Dipublish pada Jumat, 23 Mar 2018 | 13:49

Review Xiaomi Redmi 5 Plus: Layar Maksimal, Baterai Optimal

Xiaomi Redmi 5 Plus
Hp dengan fitur full display kini makin marak saja. Menawarkan view yang lebih luas, hp full display kini mulai merebut perhatian konsumen. Hampir semua perangkat terbaru yang dirilis vendor mengusung konsep full display (ada juga yang menyebut dengan full view).

Tidak ingin ketinggalan dengan tren, belum lama ini Xiaomi merilis dua hp full display mereka ke Indonesia, yaitu Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Dibanding Redmi 5, Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki kelebihan tersendiri yaitu layar yang lebih besar serta penanaman memori yang besar. Sehingga banyak konsumen yang lebih ingin memiliki Xiaomi Redmi 5 Plus, terutama versi RAM 4GB dan ROM 64GB.

Hal ini diperkuat dengan data dari para pedagang di ITC Roxy Mas (yang juga berjualan online), dimana mereka bisa menjual Xiaomi Redmi 5 Plus hingga 5 unit sehari, berbanding dengan Redmi 5 yang hanya terjual 1-2 unit per harinya. Dengan kapasitas RAM yang besar tentunya perangkat memberikan performa yang memadai.

Oleh karena itu, kali ini kami akan coba menguji kemampuan Redmi 5 Plus. Perangkat yang kami gunakan adalah Xaomi Redmi 5 Plus RAM 4GB dan ROM 64GB. Berikut hasilnya:

Desain

Xiaomi Redmi 5 Plus
Secara desain, tampilan Xiaomi Redmi 5 Plus tidak jauh berbeda dengan Redmi 5. Keduanya mengusung layar full view yang mendominasi tampak depan dengan bezel yang tipis. Bedanya Xiaomi Redmi 5 Plus menggunakan layar yang lebih besar yaitu 5,99 inch sedangkan Xiaomi Redmi 5 berlayar 5,7 inch.

Namun dengan layar 5,99 inch tersebut, ukuran Redmi 5 Plus hampir sama (beda beberapa millimeter) dengan hp layar 5,5 inch (kami bandingkan dengan Xiaomi Mi A1). Sehingga masih nyaman untuk ditempatkan di saku celana.   

Sedangkan jika dilihat tampak belakang, hp ini memiliki bentuk yang hampir serupa dengan Xiaomi Redmi Note 4. Hanya saja, Xiaomi Redmi 5 Plus lebih ramping dengan lebar 75.5mm (Redmi Note 4 lebarnya 76mm). Persamaan juga terihat pada penggunaan material metal dengan antena yang membentuk garis di atas dan bawah.

Untuk port yang disediakan tidak ada yang berubah dengan tombol power dan volume di sisi kanan sejajar dengan ibu jari. Di atas ada port audio 3,5mm dengan ketersediaan inframerah. Untuk speaker posisinya ada di bawah mengapit port USB standar. Yang disayangkan adalah Xiaomi Redmi 5 Plus masih menggunakan slot kartu hybrid, dimana kamu harus memilih menggunakan 2 kartu SIM atau 1 kartu SIM dengan microSD.

Full Display

Xiaomi Redmi 5 Plus
Layar memang menjadi pembeda utama dari Xiaomi Redmi 5 Plus dengan hp Xiaomi lainnya. Perangkat ini menggunakan layar dengan bentang 5.99mm, termasuk ukuran yang besar. Namun dengan bezel yang dibuat setipis mungkin, bisa memangkas ukuran perangkat secara keseluruhan,

Layar Redmi 5 Plus ini sudah memiliki resolusi FullHD 1,080 x 2,160 pixel dan sudah mengadopsi aspek rasio 18:9. Meski ukurannya lebih besar, namun penggunaan resolusi 1080p layar Redmi 5 Plus masih sanggup memberikan tampilan yang tajam dan jernih.

Namun untuk penggunaan di luar ruangan dengan pantulan cahaya matahari langsung, layarnya memang tidak terlalu baik. Kamu harus meningkatkan level kecerahan diatas 60 persen agar gambar terlihat jelas. Agar tidak mengubah-ubah tingkat kecerahan kamu bisa menggunakan mode auto brightness. Hanya saja, penggunaan auto brightness bisa berdampak pada penggunaan baterai yang lebih besar lagi.

Untuk saturasi warna yang ditampilkan terbilang cukup seimbang. Kami cukup puas pada pengaturan default layar, karena wrna terlihat lebih natural, dibanding diubah ke pengaturan lain seperti warm atau cool. 

MIUI 9

Xiaomi Redmi 5 PlusXiaomi Redmi 5 Plus berjalan dengan user interface MIUI 9 yang didasarkan pada OS Android Nougat versi 7.1.2. MIUI merupakan UI paling anyar Xiaomi yang sudah di dukung banyak fitur-fitur menarik, termasuk dukungan kustomisasi yang melimpah.

