Diperbaharui Pada Kamis, 30 Mar 2023 | 08:43

Tips Memaksimalkan Expert RAW di Galaxy S23 Series 5G untuk Buat Konten Unik

Foto: Samsung

Samsung Galaxy S23 Series 5G hadir dengan membawa peningkatan yang signifikan pada kamera. Seri ini didukung oleh teknologi penggandaan sudut Optical Image Stabilizer (OIS) di semua arah, yang memberikan kestabilan kamera ketika mengambil gambar di kondisi minim cahaya.

Penyuka fotografi dengan pengaturan manual akan merasakan manfaat dari teknologi ini, terutama ketika kondisi pemotretan berada di lokasi yang mengharuskan penggunaan bukaan shutter speed lambat. Kondisi ini membutuhkan kamera yang stabil, agar kualitas foto dan videonya tidak blur.

Selain OIS, peningkatan teknologi Nightography pada Samsung Galaxy S23 Series 5G juga dilengkapi dengan fitur-fitur fotografi dan videografi di malam hari, seperti Night Selfie yang mendapatkan dukungan dari kamera Super HDR untuk pertama kalinya di seri ini.

Dengan menggunakan fitur Night Selfie saat berswafoto, kamu akan mendapatkan hasil foto selfie yang lebih tajam, meski kondisi di lokasi pemotretan atau perekaman video, gelap atau kurang cahaya. 

Bila ingin mendapatkan foto potret yang lebih detail dan realistis, maka kamu bisa mengaktifkan fitur Night Portrait yang telah dibekali teknologi AI untuk pengenalan objek pada low light portrait.

Memanfaatkan Fitur Expert RAW untuk Membuat Konten Unik

Segala kelebihan yang ada pada kamera Samsung Galaxy S23 Series 5G semakin lengkap berkat hadirnya fitur Expert RAW yang memungkinkan kamu untuk mengambil foto dan video dengan kualitas profesional, meski tanpa peralatan tambahan.

Keunggulan utama pada fitur Expert RAW terdiri dari Astrophoto yang memungkinkan untuk menangkap keindahan bintang di langit. Selain itu, tersedia juga mode Multi-Exposure yang dapat digunakan untuk menyatukan dua foto atau lebih, di dalam satu frame.

Lalu, kamu juga bisa mengolah dan berkreasi dengan foto menggunakan aplikasi Adobe Lightroom yang sudah terintegrasi di dalam fitur Expert RAW, sehingga hasil jepretan bisa langsung diedit di perangkat smartphone saat itu juga.

Agar hasil foto dan video semakin terlihat unik, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan fitur Expert RAW, yaitu:

1. Memotret Bintang di Langit Malam dengan Astrophoto

Foto: Samsung

Dulu, mengambil foto langit di malam hari membutuhkan kamera berspesifikasi tinggi, dengan lensa khusus yang mampu menangkap setiap detil bintang di angkasa. Kini hal tersebut bisa dilakukan dengan kamera smartphone.

Fitur Expert RAW pada Samsung Galaxy S23 Series 5G dilengkapi dengan kemampuan Astrophoto yang memungkinkan kamu untuk memotret bintang di langit pada malam hari, dengan hasil yang setara dengan jepretan kamera profesional.

Agar hasil foto menjadi lebih maksimal, pastikan kamu mengambil foto di lokasi yang minim cahaya lampu dari gedung atau bangunan di sekitarnya.

Dengan memilih lokasi yang bercahaya minim, maka kamu bisa mengoptimalkan kemampuan Astrophoto dari kamera Samsung Galaxy S23 Series 5G, sehingga hasil fotonya menjadi lebih maksimal, dengan detail yang tajam.

2. Berkreasi dengan Multi-Exposure untuk Membuat Konten Epic

Foto: Samsung

Berkreasi dengan foto dan video dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan mode Multi-Exposure pada kamera. Samsung Galaxy S23 Series 5G dibekali dengan mode ini, untuk menghasilkan foto dan video yang unik dan epic.

Mode Multi-Exposure pada Samsung Galaxy S23 Series 5G memungkinkan kamu untuk menggabungkan 2 atau lebih foto, sehingga menghasilkan satu foto yang unik untuk ditampilkan di media sosial seperti Instagram atau TikTok.

Agar hasil fotonya lebih optimal, siapkan beberapa objek berbeda misalnya satu foto potret, satu foto lansekap, dan satu foto objek atau benda. Namun, kamu juga bisa bereksperimen dengan dua foto potret untuk digabungkan menjadi satu.

Atur exposure yang berbeda untuk setiap foto yang akan digabungkan, agar tercipta kontras warna yang membuat hasil fotonya terlihat lebih menarik. Saat akan diunggah ke Instagram, kamu juga bisa menambahkan filter agar foto terlihat unik dan berbeda.

3. Edit Foto Secara Profesional Menggunakan Adobe Lightroom

Foto: Samsung

Fitur Expert RAW pada Samsung Galaxy S23 Series 5G sudah dilengkapi dengan aplikasi Adobe Lightroom yang terintegrasi, sehingga kamu bisa langsung melakukan pengeditan hasil foto dan video secara langsung di smartphone.

Selain itu, Adobe Lightroom pada fitur Expert RAW juga memungkinakan kamu untuk menyimpan hasil jepretan foto dan perekaman video di layanan penyimpanan Cloud, sehingga foto dan videonya bisa diakses melalui laptop atau PC.

Tips untuk mengedit foto menggunakan Adobe Lightroom, pastikan objek yang difoto jelas dan tajam, sehingga menjadi lebih mudah untuk diolah. Selain itu, pastikan juga exposure pada fotonya pas, tidak terlalu terang, dan tidak terlalu gelap, agar detail foto tidak hilang.

Coba Langsung Fitur Expert RAW di Samsung Consumer Launch

Foto: Samsung

Bagi kamu yang berdomisili di Medan dan tertarik untuk merasakan langsung keunggulan dari fitur Expert RAW di Samsung Galaxy S23 Series 5G, maka kamu bisa mengunjungi acara Consumer Launch Samsung yang digelar dari tanggal 29 Maret – 2 April 2023 di Sun Plaza.

Selama acara berlangsung, tersedia berbagai penawaran eksklusif senilai total hingga Rp 4.100.000 untuk setiap pembelian unit smartphone Samsung Galaxy S23 Series 5G. 

Keuntungan yang bisa didapatkan oleh pembeli di antaranya:

  • Cashback hingga Rp 2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy).
  • Cashback dari mitra bank hingga Rp 750.000.
  • Fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai Rp 899.000
  • Free casing senilai Rp 499.000.
  • Special gift hasil kolaborasi Samsung dengan VARYAN dan Exacoat berbahan ramah lingkungan (persediaan terbatas).

Berikut daftar harga Samsung Galaxy S23 Series:

Samsung Galaxy S23 5G Samsung Galaxy S23+ 5G Samsung Galaxy S23 Ultra 5G
  • 8 GB/128 GB: Rp 12.999.000
  • 8 GB/256 GB: Rp 13.999.000
  • 8 GB/256 GB: Rp 15.999.000
  • 8 GB/512 GB: Rp 17.999.000
  • 12 GB/256 GB: Rp 19.999.000
  • 12 GB/ 512 GB: Rp 21.999.000
  • 12 GB/1 TB: Rp 25.999.000

Content Writter

1536 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.