Diperbaharui pada Selasa, 6 November 2018 | 17:14

Review Asus Zenfone 5z : Berharap pada Performa dan Multimedia

Cover depan Asus Zenfone 5

Hp flagship Asus yang satu ini memang cukup mendapat atensi. Ya, Kami menilai Asus Zenfone 5z bisa menjadi pesaing serius buat hp flagship murah. Meski dari banderol, harga Asus Zenfone 5z masih lebih mahal dibandingkan Pocophone F1. Namun dari segi spesifikasi Asus Zenfone 5z masih unggul di beberapa aspek. Bukan asal bicara, karena Kami juga menyimpan beberapa fakta yang menarik pada review Asus Zenfone 5z kali ini. Diantaranya pengadopsian desain, kualitas ppi layar, dan audio.

Untuk mengobati penasaran, Kami ungkap kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5z. Mulai dari ujung kepala sampai dengan kaki. Seakan mau menelanjangi akan Kami bedah lewat meja redaksi. Review Asus Zenfone 5z dengan pemaparan sederhana akan menjadi bukti.

Langsung Kami pilih varian tertinggi, Asus Zenfone 5z RAM 8GB ROM 256 GB bukan Asus Zenfone 5z RAM 6GB ROM 128 GB. Harapannya, kulikan ini bisa menjadi referensi hp flagship murah 2018 yang bisa Anda beli.

Desain

asus zenfone 5z

Dari segi eksterior, seri Asus Zenfone 5z memang kelihatan futuristik. Tampilan glossy yang mengilap menegaskan sisi kemewahan. Warna hitam maskulin bling-bling membuat bagian depan maupun belakang menjadi elegan. Ditambah material kaca, aspek bodi bisa dibilang tanpa cela.

Tak ada gading yang tak retak, tubuh sempurna desain Asus Zenfone 5z harus rela kotor dengan jemari. Ya, tubuh mulus glossy memang kerap meninggalkan jejak yang mengganggu. Sekali jemari Anda kotor dan berkeringat seketika pula cermin glossy menjadi kumuh terlihat.

Tapi tenang, sama seperti dengan Asus Zenfone Max Pro M1 dan Asus Zenfone 5, pada Asus Zenfone 5z juga disertakan Silicon case di paket penjualan. Anda yang mau membelinya tak perlu risau dengan proteksi yang satu ini. Walau hanya sebagai pelindung bagian belakang dan tepi.

Pada detil bodi, bagian depan dihiasi layar 6,2 inch. Mengadopsi bezel yang tipis, aspek rasio 83,6% dari keseluruhan bodi membuatnya tampil ergonomis. Pindah ke bagian punggung, Hp layar poni ini memiliki sensor dual camera. Sayang kamera ini menyembul keluar sehingga tak nyaman bila harus ditaruh telentang. Karena posisi kamera akan mudah tergores oleh alas di bawahnya.

Kamera

kamera asus zenfone 5z

Dari hasil review Asus Zenfone 5z fitur kamera juga patut diapresiasi. Kejernihan dan ketajamannya bisa digaransi untuk beragam kondisi. Mau jepret dalam ruang jago, mau jepret luar ruang nggak usah disangsikan lagi. Teknologi yang ada di kamera 12MP dan kecerdasan buatannya bisa diandalkan.

Terbukti hasil jepretannya bisa diadu dengan vendor lain yang memang sekelas. Bahkan hp ini katanya bisa direkomendasikan untuk jadi salah satu hp kamera terbaik.

Kami membawanya keluar untuk sekadar bercengkrama dengan suasana Mal Senayan City. Dengan menggunakan default kamera potret interior Kami rekam. Hasilnya, kondisi foto dengan guyuran cahaya yang cukup tetap natural. Pun hal yang sama saat Kami memotret di Stasiun Kebayoran. Tetap detil dan kontras dengan kualitas jepretan HDR yang prima.

hasil foto asus zenfone 5z
Hasil Foto Asus Zenfone 5z, semi outdoor

Hasil foto Asus Zenfone 5z, Makro

Kinerja

asus zenfone 5z buat main game

Jika melihat spesifikasi Asus Zenfone 5z yang galak, seharusnya tak ada lagi yang perlu diragukan. Namun, bukti di atas kertas memang harus ditunjukkan. Apakah sesuai harapan atau malah jadi bumerang?

Pada pengisian baterai, teknologi fast charging yang disematkan bisa mengisi dengan cepat. Dari kondisi baterai tinggal 15% bisa diisi dengan cepat hanya dalam waktu yang kurang dari dua jam. Sekadar info, baterai Asus Zenfone 5z memiliki kapasitas 3.300 mAh.

Pada multitask, kinerja Asus Zenfone 5z cukup gegas. Menjalankan aplikasi berat bersamaan tetap berjalan normal. Nyaris tak ada gangguan berarti. Anda yang menginginkan bermain game MOBA terbaik bisa mewujudkannya. PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Arena of Valor bisa disikat.

Sementara pada hasil benchmark Asus Zenfone 5z tetap menorehkan skor yang kompetitif. Penasaran? Ini hasil benchmarknya;

AnTuTu Benchmark : 270066

Sling Shot Extreme - Open GL : 4654

Sling Shot Extreme - Vulkan : 3701

Geekbench 4, Single core : 2433

Geekbench 4, Multi-core : 5877

Multimedia

multimedia asus zenfone 5z

Kualitas multimedia Asus Zenfone 5z cukup memuaskan. Kami mengujinya dengan beragam pola. Diantaranya dengan melakukan streaming lewat Youtube. Visual layar Asus Zenfone 5z mampu menampilkan gambar bening dengan 1080p-nya.

Pun dengan gelegar suara yang disemburkan speaker bodi juga lantang terdengar. Tak sekadar berteriak, kualitas musiknya pun jempolan. Terlebih bila menggunakan earphone atau headphone yang nendang. Ritme mid, treble, dan bass cukup baik memberikan feedback apik kala berdendang.

Saat dipakai untuk bermain game, respon yang dirasakan cukup membuat tersenyum. Tak ada lag berarti ketika memainkan Asphalt 9 dan PUBG Mobile. Semua bisa lancar terselenggara.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 2246 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 845
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.7 GHz
GPU Adreno 630
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Secara menyeluruh hasil review Asus Zenfone 5z ini cukup menggembirakan. Bermodalkan spesifikasi Asus Zenfone 5z yang mumpuni, kekuatan untuk berkompetisi sepertinya bikin gede nyali. Tapi nanti bisa diselidiki, apakah diterima sama pasar atau malah gigit jari. Apalagi di aspek angka, harga Asus Zenfone 5z cukup kompetitif dibandingkan para rivalnya.

Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5z

+ Desain ergonomis dan elegan, multimedia tergolong jempolan, kinerja spartan, harga yang sepadan.
- Bodinya kerap licin dan meninggalkan sidik jari.

 

Like us!
Priyo Pamungkas

Contributor

30 Posts