Dipublish pada Sabtu, 14 Jan 2023 | 13:09

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di Laptop

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di Laptop

Saat ini, ada banyak sekali game modern yang sangat menarik untuk dimainkan. Pada umumnya, game modern ini membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi untuk memainkannya. Jika tidak, permainan akan sering mengalami lag atau macet.

Hal ini tentunya sangat mengganggu permainan kita. Semakin tinggi spesifikasinya maka kemampuannya pun akan semakin optimal.

Begitupun sebaliknya,  semakin rendah spesifikasi yang dimiliki perangkat, maka kemampuan bermain game akan semakin buruk. Bahkan, jika dipaksakan bisa merusak perangkat yang digunakan.

Beberapa orang mungkin tidak ingin membeli laptop baru dan menghabiskan uangnya hanya untuk bermain game.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, meskipun kamu memiliki laptop dengan spesifikasi rendah, kamu akan tetap bisa bermain game yang berat tanpa lag dengan mengoptimalkan kinerja laptop yang kamu gunakan. Simak beberapa tips berikut!

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di Laptop

1. Upgrade Software dan Driver

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengupgrade software pada laptop kamu. Periksa windows 10 untuk pembaruan dengan mengetik “pembaruan” atau “update” di kolom pencarian dan pilih “periksa pembaruan” jika masih dalam versi yang lama, pastikan kamu mengupdatenya terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus mengupdate game yang ingin kamu mainkan ke versi terbaru.

Setelah mengupdate software dan game, periksa GPU laptop kamu, pastikan driver sudah diperbarui. GPU harus di update secara rutin untuk membantu meningkatkan cara penggunaan daya, memperbaiki bug, dan mengoptimalkan kinerja untuk berbagai kondisi permainan.

Pembaruan ini dapat memperbaiki masalah FPS dan memperbaiki masalah ketidakcocokan antara game dan kartu grafis kamu.

Namun, driver GPU tidak diperbarui secara otomatis. Untuk memeriksa versi terbaru dari driver GPU, kamu harus menginstal dan mengaktifkan Pembaruan Nvidia atau Pengalaman GeForce untuk GPU GeForce Nvidia. Untuk GPU AMD Radeon, gunakan alat deteksi otomatis Driver.

Namun, update driver dapat menyebabkan masalah seperti mungkin terjadi karena bug atau masalah dengan fitur driver baru yang tidak kompatibel dengan desain game.

Jika ini terjadi, kembalikan driver GPU ke versi sebelumnya atau unduh driver asli dari awal lagi jangan perbarui, untuk saat ini.

2. Aktifkan Mode Game Windows

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di Laptop

Mode ini dapat ditemukan di Windows 10, gunakan mode game dengan kualitas low sesuai dengan kemampuan laptop kamu, hal ini dilakukan untuk menggurangi kualitas grafik pada game yang berat.

Untuk mengaktifkan Mode Game, ketik "game" di kolom pencarian Windows dan pilih Game Mode Settings. Setelah aplikasi pengaturan terbuka, pastikan Mode Game diaktifkan. kamu perlu merestart laptop / PC kamu setelah mengaktifkan fitur ini.

3. Optimalkan Pengaturan Game Kamu

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di Laptop

Untuk mengoptimalkan kinerja perangkat kamu, periksa Nvidia dengan klik kanan pada desktop, pilih panel control Nvidia dari menu pop up, setelah aplikasi terbuka pilih Kelola pengaturan 3D yang ada di kiri bawah pengaturan 3D, lalu klik tab Pengaturan Global yang ditampilkan di sebelah kanan.

Selanjutnya, cari Mode Manajemen Daya. Pastikan fitur ini dialihkan dari Adaptive ke Prefer Maximum Performance, lalu pilih tombol Apply.

4. Pilih Resolusi Layar yang Lebih Rendah

Resolusi layar yang tinggi juga dapat memperberat game kamu, sehingga hal ini akan membuat kamu mengalami lag atau macet saat bermain game.

Jika game yang kamu mainkan tidak dapat berjalan sama sekali, coba ubah resolusi layar menjadi lebih rendah. Atau mungkin, kamu bisa mengubah peraturan dari UHD ke Full HD.

5. Gunakan Aplikasi Game Booster

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game di Laptop

Cara selanjutnya adalah, gunakan aplikasi game booster, tujuan utama aplikasi ini adalah mengurangi aktivitas latar belakang dan meningkatkan fungsi game, sehingga kamu tidak mengalami masalah FPS.

Aplikasi ini akan memprioritaskan game kamu dan menonaktifkan aplikasi lain yang dianggap tidak perlu, sehingga dapat memaksimalkan permainan game kamu.

Aplikasi ini juga menonaktifkan mode tidur CPU dalam upaya meningkatkan sumber daya untuk game yang sedang dimainkan.

Nah itu dia 5 cara untuk mengatasi lag atau macet di laptop atau PC kamu. Dengan melakukan 5 cara tersebut, bisa membuat game berjalan lebih lancar.

Share :
Imam Ali

Imam Ali

Content Writer

1052 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.

ARTIKEL TERKAIT