Dipublish Pada Kamis, 26 Des 2019 | 12:19

Aplikasi Kamera untuk Memotret Kembang Api Malam Tahun Baru

Image via ABCNews

Salah satu tips untuk memotret kembang api saat malam tahun baru adalah dengan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga. Aplikasi kamera Android atau iOS dengan mudah didapat di app strore, baik aplikasi kamera berbayar maupun yang gratis. Fitur aplikasi kamera juga beragam mulai dari pengaturan ISO, speed rendah, pengaturan manual layaknya kamera DSLR dan editing gambar. Tinggal kamu sesuaikan saja keperluannya untuk memotret kembang api pas pergantian tahun nanti.

Untuk tips lengkap foto kembang api pas tahun baru pakai hape sudah kami ulas di artikel sebelumnya. Begitu pun jika menggunakan kamera DSLR untuk memotret kembang api di malam tahun baru. Kini kami akan berikan deretan aplikasi kamera untuk Android dan iOS yang bisa digunakan saat mengambil foto kembang api.

Aplikasi Kamera dengan Fitur Night Mode

1. Night Camera | Android

Aplikasi kamera pertama yang bisa kamu download adalah Night Camera. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu dapat memotret dengan maksimal saat malam hari tanpa blur berkat adanya dukungan teknik advanced low light berdasarkan multiple exposure fusion.

2. ProCapture | Android

Memiliki UI yang sangat sederhana untuk dipakai semua orang, aplikasi kamera ProCapture juga bisa kamu pakai, terlebih ia memiliki keunggulan utama yang bisa meminimalisir noise saat memproses gambar yang dilakukan saat malam hari.

3. A Better Camera | Android

Aplikasi Kamera dengan Mode Manual

1. Camera FV-5 | Android

Aplikasi Camera FV-5 hadir dengan fitur mode manual sehingga menjadikan kamera hape kamu seperti kamera DSLR. Camera FV-5 memungkinkan kamu untuk menggunakan mode long exposure hingga 30 detik, memakai mode infinity focus dan menghasilkan gambar dalam format RAW.

2. Open Camera | Android

Sama halnya dengan aplikasi Camera FV-5, aplikasi Open Camera juga hadir dengan fitur mode manual yang memungkinkan kamu bisa mengatur fokus, ISO, eksposure dan menghasilkan foto dalam format RAW sehingga mempermudah proses editing. Hadir sepenuhnya gratis tanpa disertai iklan yang mengganggu, aplikasi kamera ini pun memungkinkan kamu memotret menggunakan perintah suara dan dilengkapi fitur HDR yang setingkat dengan hasil kamera profesional.

3. Manual Camera | Android

Manual camera memungkinkan kamu untuk mengatur Shutter Speed, Focus Distance, ISO, White Balance dan Exposure. Namun, aplikasi ini tidak bisa digunakan gratis karena kamu harus membayar Rp 41.000 untuk mengunduhnya melalui Play Store.

4. Manual Camera - Custom Exposure & Controls |Android

Merupakan aplikasi kamera yang berbeda dengan versi Android, Manual Camera untuk perangkat iOS ini memungkinkan kamu mengatus shutter speed, ISO, white balance, focus dan exposure. Untuk mengunduhnya, kamu diharuskan membayar US$ 2,99.

5. ProCamera |iOS

Aplikasi kamera dengan pengaturan mode manual ini berbayar US$ 4,99, dilengkapi dengan setting untuk mengatur speed, low light, HDR dan editing dengan 78 efek dan filter berbeda.

Aplikasi Kamera dengan Pengaturan Fokus

1. AfterFocus | Android

Tersedia secara gratis, aplikasi kamera AfterFocus hadir dengan fitur Lens Blur,  Motion Blur dan Zoom Blur, dengan pengaturan natural dan manual background fading, serta dilengkapi dengan fitur burst mode.

Aplikasi Kamera dengan Pengaturan Long Exposure

1. Lenx - Long Exposure Photos | Android

Selanjutnya adalah Lenx - Long Exposure Photos yang secara khusus memudahkan kamu untuk memotret dengan teknik long exposure dengan hasil berbagai resolusi foto yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

2. Slow Shutter Cam | iOS

Untuk pengguna iOS, kamu bisa menguduh aplikasi kamera Slow Shutter Cam yang juga dilengkapi dengan fitur pengaturan ISO dengan membayar US$ 1,99 saja.

Aplikasi Kamera dengan Fitur Fast Burst

Fast Burst Camera Lite | Android

Saat memotret percikan kembang api saat tahun baru, kamu sebaiknya membidik gambar sebanyak mungkin sehingga mendapatkan banyak pilihan untuk di share ke sosial media. Untuk memudahkan kamu melakukannya, kamu bisa mengunduh aplikasi Fast Burst Camera Lite yang dapat memotret hingga 30 foto dalam satu detik.

