Diperbaharui Pada Selasa, 28 Mei 2024 | 15:18

Acer Swift 14 AI, Laptop Pertama dengan Fitur Copilot+ PC

Foto: Acer

Acer meluncurkan perangkat laptop terbarunya, Acer Swift 14 AI, dengan menggandeng Microsoft dan Qualcomm Technologies, Inc. Laptop pertama dengan fitur Copilot+ PC. Laptop ini hadir dengan sasis alumunium yang tipis dan ringan, serta berbagai fitur AI yang diopimalkan untuk mendukung produktivitas.

Acer Swift 14 AI yang berbasis Windows 11 ini memiliki beberapa varian yang ditenagai oleh platform Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus. Keduanya diklaim memiliki salah satu NPU tercepat di dunia untuk laptop, yang memungkinkan pemrosesan AI di dalam perangkat.

Fitur tersebut memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk menyelesaikan berbagai tugas sehari-hari dengan fungsi PC yang lebih cerdas, serta kemampuan untuk menangani kerja yang kompleks dengan lebih efektif.

Jerry Kao, COO Acer Inc, mengatakan bahwa Acer Swift 14 AI adalah yang pertama di antara banyak PC Acer Copilot+ yang akan hadir. Menurutnya, PC AI generasi berikutnya ini memiliki peningkatan kemampuan yang signifikan dalam pemrosesan AI, sehingga bisa menghadirkan pengalaman baru yang akan disukai pengguna.

Snapdragon X Series dibuat untuk AI dan dirancang untuk menjadi salah satu prosesor yang paling kuat, cerdas, dan hemat daya yang dibuat untuk perangkat Windows di kelasnya saat ini. 

Acer Swift 14 AI ditenagai oleh Snapdragon X Elite yang dilengkapi dengan 12 core berkinerja tinggi pada node proses 4nm, GPU Qualcomm Adreno terintegrasi sebesar 3,8 TFLOPS, dan NPU Qualcomm Hexagon yang mampu mencapai 45 TOPS. 

Laptop Acer terbaru ini juga dilengkapi dengan memori LPDDR5X-8533 hingga 32 GB dan SSD NVMe PCIe Gen 4 hingga 1 TB untuk meningkatkan kinerja sistem dan menopang beban kerja multi-tasking di berbagai skenario produktivitas, kreativitas, dan hiburan yang imersif tanpa mengorbankan daya.

Laptop Acer Swift 14 AI yang baru telah dioptimalkan dengan AI powerful, dan diklaim mampu meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman komunikasi.

Berikut keunggulan-keunggulan dari teknonogi AI pada Acer Swift 14 AI.

  • Recall: engguna dapat dengan mudah menemukan apa pun yang pernah mereka lihat di PC hanya dengan menjelaskan petunjuk yang mereka ingat. 
  • Timeline yang dapat dijelajahi: Pengguna dapat dengan mudah melakukan pencarian melintasi waktu untuk kembali ke aplikasi, dokumen, atau pesan yang sebelumnya mereka gunakan. 
  • Live Captions: Kemampuan menerjemahkan langsung, dengan menyediakan teks ucapan otomatis dan melakukan terjemahan secara real-time dari video langsung atau yang telah direkam sebelumnya dari 44 bahasa ke dalam bahasa Inggris. 
  • Cocreator: Meningkatkan imajinasi dan kemampuan kreatif. Petunjuk visual atau tertulis sekarang dapat digunakan untuk membuat gambar dan teks AI di perangkat.
  • Auto Super Resolution: Secara otomatis meningkatkan resolusi grafis dan kecepatan refresh rate dari game secara real-time untuk menghadirkan visual yang didambakan para pemain tanpa mengorbankan performa. 
  • Windows Studio Effects: Secara otomatis meningkatkan kondisi pencahayaan dan menghilangkan kebisingan yang tidak diinginkan saat melakukan conference call atau video call. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengaktifkan tiga filter yang artistik pada platform video apa pun melalui Quick settings, memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang baru dan kreatif selama panggilan video.

Acer Swift 14 AI menampilkan desain eksklusif Copilot+ PC yang disempurnakan. Sebuah Activity Indicator pada touchpad akan menyala ketika perangkat atau Copilot diaktifkan. Laptop ini memiliki layar IPS WQXGA (2560x1600) 14,5 inci dengan refresh rate 120 Hz dan dukungan untuk Color Gamut 100% sRGB. 

Layar Acer Swift 14 AI ini menyediakan opsi layar sentuh edge-to-edge dan dilengkapi dengan TÜV Rheinland Eyesafe Certification 2.0 untuk membantu meminimalkan efek cahaya biru yang berbahaya tanpa mengurangi akurasi warna. 

Copilot+ PC pada Acer Swift 14 AI dilengkapi dengan Windows Hello yang mendukung login biometrik dan pengenalan wajah untuk akses yang cepat dan aman. Laptop ini juga menawarkan konektivitas Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4 untuk memberikan kecepatan hingga 5,8 Gbps dan latensi jaringan yang rendah di bawah 2 ms, serta sejumlah pilihan port termasuk 2x port USB Type-C dan 2x port USB 3.2 Type-A untuk fleksibilitas tambahan.

Acer mengungkap bahwa ketersediaan Acer Swift 14 AI akan berbeda di setiap kawasan. Sehingga harganya akan disesuikan dengan setiap spesifikasi yang ada di wilayah tertentu.

Content Writter

1536 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.