Dipublish Pada Rabu, 9 Feb 2022 | 14:50

Cara Live Streaming di TikTok Beserta Syaratnya

Foto: Pexels

Beberapa tahun belakangan ini, aplikasi media video pendek TikTok mendapat sorotan yang sangat ramai dari para pengguna media sosial. Tidak, sedikit orang yang menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam sebuah video yang diunggah di TikTok. 

Dilansir dari Brankaspedia, hingga saat ini TikTok mampu mengumpulkan sekitar lebih dari 500 juta pengguna di dunia. Menyusul kesuksesannya tersebut, TikTok hadirkan berbagai fitur baru untuk memanjakan para penggunanya. Salah satunya adalah fitur live streaming atau siaran langsung.

Apa Itu Live Streaming TikTok?

Live streaming atau siaran langsung merupakan sebuah platform yang dibuat dalam sebuah aplikasi, untuk menciptakan interaksi langsung antara pemilik akun dengan para penontonnya.

Fitur live streaming yang dimiliki TikTok sama seperti live streaming yang ada di media sosial lainnya, seperti Instagram dan Facebook. Pengguna bisa memulai siaran langsung dengan hanya memencet satu tombol, dan bisa ditonton oleh para pengikutnya. 

Pengikut atau followers, juga bisa berinteraksi dengan cara berkomentar dalam bentuk teks dan akan langsung terkirim dan ditampilkan di layar live streaming. Namun, tidak semua pengguna bisa menggunakan fitur live streaming besutan TikTok. Melainkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Live Streaming TikTok

Berbeda dengan platform live streaming pada media sosial lainnya, TikTok tidak mengizinkan semua penggunanya untuk menggunakan fitur live streaming. Pasalnya, untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus memiliki minimal 1000 pengikut atau followers. 

Jika akun TikTok kamu memenuhi syarat tersebut, maka kamu bisa melakukan live streaming dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Live Streaming di TikTok

Foto: Google Play

  1. Buka aplikasi TikTok kamu, dan masuk ke akun TikTok yang kamu punya.
  2. Ketuk tanda plus, yang terletak di bagian tengah bawah layar.
  3. Ketuk tombol "Live", yang terletak di sebelah opsi untuk merekam.
  4. Masukkan judul streaming, lalu pilih "Tayangkan" untuk memulai.

Bagaimana, mudah bukan? Jika kamu tidak melihat opsi untuk siaran langsung dari layar perekaman, kemungkinan karena akun kamu belum memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk mengakses fitur streaming tersebut. 

Yuk, semangat bikin video TikTok berkualitas biar followers kamu bertambah!

Content Writter

1797 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.