Diperbaharui Pada Jumat, 21 Jun 2024 | 14:58

Zenbook 14 OLED, Laptop ASUS AI Premium yang Tipis dan Ringan

Foto: ASUS

ASUS secara resmi memperkenalkan produk laptop premium terbarunya, ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406HA), yang merupakan laptop AI tipis pertama dari ASUS yang dibekali AMD Ryzen 8840HS, prosesor generasi terbaru dengan Ryzen AI yang diklaim mampu memproses aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya.

Laptop ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406HA) dibekali dengan layar ASUS Lumina OLED, baterai yang diklaim dapat tahan seharian, serta mengusung desain premium dan portabel, dengan bobot hanya 1,2 kg dan ketebalan 14,9 mm, membuatnya tipis dan ringan, cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi.

Bodinya yang tipis dengan bobot ringan ini tampil 10% lebih ringkas  bila dibandingkan dengan generasi laptop sebelumnya. Keseluruhan desainnya terlihat premium. Sementara untuk daya tahan, laptop ASUS terbaru ini dibekali baterai berkapasitas 75Wh dengan siklus pengisian daya hingga 20% lebih tinggi, membuat masa pakainya menjadi lebih panjang.

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406HA) ditenagai prosesor AMD Ryzen 8840HS, dan chip grafis terintegrasi AMD Radeon terbaru. Prosesor AMD Ryzen 8840HS dibekali Ryzen AI, dengan Neural Processing Unit yang hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI.

Laptop ASUS terbaru ini memiliki ruangan penyimanan SSD 512 GB, dengan memori RAM berkapasitas 16 GB. Konektivitas nirkabelnya menggunakan WiFi 6E (802.11ax).

Layar ASUS Lumina OLED di Zenbook 14 OLED (UM3406HA) memiliki tingkat kecerahan hingga 600-nits, rasio layar 16:10 untuk memaksimalkan produktivitas, serta bezel ultra-tipis dengan screen-to-body ratio 87%. Layar ini telah dibekali dengan teknologi Adaptive Sync yang mampu mengatur refresh rate secara otomatis sehingga memastikan kualitas visual yang lebih halus.

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406HA) menyediakan berbagai port I/O modern sbb:

  • Dua port Thunderbolt 4
  • USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • HDMI 2.1 (TMDS)
  • Jack audio 3.5 mm

Beberapa fitur lain dari ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406HA) di antaranya:

  • Smart Amplifier dan ASUS Audio Booster yang didukung oleh Dolby Atmos. 
  • Super-linear speaker yang telah tersertifikasi oleh Harman Kardon.
  • ASUS ErgoSense Keyboard dirancang khusus untuk memaksimalkan pengalaman mengetik yang kini hadir dengan suara tombol yang  lebih senyap.
  • IR camera dengan fitur berbasis AI
  • Mikrofon dengan AI noise-cancellation

Regional Director ASUS Southeast Asia, Jimmy Lin, mengatakan bahwa Zenbook 14 OLED terbaru ini merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan laptop AI terbaik dan terlengkap di Indonesia.

Jimmy menambahkan bahwa sebagai bagian dari rangkaian produk laptop ASUS AI, Zenbook 14 OLED (UM3406HA) diharapkan dapat mempermudah masyarakat Indonesia saat memilih laptop AI, sekaligus juga memastikan laptop yang dipilih memenuhi standar aplikasi berbasis AI. 

 

Content Writter

1536 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.