Dipublish pada Kamis, 9 Jun 2022 | 13:04

TikTok Luncurkan Avatar, Begini Cara Pakai TikTok Avatars

cara pakai avatar tiktokFoto: TikTok

Aplikasi video TikTok baru saja meluncurkan efek baru bernama ‘TikTok Avatars’ yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan wajah virtual saat merekam video untuk diunggah ke platform berbagi video pendek tersebut.

Cara kerja TikTok Avatars tidak jauh berbeda dengan efek fitur sejenis yang dapat ditemukan di aplikasi dan platform media sosial lain seperti pada Snapchat dengan Bitmoji, avatar Facebook dan Instagram, avatar di hp Samsung dan iPhone, hingga aplikasi chat seperti WhatsApp, yaitu dengan mengganti wajah pengguna dengan wajah virtual.

Wajah TikTok Avatars yang digunakan oleh pengguna akan bergerak dan menampilkan ekspresi yang sama dengan yang dilakukan oleh pengguna berkat teknologi pengenalan wajah yang dimiliki oleh TikTok.

Cara Menggunakan TikTok Avatars

TikTok Avatars dibuat untuk memberikan kebebasan kepada semua pengguna TikTok untuk dapat mengekspresikan diri mereka selama menggunakan platform berbagi video pendek tersebut.

Efek TikTok Avatars sendiri sudah diluncurkan secara global, sehingga semua pengguna aplikasi TikTok, termasuk yang berada di Indonesia, sudah bisa mencobanya.

Cara menggunakan TikTok Avatars cukup mudah dan tidak memerlukan pengaturan yang ribet, karena pengguna hanya perlu membuka akun TikTok dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tekan tombol ‘+’ yang ada di bagian tengah bawah, untuk mulai merekam video.
  2. Pastikan kamera yang digunakan adalah kamera selfie, sehingga wajah kamu akan terlihat.
  3. Pilih menu ‘Effects’ lalu sentuh ikon pencarian bergambar kaca pembesar.
  4. Ketik ‘TikTok Avatars’ dan pilih efek tersebut.
  5. Pilih salah satu avatar yang tersedia, dan mulai rekam video.

Selain menggunakan avatar yang sudah tersedia, pengguna juga bisa membuat avatar sendiri dengan membuat avatar kustom, dengan menyentuh ikon ‘+ New’ yang ada pada opsi. Setelah itu, pilih salah satu wajah.

Setelah memilih wajah avatar yang diinginkan, pengguna bisa mulai modif avatar TikTok dengan melakukan kustomisasi pada pilihan warna kulit, memilih model dan warna rambut, mengubah bentuk wajah, hingga memilih jenis serta warna alis dan mata yang diinginkan.

Bagaimana, penasaran ingin segera mencobanya sendiri?

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT