Dipublish pada Senin, 3 Apr 2017 | 10:58

Kenali Persamaan dan Perbedaan Samsung Galaxy S8 Dan Samsung Galaxy S8+

Seperti yang diketahui, Samsung akhirnya resmi memperkenalkan varian ponsel Android premium 2017 yakni, Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+. Kedua smartphone premium ini hadir dengan desain yang radikal dan fitur-fitur menarik.

Keduanya bahkan tampak lebih segar dibanding ponsel-ponsel baru yang dirilis selama awal tahun 2017 ini. Walaupun sekilas sama, ternyata ada beberapa perbedaan yang mencolok yang mungkin akan menjadi patokan kamu kala memilih antara dua ponsel terbaru Samsung ini.

Lalu, apa saja Persamaan dan perbedaan dari Samsung Galaxy S8 dan S8+?

Desain Serupa Tapi Tak Sama

Secara keseluruhan Samsung Galaxy S8 dan S8+ memang mirip dari sisi desain. Kedua ponsel Samsung bahkan sudah menggunakan layar lebar teknologi curved edges. Samsung bahkan mengurangi bezel pada layar sehingga tampilan layar tampak kian luas.

Dibawah layar Samsung sudah tidak lagi menggunakan tombol home fisik. Samsung Galaxy S8 dan S8+ justru dibekali teknologi navigasi yang cukup modern menggunakan tombol on screen. Hal ini membuat fingerprint scanner dipindahkan ke bagian bodi belakang.

Untuk bentuk tombol on screen sendiri memang tidak berbeda jauh dengan tombol on screen pada umumnya. Samsung menghadirkan tiga tombol standar. Menariknya, Samsung menggunakan teknologi yang mirip pada iPhone 7 yakni haptic feedback engine. Hal ini membuat tombol home pada layar bisa merespon setiap tekanan yang berbeda-beda.

Perbedaan kedua ponsel premium justru muncul pada bagian dimensi yakni S8 berukuran 148,9 x 68,1 x 8,0 mm, berbeda dengan S8+ berukuran 159,5 x 73,4 x 8,1 mm. Dimensi S8+ memang lebih besar namun tetap ramping sehingga masih nyaman digunakan. Apalagi Berat yang ringan pada kedua hape samsung dikarenakan penggunaan rangka metal baru. Kedua seri Galaxy terbaru ini juga sudah dibekali IP68 sehingga bisa dibawa menyelam sedalam 1,5 meter.

Layar

Walaupun memiliki dimensi yang lebih kecil, Samsung galaxy S8 tetap menghadirkan layar yang lebar. Phablet premium ini menggunakan layar 5,8 inci dengan teknologi AMOLED dan resolusi Quad HD+ 2960 x 1440.

Bedanya, Samsung Galaxy S8+ menghadirkan layar yang lebar. Phablet premium ini menggunakan layar 6,2 inci dengan teknologi AMOLED dan resolusi Quad HD+ 2960 x 1440. Tidak lupa keduanya dibekali fitur Always on Display. Ini akan membuat layar redup dan menampilkan waktu dan tanggal saja. Saat layar menyala, ponsel ini juga bisa menampilkan konten HDR dengan baik. Selain itu, terdapat layar lengkung dibagian pinggir.

Mencoba mengikuti tren baru yang dihadirkan LG, Samsung menggunakan fitur Infinity Display pada kedua ponsel Samsung terbaru. Bila sebelumnya layar smartphone biasa menggunakan aspek ratio 16:9, kini Samsung menghadirkan aspek ratio 18,5:9. Perubahan ini terjadi akibat layar 5,8 inci yang tampak lebih tinggi dibanding seri sebelumnya.

Layar Samsung ini cukup menonjol karena tanpa bezel dan berwarna hitam. Tampilan layar makin menarik dengan sudut membulat. Layar Samsung Galaxy S8 dan S8+ bahkan sudah mengantongi sertifikasi HDR dari UHD. Hal ini menjanjikan kualitas layar yang semakin terang untuk melihat konten di dalamnya.

