Dipublish pada Selasa, 12 Jul 2022 | 16:27

Update Otomatis Bikin Boros Hp dan Paket Data, Matikan Pakai Ini

Cara Mematikan Update Otomatis di hp

Secara default, pembaruan aplikasi secara otomatis di Android biasanya sudah diaktifkan. Artinya dalam waktu-waktu tertentu, aplikasi yang Anda dapatkan dari Google Play Store akan diperbarui sendiri, tanpa aktivasi manual.

Nah, kekhawatiran yang muncul biasanya terkait paket data dan juga kecepetan bandwith yang sedang dimiliki. Maka dari itu biasanya setiap hp Android memiliki opsi untuk mematikan fungsi otomatis update ini.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin mematikannya? Berikut cara menghentikan pembaruan aplikasi otomatis di Android.

Cara Mematikan Update Otomatis di Hp Android

Cara Mematikan Update Otomatis di hp

Sebelum memasuki fase untuk mematikan pembaruan atau update otomatis di hp Android, Anda perlu tahu kapan aplikasi akan diperbaharui secara otomatis. Seperti yang disebutkan, fitur ini di perangkat Android Anda diaktifkan secara default dalam setiap pengaturan hp Android.

Pembaruan otomatis terjadi pada waktu-waktu tertentu agar tidak mengganggu penggunaan telepon. Misalnya, aplikasi biasanya akan diperbarui saat perangkat sedang diisi daya dan tidak digunakan, atau saat malam hari ketika pengguna dalam masa istirahat.

Yang perlu diketahui, pertama, ini dapat memengaruhi masa pakai baterai Anda, karena pembaruan dapat menghabiskan cukup banyak baterai jika lebih dari satu aplikasi berada dalam antrian pembaruan. Kedua, Anda mungkin tidak menggunakan perangkat Anda selama pengisian daya, sehingga penggunaan aplikasi Anda tidak akan terganggu.

Meski begitu, terkadang beberapa aplikasi memaksa melakukan pembaruan sendiri ketika sedang bekerja atau saat digunakan. Dan hal ini berakibat mengganggu aktivitas Anda. Untuk itu, langkah mematikan update otomatis pada hp Android sangat dibutuhkan.

Alasan besar lainnya adalah pengembang terkadang dapat merilis pembaruan yang tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Beberapa pembaruan akhirnya merusak aplikasi dengan cara yang tidak terduga.

Dengan menghentikan pembaruan otomatis di perangkat Android, Anda dapat mengambil langkah mundur dan memastikan versi aplikasi terbaru stabil sebelum ada di perangkat.

Menghentikan pembaruan aplikasi otomatis di hp Android sebenarnya prosesnya sangat mudah selama Anda menggunakan Google Play Store untuk mengunduh dan memelihara aplikasi.

Cara Mematikan Update Otomatis di hp

Berikut cara menghentikan pembaruan aplikasi otomatis di hp Android Anda:

- Buka Google Play Store .

- Klik Profil di sudut kanan atas.

- Klik Setting .

- Di samping Preferensi jaringan, klik panah tarik-turun.

- Pilih Perbarui aplikasi secara otomatis .

- Pilih antara Hanya melalui Wi-Fi atau Jangan perbarui aplikasi secara otomatis .

Anda juga dapat memilih salah satu dari kedua pengaturan tersebut. Untuk menghindari biaya data saat bepergian atau saat Wi-Fi Anda mati, pilih Hanya melalui Wi-Fi.

Ini berarti bahwa pembaruan otomatis tidak akan pernah terjadi melalui jaringan seluler. Jika Anda ingin memiliki kontrol penuh atas pembaruan apa yang keluar dan diterapkan ke aplikasi Anda, pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis.

Setelah memilih ini, Anda harus masuk ke Google Play Store secara manual memilih aplikasi yang ingin Anda perbarui.

Opsi ini memberi Anda sedikit lebih banyak kontrol pada semua aplikasi, utamanya terkait kapan Anda akan melakukan pembaharuan. Pastikan untuk memeriksa kembali sesekali versi baru aplikasi favorit Anda.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT