Diperbaharui Pada Kamis, 6 Jun 2024 | 13:07

Cara Mematikan dan Menghapus Google Tracking

Foto: iStock

Apakah Anda menggunakan aplikasi Google? Jika iya, mungkin Anda sedang dilacak. Bahkan jika Anda mematikan riwayat lokasi di Google Maps, Anda masih tetap terlacak karena beberapa aplikasi Google menyimpan data lokasi.

Google telah mempermudah untuk mengontrol lokasi dan data lain yang disimpan seperti menyimpan riwayat lokasi dan penelusuran, tapi hal ini menjadi masalah karena hacker bisa saja melacak hp Anda menggunakan pelacak Google.

Menonaktifkan riwayat lokasi hanya menghapus tempat yang pernah dikunjungi dari fitur garis waktu Google Maps. Beberapa data lokasi juga akan terus disimpan di pengaturan lain seperti aktivitas web dan Aplikasi Anda.

Cara Mematikan Pelacak Google Tracking

Sebenarnya data yang disimpan oleh Google membantu mengingat riwayat perjalanan terakhir dan lokasi-lokasi yang mungkin akan dituju. Informasi tersebut juga tidak akan dibagikan ke siap apun.

Pada Google Maps misalnya, pengaturannya memang terkadang bisa mengganggu, namun sebenarnya cukuip bermanfaat untuk membantu Anda mendapatkan pengalaman perjalanan yang dipersonalisasikan.

Selain itu, Google juga hampir selalu memberikan informasi yang lebih relevan. Namun kalau Anda lebih memilih untuk menonaktifkan fungsi ini. Berikut cara mematikan pelacakan Google di hp Android dan iOS

  1. Buka Google.com di browser desktop atau smartphone Anda, dan masuk ke akun Google menggunakan tombol di bagian kanan atas
  2. Klik ikon pengguna di pojok kanan dan pilih Manage your Google Account.
  3. Klik Privacy & Personalization.
  4. Klik Things you've done and places you’ve been.
  5. Klik Location history di dalam kotak History settings. Ini akan membuka Activity Controls.
  6. Dibawah Location History, Klik tombol di sebelah kanan yang bertuliskan Turn Off dan akan muncul layar pop-up
  7. Gulir ke bagian bawah layar dan klik Pause

Menjeda setingan ini mencegah Google menyimpan penanda lokasi dan berhenti menyimpan informasi yang dikumpulkan dari penelusuran atau aktivitas lainnya.

Jika Anda masih menggunakan Google Maps, Google masih perlu mengakses lokasi Anda. Dengan melakukan langkah-langkah di atas hanya mencegah Google untuk menyimpan aktivitas apapun di masa mendatang saja.

Cara Menghapus Riwayat Google Tracking

Menonaktifkan pelacakan akan mencegah Google menyimpan informasi lokasi baru, tetapi tidak menghapus data sebelumnya yang dikumpulkan. 

Untuk itu Anda perlu menghapus riwayat lokasi secara permanen agar Google tidak bisa lagi melacak keberadaan Anda. Berikut cara menghapus informasi tersebut:

  1. Buka Google.com di browser desktop atau smartphone Anda, dan masuk ke akun Google Anda menggunakan tombol di bagian kanan atas
  2. Setelah masuk, klik ikon pengguna di pojok kanan dan klik Manage your Google account.
  3. Klik Privacy & Personalization.
  4. Klik Things you've done and places you’ve been.
  5. Klik Location history di dalam kotak History settings. Ini akan membuka Activity Controls
  6. Klik Manage history di dekat bagian bawah halaman. Ini akan membuka peta dengan garis waktu di sudut kiri. Peta dan garis waktu menunjukan dimana Anda pada jam berapa.
  7. Untuk menghapus lokasi pada tanggal tertentu, klik tanggal di timeline. Tanggal tersebut kemudian akan ditampilkan di bawah timeline. Klik ikon tempat sampah di sebelah kanan tanggal. Di layar pop-up klik Delete day.
  8. Untuk menghapus semua riwayat lokasi secara sekaligus, klik ikon tempat sampah di dekat sudut kanan bawah peta. Di layar pop-up klik kotak yang bertuliskan I understand and want to delete all Location history. Klik Delete location history.

Foto: iStock

Cara Menghentikan Google Mengumpulkan Aktivitas Web dan Aplikasi

Saat Anda membuat akun Google baru, Google akan meminimalisir jumlah data yang dikumpulkan dengan menyimpan aktivitas web dan aplikasi selama 18 bulan, lalu setelahnya akan terhapus secara otomatis

Berikut cara menghentikan Google mengumpulkan aktivitas web dan aplikasi Anda di masa mendatang:

  1. Buka Google.com di browser desktop atau smartphone Anda, dan masuk ke akun Google Anda menggunakan tombol di bagian kanan atas
  2. Setelah masuk, klik ikon pengguna di pojok kanan dan klik Manage your Google account
  3. Klik Privacy & Personalization.
  4. Klik Things you've done and places you’ve been.
  5. Klik Web & App Activity di dalam kotak History settings. Ini akan membuka Activity Controls
  6. Klik Turn off di bawah Web & App Activity
  7. Dilayar pop-up klik Pause
  8. Klik Got it

Cara Menghapus Aktivitas Web dan Aplikasi

Setelah Anda menghentikan pelacak Google mengumpulkan aktivitas web dan aplikasi, Google masih memiliki data yang lama sebelumnya tersimpan. 

Data tersebut masih bisa diakses oleh Google untuk merekomendasikan informasi yang Anda butuhkan ketika Anda menggunakan Google Search. Berikut cara menghapus aktivitas web dan aplikasi Anda sebelumnya:

  1. Buka Google.com di browser desktop atau smartphone Anda, dan masuk ke akun Google Anda menggunakan tombol di bagian kanan atas
  2. Setelah masuk, klik ikon pengguna di pojok kanan dan klik Manage your Google account
  3. Klik Privacy & Personalization
  4. Klik Things you've done and places you’ve been
  5. Klik Web & App Activity di dalam kotak History settings. Ini akan membuka Activity Controls
  6. Klik Manage all Web & App Activity di dekat bagian bawah layar.
  7. Di bawah Search your Activity, klik Delete di sebelah kanan.
  8. Jendela baru akan menampilkan opsi untuk menghapus Web & App Activity dari Last hour, Last day, All time atau Costum range, Klik All time.
  9. Jendela baru akan terbuka dan meminta Anda untuk memilih layanan mana yang akan dihapus aktivitasnya. Select all akan dipilih secara otomatis, tetapi Anda dapat memilih dan memilih aplikasi atau layanan mana yang akan dihapus informasinya. Klik Next ketika Anda puas dengan pilihan Anda.
  10. Jendela pop-up terbuka yang bertuliskan Confirm you would like to delete the following activity di dekat bagian atas. Klik Delete di dekat bagian bawah.
  11. Klik Got it

Menonaktifkan fitur tracking, aktivitas web dan aplikasi pada Google memang menghilangkan pengalaman personalisasi di smartphone Anda.

Tetapi, bagi Anda yang sangat memprioritaskan privasi di atas segalanya, mungkin cara-cara di atas bisa dicoba agar merasa aman dan nyaman ketika berpergian

Selamat mencoba!

Content Writter

1722 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.