Dipublish Pada Jumat, 13 Jan 2023 | 18:00

7 Cara Menggunakan Mode Manual pada Kamera Hp

Foto: Pexels

Teknologi pada kamera hp semakin berkembang. Bahkan, sejumlah smartphone diklaim memiliki kamera yang berkemampuan setara dengan kamera DSLR dan mirrorless. Maka tidak heran bila smartphone terkadang menjadi gawai wajib untuk dibawa liburan, karena fungsinya sekaligus menggantikan kamera konvensional.

Dengan kemajuan teknologi pada kamera smartphone, kamu kini bisa menghasilkan foto kreatif dan estetik ala fotografer profesional hanya bermodalkan kamera hp dan fitur-fiturnya saja. Bagi yang suka mengulik, kami sarankan untuk menggunakan mode manual agar kemampuanmu semakin terasah.

Cara Menggunakan Mode Manual di Kamera Hp

Foto: Pexels

Semua kamera pada smartphone telah dibekali dengan mode auto, namun tidak semuanya memiliki mode manual. Mode manual pada kamera hp ini memungkinkan kamu untuk mempercantik hasil foto dengan berbagai efek buatan sendiri, tentunya dengan mengatur komposisi yang pas dan melakukan sedikit eksperimen.

Kali ini, kami memberikan tips-tips penting untuk memanfaatkan dan memaksimalkan mode manual pada kamera hp. Apa saja langkah yang perlu kamu lakukan saat melakukan pengambilan gambar? Ini dia tips lengkapnya!

1. Atur Kecepatan Rana Lensa

Pada mode manual kamera hp, terdapat fitur bernama shutter atau rana. Saat kamu mengambil gambar, shutter akan membuka dan menutup secara otomatis. Rana ini memiliki kecepatan tertentu (shutter speed), yaitu kecepatan yang diperlukan shutter untuk terbuka.

Jika kamu mengatur shutter speed menjadi cepat, maka shutter akan terbuka lebih cepat dengan menyerap sedikit cahaya. Sebaliknya, kamu yang mengatur shutter speed lambat akan membuat shutter terbuka lebih lama dan menyerap banyak cahaya, sehingga gambar menjadi lebih terang.

Lewat fitur ini, fotografer memanfaatkannya untuk mengatur tingkat blur, dan membuat gambar dengan efek dramatis. Selain itu, pemakaian shutter speed tinggi bisa dipakai untuk membidik objek yang bergerak cepat seperti kembang api atau burung, sedangkan shutter speed lambat untuk hasilkan efek light trail.

2. Sesuaikan White Balance

Beda dengan mata manusia yang bisa melihat warna objek secara jelas, lensa kamera bisa melihat warna dengan cara lain. Terkadang, warna putih bisa terlihat kebiruan atau kekuningan, tergantung pada pencahayaan dari lokasi pengambilan gambar.

Untungnya, mode manual pada kamera hp sudah dilengkapi fitur white balance. Fitur ini memungkinkan kamu mengatur tingkat white balance sesuai pencahayaan, dengan hasil sesuai konsep kreatif, untuk menghasilkan tonal warna yang diinginkan.

3. Kuasai Angka ISO

Pada mode manual kamera hp, terdapat pula pengaturan ISO, yang merupakan komponen untuk mengatur tingkat sensitivitas lensa kamera terhadap cahaya, semakin tinggi ISO, maka semakin tinggi tingkat sensitivitas lensa kamera pada cahaya.

Jika kamu memotret objek pada kondisi cahaya cukup, maka kamu bisa mengatur ISO rendah untuk meminimalisir noise. Sebaliknya, saat kamu mengambil gambar pada kondisi minim cahaya, sebaiknya mengatur ISO ke tingkat lebih tinggi agar objek terlihat jelas karena ISO tinggi dapat meningkatkan kontras pada gambar.

4. Pelajari Tingkat Bokeh Melalui Aperture

Aperture atau bukaan, menjadi salah satu fitur yang diunggulkan beberapa produsen smartphone. Aperture dapat mengatur besaran ukuran diafragma lensa saat mengambil gambar, disimbolkan dengan f/x.x, misal f/1.9.

Semakin kecil angka di belakang f/x.x, bukaan lensa akan semakin besar. Sebaliknya, angka f/x.x semakin besar, maka bukaan lensa semakin kecil. Pada banyak hp flagship, biasanya memiliki bukaan lensa lebar.

Hasilnya, kamera hp tersebut mampu menangkap gambar dengan efek bokeh yang halus, sementara jika aperture bukaan kecil akan membuat fokus lebih merata.

5. Pahami Exposure

Kamera memerlukan cahaya saat menangkap gambar. Jika penyerapan cahaya pada lensa minim, maka hal ini menyebabkan under exposure. Sebaliknya, jika cahaya yang ditangkap lensa berlebihan, hasil gambar akan over exposure.

Exposure sendiri terdiri dari konfigurasi tiga elemen berbeda, yakni shutter speed, ISO dan aperture. Penggabungan ini mempengaruhi tingkat exposure pada sebuah foto, dapat kamu manfaatkan untuk hasilkan efek-efek artistik.

6. Gunakan Fitur HDR

Pada dasarnya, HDR (High Dynamic Range) memiliki cara kerja dengan meningkatkan jangkauan atau tingkat pencahayaan sehingga lebih dinamis.

Dengan memanfaatkan fitur HDR, foto yang dihasilkan akan memiliki tingkat kecerahan lebih baik, ideal untuk dimanfaatkan saat mengambil foto dalam kondisi cahaya minim.

Pada beberapa kamera hp, terdapat fitur HDR+ yang merupakan peningkatan dari fitur HDR biasa. HDR+ disebut memiliki peningkatan fungsi karena mampu hasilkan foto dengan pencahayaan yang lebih merata dan lebih baik.

7. Lebih Banyak Memotret RAW

Tidak hanya tersedia pada kamera DSLR dan mirrorless saja, kamera hp juga memiliki teknologi ini. RAW merupakan format gambar mentah yang dihasilkan kamera sehingga kamu bisa melakukan kostumisasi pada saat editing.

Selain itu, format gambar RAW juga tidak mengalami proses kompresi seperti pada foto berformat JPEG.

Sudah Siap Memotret?

Nah, kalau kamu berhasil menguasai ketujuh hal yang telah kami jabarkan di atas, dijamin hasil jepretan yang kamu hasilkan dengan menggunakan mode manual pada kamera hp akan terlihat seperti foto hasil jepretan fotografer profesional. Siap untuk mencobanya sendiri?

Content Writter

1606 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.