru)adalah jumlah sampel audio yang direkam setiap detik. 48kHz adalah laju sampel paling umum yang akan Anda lihat di banyak mikrofon, dan Anda tidak boleh lebih rendah dari itu. Jadi sebagai saran, temukan microphone gaming terbaik Anda dengan beberapa kriteria di atas.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT