Dipublish pada Selasa, 9 Jul 2024 | 16:18

ROG Ally X Membawa Upgrade Baterai dan RAM, Ini Bocoran Harganya!

harga rog ally x terbaruFoto: ASUS/ROG

ROG Ally X akan segera hadir di Indonesia, hal ini diungkap oleh ASUS Republic of Gamers (ROG) yang telah secara resmi mengumumkan kehadiran handheld gaming PC terbarunya. Perangkat gaming berbasis Windows 11 ini akan membawa sejumlah peningkatan mulai dari memori, penyimpanan, baterai, hingga desain dan sistem pendingin.

ASUS mengungkap bahwa peningkatan atau upgrade yang dibawa oleh ROG Ally X ini merupakan akumulasi dari berbagai masukan yang disampaikan oleh para pengguna ROG Ally generasi sebelumnya.

Ruang penyimpanan ROG Ally X dibekali dengan M.2 2280 PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1 TB, atau dua kali lipat dari kapasitas ROG Ally sebelumnya. Sementara dari sisi memori, ROG Ally X ditenagai memori yang lebih kencang dan memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 24 GB LPDDR5X-7500. 

Dengan peningkatan pada kapasitas memori yang lebih besar ini, ASUS menjanjikan performa gaming yang lebih kencang, karena performa memori ini berpengaruh langsung pada performa iGPU Radeon di Ryzen Z1 Extreme.

Selain itu, kapasitas memori sebesar 24 GB juga memungkinkan ROG Ally X untuk tampil dengan VRAM sebesar 8 GB dan masih menyisakan ruang memori sebesar 16 GB untuk menjalankan game.

harga rog ally x terbaru

Beralih ke kebutuhan dayanya, ROG Ally X dibekali dengan baterai 80Wh, yang berarti, kapasitasnya ini dua kali lipat lebih besar bila dibandingkan dengan ROG Ally generasi sebelumnya. Meski begitu, bobotnya tetap ringan, 678 gram (bertambah 70 gram).

Upgrade pada desain ROG Ally X dapat terlihat pada tampilan warna hitam yang merupakan permintaan para pengguna ROG Ally generasi sebelumnya. Model terbaru ini memiliki tombol dan joystick yang didesain ulang sehingga lebih ergonomis dan nyaman untuk digunakan. 

Bagian hand grip-nya juga dibuat dengan sudut lebih tajam, yang diklaim memberikan pengalaman lebih nyaman saat digenggam. Salah satu perubahan paling mencolok adalah tombol M1 dan M2 yang kini ukurannya lebih kecil, dengan posisi yang diperbaiki agar tidak mudah tertekan.

Perubahan yang juga cukup signifikan terdapat pada port-nya. ROG Ally X tidak lagi mendukung ROG XG Mobile, namun sebagai gantinya, perangkat handheld gaming PC ini hadir dengan dua port USB Type-C yang salah satunya mendukung penggunaan perangkat berbasis Thunderbolt.

ASUS menghadirkan sistem pendingin baru untuk ROG Ally X, yaitu dua kipas khusus dengan ukuran 23% lebih kecil. Ukuran kipas yang lebih kecil ini diklaim mampu mengalirkan udara 24% lebih baik dibandingkan dengan ROG Ally generasi sebelumnya. Fitur pendinginan ini membuat ROG Ally X dapat tampil dengan suhu operasional hingga 6⁰ lebih rendah.

Berdasarkan pantauan tim redaksi Pricebook dari laman resmi ASUS Indonesia, ROG Ally X dengan nomor model RC72LA-R2RADA6T telah terpampang dengan harga Rp 13.999.000. Apakah ini harga sebenarnya atau hanya placeholder hingga tanggal penjualan resminya nanti? Kita tunggu saja.

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT