Dipublish pada Rabu, 8 Sep 2021 | 14:55

Cara Membuat Tanda Tangan di Word (Digital/Elektronik)

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Memasuki era transformasi digital, menuntut kita untuk beradaptasi dengan beberapa kebiasaan baru yang sebelumnya tak pernah terpikirkan, salah satunya ialah tanda tangan digital untuk mengesahkan dokumen.

Jika sebelumnya tanda tangan identik dengan tulisan tangan dan pulpen, saat ini pada beberapa institusi, organisasi, atau perusahaan, telah memperbolehkan penggunaan tanda tangan digital. 

Terlebih di masa Pandemi seperti sekarang, dimana banyak kantor yang menerapkan Wfh (Work from Home), sehingga tanda tangan digital menjadi salah satu hal yang dibutuhkan.

Terlepas dari hal tersebut, pada dasarnya ada kelebihan dari tanda tangan digital ini. Selain menghemat kertas, dokumen digital ini juga mudah dibaca di mana saja.

Dan seperti tanda tangan pada umumnya, tanda tangan digital juga bisa diterapkan pada aplikasi dokumen seperti Word. Namun, tidak semua mengetahui cara membuat tanda tangan di Word.

Untuk itu, kali Pricebook akan coba menjelaskan bagaimana cara membuat tanda tangan digital di Word. Semua bisa dilakukan dengan PC, laptop, dan juga smartphone.

Berikut cara membuat tanda tangan digital di Word dengan mudah.

Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Cara Membuat Tanda Tangan di WordJika Anda ingin mencoba menambahkan tanda tangan digital ke dokumen Word, berikut cara membuat tanda tangan di Word:

1. Pindahkan kursor ke area yang ingin dibubuhi tanda tangan di dokumen Word.

2. Pilih tab Insert.

3. Arahkan kursor ke bagian Teks dan pilih Signature Line.

4. Klik Microsoft Office Signature Line dan kotak dialog Signature Setup akan muncul.

5. Masukkan data, seperti nama penanda tangan, jabatan, alamat email, dan instruksi lebih lanjut, kemudian centang kotak jika diperlukan (jika Anda menandatangani ini akan menjadi detail). Klik OK.

6. Klik kanan pada bagian tanda tangan dan ketik nama Anda atau unggah gambar tanda tangan.

Membuat Tanda Tangan Elektronik di Word

Cara membuat tanda tangan digital di word

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menambahkan tanda tangan elektronik dibandingkan tanda tangan digital ke dokumen mereka. Dan Microsoft Word membuat keinginan banyak orang ini mudah untuk dilakukan.

Untuk menambahkan tanda tangan elektronik,berikut langkah-langkah cara membuat tanda tangan di Word yang bisa diikuti:

1. Buat tanda tangan di tengah selembar kertas putih kosong dengan cara tulis tangan.

2. Pindai atau scan tanda tangan yang telah dibuat dan simpan di komputer dalam salah satu format file .bmp, .gif, .png, atau .jpg.

3. Buka file gambar di Microsoft Word dengan mengklik tab Insert dan pilih Picture.

4. Klik pada gambar dan edit menggunakan tab Picture Tools Format.

5. Saat selesai mengedit gambar, klik kanan pada gambar dan pilih Save As Picture.

6. Kapan pun Anda ingin menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen Word, klik Insert dan Picture, kemudian cari file gambar yang telah diedit. Lalu seret dan lepas di tempat yang diinginkan di dokumen Word.

Menambahkan Garis Tanda Tangan di Word

Cara Membuat Tanda Tangan i WordSelain diri Anda, tak jarang sebuah dokumen juga membutuhkan tanda tangan orang lain. Untuk membuat dokumen tersebut tampak rapi, biasanya akan diberi garis khusus untuk menunjukkan di mana seseorang harus membubuhi tanda tangannya.

Selain cara membuat tanda tangan di Word, Microsoft Word juga menyediakan cara untuk menambahkan garis tanda tangan ini untuk keperluan dokumen Word. Untuk menambahkan garis tanda tangan ke dalam dokumen Word, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik kiri di tempat Anda ingin meletakkan garis tanda tangan pada dokumen Word.

2. Pilih Signature Line dari bagian Insert. Kemudian kotak dialog akan muncul.

3. Pilih opsi yang diperlukan, lalu klik OK.

Itulah cara membuat tanda tangan di Word, baik yang digital maupun elektronik. Semuanya bisa dijadikan opsi dengan tingkat keabsahan yang serupa.

Semoga membantu.

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT