Dipublish Pada Rabu, 27 Des 2017 | 17:12

Foto Kembang Api Tahun Baru 2018 Pakai iPhone Jadi Bagus, Ini 7 Langkahnya!

Sejauh ini, perangkat iPhone dinilai sebagai kamera dengan fitur kamera terbaik. Meskipun hasil tangkapannya masih jauh jika dibandingkan dengan kamera DSLR, tapi kamera iPhone bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang detail.

Jika kamu ingin memanfaatkan kamera iPhone untuk memotret percikan kembang api, tentu saja kamu perlu melakukan sejumlah langkah agar proses pengambilan gambar bisa berjalan maksimal. Untuk membantu kamu melakukannya, silahkan simak tips memotret kembang api dengan iPhone berikut ini:

1. Pakai Mode HDR dan Tetap Simpan Foto Asli

Image via osxdaily

Mode HDR pada kamera iPhone menangkap beberapa foto dengan eskposur berbeda, lalu secara otomatis menggabungkan foto-foto tersebut. Dalam pengambilan objek berupa kembang api, fitur ini bisa kamu manfaatkan karena bisa menghasilkan gambar dengan eksposur berbeda yang seringkali light-trails dan detail lainnya bisa tertangkap.

Untuk menyalakan mode HDR, kamu hanya tinggal membuka aplkasi kamera, lalu tekan tombol ‘HDR Off’ sampai menyala kuning dan tulisan berganti menjadi ‘HDR On’. Lalu, kamu pun bisa menyimpan foto asli jika mode HDR tidak berjalan maksimal dengan mengaturnya melalui Settings > Photos & Camera > Keep Normal Photo.

2. Lock Exposure

Image via MacWorld

Jika kamu sudah mendapatkan satu foto kembang api atau lebih dengan hasil yang baik, silahkan kunci exposure sehingga hasil foto dengan objek kembang api tetap bagus. Cara menyalakan fitur ini adalah menekan dan menahan layar kamera pada yang eksposur dan pencahayaan ingin terkunci sampai muncul tulisan ‘AE/AF LOCK’ berwarna kuning pada layar.

3. Manfaatkan Fitur Burst Mode

Image via osxdaily

Fitur Burst Mode pada iPhone dapat mengambil foto kembang api sekaligus banyak dalam waktu cepat sehingga ideal untuk dipakai pada objek bergerak. Cara mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, pertama dengan menekan dan menahan tombil shutter, kemudian kamera akan bekerja otomatis mengambil gambar berjumlah banyak sampai jari melepaskan shutter.

4. Hindari Zoom Gambar

Kamu mungkin tertarik untuk memperbesar objek dengan menggunakan fitur zoom pada kamera iPhone. Namun, hal ini sebaiknya kamu hindari karena fitur zoom pada iPhone bersifat digital, berbeda dengan penggunaan lensa zoom pada kamera DSLR. Fitur satu ini dirasa kurang ideal untuk mengambil foto kembang api karena hasilnya cenderung blur dan mungkin bisa menangkap cahaya lampu di sekitar lokasi pengambilan gambar yang akan merusak foto.

5. Gunakan Tripod Khusus iPhone

Agar hasil foto kembang api stabil dan minim blur akibat guncangan, kamu bisa menggunakan aksesoris berupa tripod yang khusus dipakai untuk iPhone. Saat membeli aksesoris tersebut, pastikan bahwa ia mendukung seri iPhone yang kamu gunakan.

6. Potret Sebanyak Mungkin

Memotret sebanyak mungkin seringkali dilakukan para fotografer profesional, dapat pula diaplikasikan oleh kamu yang mengambil foto kembang api melalui iPhone. Dalam hal ini, janganlah takut untuk berkreasi dengan menangkap objek sebanyak mungkin sehingga memberikan banyak pilihan foto terbaik untuk selanjutnya kamu share melalui sosial media.

7. Sediakan Memori yang Lega

Sebelum berangkat hunting kembang api di tahun baru 2018 nanti, pastikan memori iPhone kamu cukup untuk menyimpan banyak foto. Atau jika penuh, segera pindahkan file-file yang ada di iPhone ke laptop.

Nah, cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengambil foto kembang api dengan memanfaatkan kamera pada iPhone. Selamat mencoba!

Baca juga artikel:

15 Tips Foto Kembang Api di Tahun Baru 2018 Pakai Kamera DSLR

5 Cara Memotret Kembang Api Tahun Baru 2018 Tanpa Tripod

6 Cara Foto Kembang Api Pakai Hape di Pesta Kembang Api 2018

Contributor

787 Posts