Dipublish pada Kamis, 11 Feb 2021 | 09:13

Cara Blokir Nomor WhatsApp dan Mengetahui Kalau WA Kita Diblokir

cara blokir nomor whatsapp

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang pada dasarnya diciptakan untuk mempermudah komunikasi kita dengan banyak orang.

Aplikasi ini tidak hanya berguna untuk sekadar berkomunikasi saja, lebih dari itu sekarang WhatsApp juga bisa dipakai sebagai sarana promosi atau bahkan meeting grup.

Namun, seperti aplikasi chatting lain, sudah pasti di sana tersimpan banyak kontak dari orang yang kita kenal. Namun, masalahnya terkadang ada kondisi yang membuat kamu tidak ingin berkomunikasi dengan salah satu dari mereka walau kamu masih ingin tetap menyimpan kontak orang tersebut.

Sebagai contoh, kamu baru saja putus dari pacar kamu saat ini. Karena ingin melupakannya, atau sedang tidak ingin berkomunikasi dengan dia, kamu memblokir semua kontak dia di smartphone. Walau tidak bisa nelpon atau SMS kamu, tapi dia masih bisa kirim chat via WhatsApp kepada kamu.

Kalau sudah begini, apakah WhatsApp menyediakan fitur blokir kontak juga? Tentu saja aplikasi ini menyediakannya. Untuk melakukannya sendiri sangat mudah, di bawah ini kami akan membahasnya secara lengkap.

Cara Blokir Nomor WhatsApp

Bagaimana cara memblokir kontak WhatsApp? Berikut ini adalah cara lengkapnya:

  1. Buka aplikasi aplikasi WhatsApp di hpmu.
  2. Tap ikon titik tiga yang berada di sebelah pojok kanan atas tampilan WhatsApp pada layar smartphone.
  3. Setelah di tap, akan muncul tampilan pop-up yang berisi pilihan ke menu selanjutnya. 
  4. Kalau kamu ingin melanjutkan proses bokir kontak, maka pilih menu Settings.
  5. Setelah itu, pilih menu Account atau akun sesuai dengan pilihan pengaturan bahasa yang kamu pakai.
  6. Kemudian pilih privacy atau privasi.
  7. Swap agak ke bawah untuk memilih menu Blocked Contact atau kontak terblokir.
  8. Untuk memasukkan nomor kontak yang ingin kamu blok, kamu tap ikon tambah kontak yang ada di pojok kanan atas.
  9. Pilih kontak mana yang ingin kamu blok
  10. Setelah itu dia tak bisa lagi mengirim pesan WhatsApp kepada kamu.

Cara Mengembalikan Nomor WhatsApp yang Diblokir

Jika masalah kamu sudah selesai dan ingin berhubungan kembali dengan pihak yang kamu blokir kontk WhatsApp-nya, kamu bisa melakukan cara di bawah ini:

  1. Secara umum caranya sama mulai dari nomor 1 sampai 6. Bedanya kami tambahkan di bawah ini.
  2. Setelah masuk ke daftar kontak terblokir, kamu tinggal memilih nomor mana yang ingin kamu kembalikan kontaknya.
  3. Tap nomor tersebut lalu pilih buka buka blokir.
  4. Setelah itu, orang tersebut sudah bisa kembali mengirim pesan WhatsApp kepada kamu.

Cara Mengetahui Kalau Nomor WA Kita Diblokir

Semua cara diatas adalah tutorial yang bisa kamu lakukan untuk memblokir dan membuka blokir dari nomor WhatsApp yang tidak ingin kamu lihat. Lalu, bagaiaman kalau kebalikannya? Misalnya, nomor WhatsApp kamu diblokir oleh orang lain, bagaimana cara menhgetahuinya?

Untuk mengetahui apakah nomor WhatsApp kita diblokir oleh orang lain, memang tidak bisa diketahui secara langsung, karena tidak ada notifikasi dari WhatsApp. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahuinya, sbb:

1. Cek Notif Terakhir Online

Kalau kamu curiga seseorang memblokir nomor WhatsApp kamu, cara paling mudah adalah dengan melihat jendela chat orang tersebut dan lihat kapan terakhir dia online, pada informasi yang biasanya terdapat dibawah nama kontak.

Bila informasi ini tidak bisa kamu lihat, ada dua kemungkinan, antara orang tersebut tidak membagi update online-nya, atau dia sudah memblokir nomor WhatsApp kamu.

2. Cek Tanda Centang

Bila kontak yang kamu curigai telah memblokir nomor WhatsApp kamu biasanya mengaktifkan tanda centang biru, namun setelah beberapa waktu tidak ada reply dan centang biru tidak terlihat, ada kemungkinan nomor WhatsApp kami diblokir.

Cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan melihat jumlah tanda centang. Kalau setelah berkirim pesan dan tanda centangnya tetap satu dan tidak berubah, maka ini bisa mengindikasikan kalau nomor WA kamu diblokir oleh orang tersebut.

3. Cek Foto Profilenya

Kontak yang menyimpan nomor kamu akan menunjukkan foto profile pada WhatsApp. Bila foto profilenya tiba-tiba menghilang, maka ada dua kemungkinan, antara orang tersebut menghapus nomor kamu, atau dia memblokir kontak WhatsApp milikmu.

4. Bikin Grup Baru dan Add Nomornya

Cara terakhir ini paling mudah, dan kamu akan langsung mengetahui bila nomor WhatsApp kamu diblok oleh orang tersebut. Cukup membuat grup baru dan coba add nomor kontaknya. Bila orang tersebut memblokir kamu, maka kamu tidak bisa memasukkannya ke grup tersebut.

Gunakan Fitur Blokir dengan Bijak

Fitur blokir kontak pada WhatsApp memang berfungsi untuk membantu kita agar tidak dihubungi oleh orang yang tidak kita inginkan. Tapi gunakan fitur ini sebagaimana mestinya, seperti untuk menghindari komunikasi hanya dengan orang yang sifatnya mengganggu atau merugikan.

Jangan gunakan fitur ini untuk menghindari masalah dengan orang atau pihak lain. Seperti menghindar dari tagihan utang atau hal lain yang malah merugikan orang lain. Jadi, gunakan fitur blokir WA dengan bijak, ya!

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT