Dipublish pada Rabu, 9 Mar 2022 | 14:34

Cara Memaksimalkan S Pen di Samsung Galaxy Tab S8+

harga samsung galaxy tab s8 plusFoto: Samsung

Teknologi S Pen Samsung terus berkembang seiring dengan diluncurkannya berbagai perangkat terbaru mereka. S Pen turut hadir di jajaran tablet Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G untuk memberikan pengalaman menulis dan menggambar yang lebih baik berkat latensi rendah.

Sebagai contoh, S Pen pada perangkat Samsung Galaxy Tab S8+ memiliki latensi hingga mencapai 2,8 ms, sehingga terasa natural ketika digunakan, selayaknya menulis di atas kertas. Keunggulan ini menjadi salah satu daya tarik, terutama bagi pengguna yang memiliki mobilitas kerja tinggi.

Menurut Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, kinerja S Pen yang dipadukan dengan kemampuan Multi-Active Window, Samsung Dex, baterai kuat 10.090 mAh dan prosesor Snapdragon 8 Gen 1, akan memperkaya user experience.

Berikut beberapa tips kerja  yang dapat dilakukan dengan memaksimalkan fungsi dan fitur-fitur dari S Pen di tablet Samsung Galaxy Tab S8+ terbaru.

1. Catat Setiap Ide yang Muncul

Project yang sukses selalu bermula dari ide yang menarik dan diolah dengan baik. Sayangnya kita tidak dapat mengatur kapan dan di mana gagasan itu bisa timbul.

Agar calon project brilian Anda berikutnya tidak hilang, segera simpan ide apapun yang muncul di Galaxy Tab S8+, bahkan saat layar tablet masih off. 

Gunakan S Pen untuk langsung mencatat di layar luas 12,4 inci Galaxy Tab S8+ tanpa mengaktifkan layarnya terlebih dahulu dengan fitur Screen off memo.

Cukup ambil S Pen, tekan tombolnya, dan mulai menulis langsung di layar. Catatan ini akan otomatis tersimpan ke Samsung Notes dan dapat diolah lagi kemudian. 

2. Gunakan Fitur Air Action pada Aplikasi Musik

Setiap orang punya caranya sendiri untuk beristirahat, misalnya dengan mendengarkan musik. Gunakan S Pen untuk memainkan playlist favorit dengan Samsung Galaxy Tab S8+.

Berkat fitur Air Action, Anda bisa mengontrol atau mengganti track hanya dengan menekan tombol pada S Pen, sambil melakukan hal lain.

harga samsung galaxy tab s8 plus

3. Buat Shortcut dengan Fitur Smart Select

Pada tablet Samsung Galaxy Tab S8+, pengguna bisa menambahkan referensi di Samsung Notes berupa gambar, audio, file PDF, ataupun link ke website. 

Setelah kerangka project ini selesai, dengan fitur Smart Select, bagian-bagian yang penting dapat dipilih dengan S Pen dan dibuatkan shortcut ke Home screen untuk akses lebih cepat kemudian.

Anda juga dapat menjadikan bagian tersebut menjadi file image yang bisa langsung Anda share ke tim melalui email atau Whatsapp group. 

4. Gunakan untuk Live Sharing

Ketika menggunakan Samsung Galaxy Tab S8+ untuk Zoom meeting, atau ketika menggunakan Google Duo, pengguna bisa memanfaatkan S Pen ketika sedang melakukan live sharing.

Pengguna bisa bertukar referensi berupa teks, foto atau video dari Gallery, coretan gagasan di Samsung Notes, hingga menonton referensi video Youtube bersama atau bahkan membahas rute di Google Maps sambil meeting.

Selain itu, pengguna juga bisa mengaktifkan multi-active window dengan menjalankan sampai tiga aplikasi sekaligus. Jadi saat meeting dengan Zoom atau Google Duo, Anda bisa sambil mengedit detail project di Samsung Notes sehingga tidak ada waktu yang terbuang. 

5. Maksimalkan Fitur Samsung Notes

Samsung Notes pada tablet Samsung Galaxy Tab S8+ sudah diperbarui dan kini dibekali dengan fitur-fitur baru seperti split view mode dan divisible pages, di mana pengguna bisa mencatat dengan S Pen di Samsung Notes sambil memeriksa halaman lain.

Selain itu, pengguna juga bisa membuat to-do-list di Samsung Notes atau menyusun schedule atau timeline di aplikasi Noteshelf dengan goal-goal kecil dan bertahap.

Pengguna bisa memantau to do list dan goals untuk mencoret yang telah berhasil diselesaikan, menggunakan S Pen. 

Share :
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writer

1144 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.

ARTIKEL TERKAIT