Mesin

Untuk bagian dapur pacu, Samsung menggunakan mesin yang sama pada Samsung Galaxy S8 maupun S8+. Sebagai catatan, kedua ponsel menggunakan prosesor 64-bit. Untuk versi Amerika, Samsung menghadirkan chipset Snapdragon 835 dan RAM 4GB. Untuk versi global, hape Samsung ini menggunakan chipset Exynos 8895 dengan RAM 4GB. Kedua smartphone juga akan disokong memori internal 64GB dengan tambahan slot microSD.

Dibagian sistem operasi, Samsung Galaxy S8 dan S8+ akan menggunakan OS Android 7.0 Nougat dengan UI Touchwiz baru. Samsung juga memperharui bagian user interface. UI Samsung kini nampak lebih minimalis dan terkesan segar. Samsung bahkan mendesain ulang setiap ikon agar kian menarik. Samsung juga menghadirkan tweaks baru agar user interface kian responsive dan halus.

Sistem Keamanan

Mencoba memperbaiki kesalahan dalam seri Galaxy Note 7, Samsung kembali menempatkan fitur keamanan iris scanner dalam seri Galaxy S8 dan S8+. Kedua ponsel Android terbaru ini juga sudah support untuk facial recognition yang cepat. Tentu menarik, bisa merasakan sistem keamanan bercitarasa mahal dalam seri Galaxy terbaru.

Kamera

Samsung galaxy S8 dan S8+ hadir dengan kamera yang sama tangguh yakni kamera utama 12 MP dan kamera depan 8 MP. Smartphone buatan samsung ini pun hadir dengan kamera depan berteknologi baru yang siap memanjakan pecinta selfie. Samsung membenahi kamera depan dengan memasang resolusi 8 MP. Berbeda dengan kamera depan kebanyakan, Samsung sudah menghadirkan face detection autofocus yang akan secara cepat mencari wajah dan menguncinya. Hal ini membuat foto selfie kian jelas dan detail.

Baterai

Mencoba belajar dari kesalah di tahun 2016 lalu dalam kasus meledaknya Samsung galaxy Note 7, Samsung menghadirkan teknologi baterai baru dalam ponsel premium terbaru ini. Samsung bahkan sudah melakukan berbagai tes dalam baterai baru ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan. Bahkan terdapat sistem keamanan berlapis untuk mengamankan baterai ini.

Untuk Samsung Galaxy S8+ menggunakan kapasitas 3500 mAh. Sedangkan, Samsung Galaxy S8 menggunakan baterai lebih kecil yakni 3000 mAh. Memang sektor ini tidak terlalu mengesankan. Namun, dengan prosesor baru yang lebih hemat daya, baterai ini dirasa sudah mencukupi kebutuhan pengguna saat ini.

Kesimpulan

Samsung cukup serius menawarkan perubahan dalam seri Galaxy terbaru ini. Samsung bahkan menghadirkan desan segar, layar lengkung hingga pemindai mata. Tentu dengan peningkatan ini membuat Samsung Galaxy S8 dan S8+ layak menjadi penguasa dalam pasar phablet Android.

Untuk kamu yang mencari desain yang ringkas, tentu S8 menjadi pilihan terbaik. Namun, bagi kamu yang membutuhkan smartphone layar lebar maka S8+ memang layak diunggulkan. Semua kembali ke kebutuhan.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy S8 RAM 4GB ROM 64GB Rp 7.350.000 5.8 inch 8895 7 4 GB 64 GB Mali-G71 MP20 12 MP 3000 mAh
Samsung Galaxy S8 Plus RAM 4GB ROM 64GB belum ada harga 6.2 inch 8895 7 4 GB 64 GB Mali-G71 MP20 12 MP 3500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Perbandingan Samsung Galaxy S8+ dan Samsung Galaxy S7 Edge, Mana yang Unggul?
Mengenal Fitur-fitur Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+
Spesifikasi dan Harga S8 dan S8 Plus, Resmi!
Share :
Aris Wibowo

Aris Wibowo

Contributor

0

ARTIKEL TERKAIT

HARGA TERENDAH DENGAN PRODUK TERKAIT