Diperbaharui Pada Rabu, 30 Mar 2022 | 16:15

Tips Membuat Foto Epik di Sosmed dengan Galaxy S22 Series 5G


Media sosial masih menjadi media favorit bagi masyarakat yang ingin menunjukkan kreativitas mereka. Beragam foto dan video kreatif banyak kita temukan di Facebook, Instagram hingga Tiktok.

Tapi, untuk membuat sebuah konten yang menarik tidak hanya butuh ide kreatif, tapi juga harus di dukung perangkat yang mumpuni. Menjawab kebutuhan konsumen, Samsung kini menghadirkan rangkaian Galaxy S22 Series 5G yang bisa menjadi jawaban para content creator untuk menuangkan ide-ide mereka.

Karena Samsung Galaxy S22 series 5G dibekali dengan Pro-grade camera, deretan fitur fotografi dan videografi inovatif, hingga editing tools yang lengkap. Dijamin foto yang dihasilkan menjadi lebih epik untuk di share ke media sosial.

Untuk lebih mengetahui sejauhmana kemampuan kualitas kamera bisa menghasilkan foto-foto yang epik untuk sosial media Anda, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

Tips Membuat Foto Epik di Sosmed

1. Foto Bokeh Lebih Dramatis


Samsung Galaxy S22 series 5G dibekali segudang fitur kamera yang bisa Anda gunakan untuk segala macam aktivitas. Salah satunya Portrait Mode. Bisa dibilang, kemampuan fitur Portrait Mode di galaxy S22 series 5G merupakan salah satu yang terbaik.

Mode ini digunakan untuk menangkap ekspresi dan karakter wajah lebih tajam, sehingga feel konten lebih tergambarkan dan dramatis. Agar cerita dari foto portrait lebih menarik, Anda bisa menambahkan caption yang catchy supaya konten di media sosial jadi lebih ekspresif.

Selain untuk foto, fitur Portrait bisa juga digunakan untuk video. Seru untuk merekam momen yang mungkin ditemukan saat berjalan atau sedang mengunjungi tempat-tempat menarik. Sehingga hasilnya terlihat lebih cinematic.

2. Foto Panning Lebih Mudah


Galaxy S22 Series 5G dilengkapi dengan Pro-grade camera yang ditunjang dengan mode pro. Hal ini bisa Anda maksimalkan untuk mendapatkan hasil foto panning, seperti balapan atau objek yang bergerak.

Untuk memotret dengan teknik panning, Anda perlu memerhatikan shutter speed, ISO, dan aperture. Shutter speed perlu diatur dengan kecepatan lambat untuk exposure yang lebih panjang. Pengaturan ISO dan aperture perlu disesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitar.

Semua pengaturan itu bisa Anda dapatkan di mode pro pada aplikasi kamera Galaxy S22 Series 5G dengan pengoperasian yang simpel. Atau yang mau simpel dalam menggunakan teknik panning, ada baiknya memanfaatkan autofocus agar kamera otomatis mengunci fokusnya pada objek yang sedang bergerak cepat.

Dalam hal ini, keberadaan AI terbarukan yang menggantikan fungsi sensor Laser AutoFocus (AF) di Galaxy S22 Series 5G membuat hasil fokus jadi lebih pintar, sehingga hasil foto panning akan benar-benar fokus pada objek yang diinginkan.

Terakhir, untuk eksekusinya, Anda harus menggerakan kamera searah dengan objek yang difoto dengan timing yang berbarengan sembari Anda menekan shutter untuk mendapatkan hasil foto panning yang epik.

3. Foto Landscape Lebih Epik


Menangkap cahaya malam di perkotaan dapat menjadi konten epik untuk media sosial. Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah memilih lokasi yang tepat untuk menangkap landscape dengan jelas.

Senayan Park merupakan salah satu spot terbaik untuk itu. Disini kita bisa menggunakan Pro Mode maupun Night Mode yang ada di Galaxy S22 series 5G. Dengan Pro Mode, kita bisa pakai slow shutter untuk menghasilkan efek motion blur di objek-objek yang sedang bergerak. 

Misalnya, kita ingin hasil foto gedung yang beda dari yang lain. Kita bisa memaksimalkan lalu lalangnya orang di Senayan Park dengan slow shutter, jadi mereka yang lewat akan memberikan efek motion blur di depan gedung-gedung bercahaya yang kita potret.

Kalau dengan Night Mode, enaknya di Galaxy S22 5G dan Galaxy S22+ 5G adalah, pemrosesannya jauh lebih cepat dibanding perangkat sebelumnya, jadi hasil fotonya nggak akan shaky dan dengan resolusi yang tetap tinggi. Ini sangat berguna kalau kita mau ambil foto suasana malam dengan cepat untuk langsung di-upload di Instagram atau di-share ke teman via WhatsApp.

Kita juga bisa memaksimalkan Super Steady System dan Super Slow Motion di Galaxy S22 5G dan S22+ 5G untuk merekam kegiatan. Dengan Super Steady System gabungan OIS dan AI VDIS yang terbarukan, Anda bisa merekam sambil berjalan di tepi danau buatan, skywalk, hingga di dalam mal dengan lebih smooth, lebih stabil, dan lebih jernih, termasuk di malam hari.

Galaxy S22 5G dan S22+ 5G juga sudah mendukung Super Slow Motion di 120fps, jadi kita bisa video slow motion dari pancuran air di danau buatan hingga orang-orang yang naik sepeda gandeng dengan hasil yang smooth dan epik.

4. Foto Jarak Jauh Lebih Detail


Mau mengambil objek yang jaraknya jauh dan hasilnya bagus? Semua itu dimungkinkan dengan Samsung Galaxy S22 series 5G. Anda bisa gunakan fitur Space Zoom di Galaxy S22 Series 5G yang didukung teknologi Detail Enhancer yang bisa meningkatkan kualitas foto dengan detail dan kedalaman warna yang lebih menawan.

Khusus untuk Galaxy S22 Ultra 5G, hp Samsung terbaru ini juga dilengkapi dengan sistem Dual Tele Zoom yang mampu menjangkau zoom hingga 30x. Bahkan jika diperlukan pengguna dapat melakukan 100x untuk melihat yang lebih jauh lagi.

Hal ini tidak terlepas dari teknologi Super Resolution yang mampu mengurangi keburaman yang kerap muncul saat memotret dengan zoom untuk membawa Anda lebih dekat ke objek yang difoto dengan lebih nyata.

5. Foto Lebih Aesthetic


Untuk membuat foto lebih aesthetic, Anda juga bisa melakukan sedikit editing. Serunya proses edit bisa menggunakan built-in editing tools di aplikasi kameranya langsung, ada Photo Remastering dan Object Eraser. Kalau mau hasil yang lebih PRO, bisa edit dengan Adobe Lightroom langsung dari aplikasi Expert RAW.

Kita bisa explore berbagai gaya exposure sama tone dan contrast warna. Kalau dapat yang sesuai selera, tinggal replicate ke foto-foto lain yang bikin konten visual lebih berkarakter dan makin aesthetic.

Dengan demikian, Galaxy S22 Series 5G cocok untuk yang senang bereksperimen dengan berbagai gaya warna pada foto dan suka menggunakan preset-preset kekinian yang lagi trending di media sosial.

Itulah beberapa tips membuat foto epik di sosmed dengan Samsung Galaxy S22 Series 5G. Selamat mencoba.

Content Writter

2486 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.