Aplikasi Kamera untuk Editing Gambar

Blur Image | Android


Untuk kamu yang ingin menciptakan gambar dengan efek blur seperti yang biasanya diambil dengan kamera DSLR atau mirrorless, kamu bisa menggunakan aplikasi kamera bernama Blur Image yang tersedia gratis untuk platform Android.

Camera 360 | Android dan iOS

Selain kamu bisa menggunakan sejumlah filter untuk mempercantik foto kembang api yang diambil saat tahun baru, Camera360 Ultimate pun menyediakan banyak varian stiker dan template sehingga kamu bisa menghasilkan foto kembang api menggemaskan. Untuk versi Androidnya silakan unduh langsung ke Play Store.

3. BeautyPlus | Android dan iOS

Aplikasi kamera satu ini secara khusus bisa memudahkan kamu untuk mengedit wajah, warna kulit, kantung mata karena disertai segudang tools kosmetik sehingga kamu yang berfoto selfie saat merayakan tahun baru akan lebih cantik.

4. VSCO | Android dan iOS

Hadir dengan sejumlah filter unik dan modern, aplikasi kamera untuk editing ini sudah wajib dimiliki semua pengguna Android dan iOS. Didalamnya, terdapat sejumlah filter yang bisa digunakan secara gratis, namun ada juga yang berbayar.

5. Snapseed | Android dan iOS

Aplikasi kamera untuk editing gambar yang juga wajib kamu unduh adalah Snapseed, merupakan aplikasi buatan Google yang dilengkapi dengan sejumlah tools profesional sehingga membebaskan kamu untuk mengedit foto tahun baru sesuai keinginan.

6. Prisma | Android dan iOS

Jika kamu ingin mengedit gambar menggunakan filter artistik, kamu bisa mengunduh Prisma yang tersedia gratis untuk pengguna Android dan iOS.

7. Instagram | Android dan iOS

Instagram juga merupakan aplikasi wajib untuk pengguna Android dan iOS karena selain bisa mengedit gambar juga bisa menambah banyak teman karena termasuk ke dalam jejaring sosial.

 

Aplikasi Kamera dengan Format RAW

1. Mi2Raw Camera | Android

Foto kembang api dengan format RAW akan memudahkan proses pengeditan. Untuk kamu pengguna smartphone yang berjalan pada OS Android Lollipop keatas, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Mi2Raw Camera ini.

2. PhotoRaw | iOS

Untuk pengguna iOS, kamu bisa mengunduh aplikasi kamera PhotoRaw dengan membayar US$ 9.99.

Aplikasi Kamera dengan Mode HDR

1. HDR Camera | Android

High-dynamic-range yaitu serangkaian teknik yang digunakan dalam fotografi untuk mereproduksi dengan jangkauan pencahayaan yang jauh lebih besar dan dinamis ketimbang teknik fotografis standar.

Tentu saja, kamu yang ingin memotret kembang api bisa menggunakan mode ini sehingga hasilnya menampilkan warna detail. Nah, aplikasi HDR Camera adalah pilihan pertama yang bisa kamu unduh karena ia dilengkapi mode HDR dengan fitur live-preview.

2. Camera HDR Studiov| Android

Selanjutnya adalah aplikasi kamera bernama Camera HDR Studio yang selain dilengkapi fitur seperti HDR Camera juga disertai fitur burst mode, kemampuan untuk memotret pada resolusi penuh, juga bisa digunakan untuk kamera depan.

3. Fusion – HDR Camera | iOS

Aplikasi Kamera dengan Mode Firework

1. Firework Barrage Shooting | Android

Aplikasi yang tersedia di Android ini dilengkapi dengan mode fireworks sehingga kamu bisa lebih simpel untuk memotret kembang api saat tahun baru menggunakan pengaturan yang sudah disesuaikan. Nah, aplikasi kamera ini adalah Firework barrage shooting yang bisa diunduh secara gratis.

Menggunakan bantuan banyak aplikasi di atas, foto kembang api saat perayaan tahun baru dengan hape Android sangat mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba!

Aplikasi Foto Lainnya

Pixlr-o-matic | Android dan iOS

Adobe Photoshop Express | Android dan iOS

Pudding Camera Photo Editor | Android

PicsPlay | Android

Camera Next | Android

PicsArt-Photo Studio Untuk Android dan iOS

SuperPhoto-Effects & Filter | Android

EyeEM- Camera & Photo Filter | Android dan iOS

SuperPhoto-Effects & Filter | Android dan iOS

 

Content Writter

1797 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.