Diperbaharui Pada Selasa, 4 Jun 2024 | 14:15

Samsung Rilis Monitor Gaming Odyssey OLED Series 2024 yang Ditenagai AI


Samsung Electronics Co, Ltd hari ini mengumumkan peluncuran global rangkaian monitor gaming Odyssey OLED series 2024 yang ditenagai oleh AI.

Rangkaian produk Odyssey menghadirkan pengalaman OLED yang lebih baik dan kemampuan AI termutakhir pada Odyssey OLED G8.

“Lini terbaru monitor kami memberikan banyak pilihan kepada pengguna di seluruh dunia dan menciptakan pengalaman yang lebih baik, bagaimana pun cara mereka menggunakannya,” ujar Hoon Chung, Executive Vice President of Visual Display Business Samsung Electronics. 

“Samsung tetap berkomitmen untuk meredefinisikan pasar dan menghadirkan teknologi mutakhir kepada pengguna di mana pun.”

Odyssey OLED series 2024

Model Odyssey OLED 2024 memperluas penawaran Samsung untuk performa OLED generasi terbaru dengan Odyssey OLED G8 (model G80SD) dan Odyssey OLED G6 (model G60SD) yang baru.

Odyssey OLED G8 adalah monitor gaming Samsung OLED 32 inci dengan layar flat pertama dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160) dan rasio aspek 16:9. Monitor ini memiliki refresh rate 240Hz dan waktu respons gray-to-gray (GtG) 0,03ms untuk gameplay yang sangat smooth dan responsif. 

Odyssey OLED G6 adalah monitor beresolusi QHD (2560 x 1440) seluas 27 inci, yang mendukung rasio aspek 16:9. Dengan refresh rate 360Hz dan waktu respons GtG 0,03ms monitor ini memudahkan para gamer untuk mengikuti gameplay dengan pergerakan cepat.


Odyssey OLED G8 yang baru adalah monitor gaming OLED pertama Samsung yang ditenagai oleh AI. Prosesor NQ8 AI Gen3, yaitu prosesor yang sama dengan yang digunakan Samsung pada TV 8K 2024, mampu melakukan upscaling pada konten hingga mendekati 4K saat menggunakan Samsung Gaming Hub dan aplikasi Smart TV bawaan monitor untuk resolusi yang lebih tinggi pada game dan hiburan.

Kedua model OLED baru ini sama-sama memiliki fitur Samsung OLED Safeguard+, sebuah teknologi perlindungan terhadap burn-in yang baru. Teknologi ini adalah yang pertama di dunia yang mencegah burn-in dengan menggunakan pipa panas yang berdenyut (pulsating heat pipe) ke monitor.

Selain itu, Dynamic Cooling System menguapkan dan mengembunkan cairan pendingin untuk menyebarkan panas lima kali lebih efektif dibanding metode graphite sheet yang lama, yang mencegah terjadinya burn-in dengan mengurangi suhu pada bagian core.

Monitor ini juga mendeteksi gambar statis seperti logo dan taskbar, secara otomatis mengurangi kecerahannya untuk mencegah terjadinya burn-in.

Odyssey OLED G8 dan OLED G6 keduanya menyajikan kualitas gambar OLED yang tak tertandingi dengan kecerahan 250nits (Typ.), sementara FreeSync Premium Pro menjaga GPU dan panel layar tetap tersinkronisasi untuk menghilangkan gambar yang terputus-putus, screen lag, dan screen tearing.

Teknologi Samsung OLED Glare Free terbaru juga mempertahankan akurasi warna dan mengurangi pantulan sekaligus mempertahankan ketajaman gambar untuk memastikan pengalaman menonton yang imersif, bahkan pada siang hari.

Lapisan rendah pantulan yang dioptimalkan untuk OLED akan mengatasi trade-off antara gloss dan pantulan berkat lapisan hard-coating khusus dan pola lapisan permukaan yang baru.

Kedua monitor ini memiliki desain metal tipis yang memberikan identitas yang berbeda, sementara Core Lighting+ menghadirkan pengalaman hiburan dan gaming yang lebih baik dengan pencahayaan sekitar yang disesuaikan dengan layar. 

Dudukan yang ergonomis juga membuat penggunaan dalam waktu lama menjadi lebih nyaman dengan ketinggian yang dapat disesuaikan, serta penyangga untuk memiringkan dan memutar.

Konsumen bisa menikmati penawaran menarik saat melakukan pre-order mulai dari 4 - 18 Juni 2024. Dapatkan Galaxy Watch6 untuk pembelian Odyssey G8, headset & keyboard gaming untuk pembelian Odyssey G6

Content Writter

2486 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.