Salah satu fitur yang ada di MIUI 9 adalah Split Screen (menampilkan 2 aplikasi di layar secara bersamaan) dan quick replay pada notifikasi (membalas chat seperti WA, Line dan lainnya tanpa harus membuka aplikasi). Fitur-fitur ini sebenarnya juga ada di MIUI 8, karena pada dasarnya MIUI 9 pengembangan dari MIUI 8.

Namun yang perlu diingat, tidak semua aplikasi pihak ketiga mendukung fitur Split Screen ini. Tapi untuk semua aplikasi bawaan Xiaomi sudah support fitur Split Screen. Xiaomi juga memanjakan penggunanya dengan beragam pilihan theme, termasuk wallpaper, lock screen style, ikon, font hingga suara.

Namun yang terpenting, beberapa perubahan menjadikan perangkat Xiaomi bekerja lebih baik. Peningkatan tersebut mencakup pada manajemen RAM, performa yang lebih baik dan modus standby, sehingga bisa lebih menghemat daya. 

Kamera 12MP

Xiaomi Redmi 5 Plus
Di sektor imaging, Xiaomi Redmi 5 Plus tidak mengusung fitur dual kamera. Perangkat ini hanya menyediakan kamera tunggal di bagian belakang dengan kapasitas resolusi 12MP. Kamera 12MP ini memiliki sensor 26mm dengan aperture f/2.2 dan ukuran 1.25µm. Dukungan fiturnya seperti PDAF (phase-detection autofocus) dan dual-tone flash yang sangat berguna saat memotret di ruang minim cahaya. 

Kualitas foto dengan banyak cahaya hasilnya cukup bagus, terlihat tajam dan detail. Warnanya masih cukup baik meski memang tidak terlalu menonjol. Untuk pencahayaan rendah (low light) hasil fotonya memang masih bisa dkompromikan. Namun akan terlihat banyak noise ketika gambar diperbesar (zoom).

Atau kamu bisa menggunakan modus HHT untuk memotret di cahaya rendah. Modus ini memang tidak memberikan detail lebih baik, tapi setidaknya bisa mengurangi noise yang ada. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang bervariasi kamu bisa memilih beberapa modus pemotretan yang disediakan seperti Panorama, Timer, Audio, Straighten, Manual, Beautify, Group Shot, Tilt Shift, dan Night (HHT). Termasuk ketersediaan modus manual yang bisa mengasah kemampuan fotografi kamu. Disini kamu bisa mengubah ISO dan white balance. 

Hasil foto Xiaomi Redmi 5 Plus:

Xiaomi Redmi 5 Plus
Xiaomi Redmi 5 Plus
Xiaomi Redmi 5 Plus
Bagaimana kamera depannya? Xiaomi Redmi 5 Plus hanya dibekali kamera depan beresolusi 5MP. Meski demikian masih mampu menghasilkan foto yang cukup detail dengan kontras tinggi. Hanya saja, kekurangan memang terasa di kondisi rendah cahaya. Namun Xiaomi menyediakan lampu penerangan tambahan di bagian depan.

Oiya, lampu ini bukanlah flash yang akan menyala ketika kamu memotret. Kamu bisa menggunakannya dengan opsi Off (lampu mati), Auto (lampu akan menyala saat dalam kondisi gelap) dan Torch (lampu akan terus menyala). Kehadiran fitur ini cukup membantu untuk foto selfie di ruang gelap sekalipun. 

Performa

Xiaomi Redmi 5 Plus
Xiaomi Redmi 5 Plus ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 625. Namun pemilihan prosesor ini cukup disayangkan banyak pihak, tidak terkecuali dari MiFans (sebutan untuk pecinta Xiaomi). Karena beberapa competitor sudah mulai memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 630 yang lebih terbaru dan lebih bertenaga.

Meski demikian, Qualcomm Snapdragon 625 sendiri memang banyak digunakan beberapa vendor untuk produk kelas menengah mereka di 2017. Prosesor ni menawarkan keseimbangan pada performa dan efisiensi baterai. Selain itu sudah dipadukan dengan grafis Adreno 506 yang diklaim mampu menangani game FullHD dengan baik.

Di Xiaomi Redmi 5 Plus, prosesor Snapdragon 625 akan disokong memori RAM 3GB atau RAM 4GB. Dan perangkat yang kami coba adalah Redmi 5 Plus versi RAM 4GB dan ROM 64GB. Meski bukan jaminan performa sebenarnya, namun standar benchmark yang biasa kami gunakan adalah Geekbench, Antutu, PCMark, dan Androbench.

Berikut hasil benchmark nya :

  • Antutu : Skor 76963
  • Geekbench : Skor 879 (single core) dan 4295 (multi core)
  • PCMark : Skor 5007 (work 2.0 performance)
  • Androbench : Skor 271,78 (read) dan 195,14 (write)

Baterai juga menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan Xiaomi Redmi 5 Plus. Karena didalamnya sudah terbenam baterai berkapasitas 4,000mAh. Seperti yang sudah diprediksi, kualitas baterai di Redmi 5 Plus ini tidak perlu diragukan lagi.

Untuk penggunaan standar, seperti browsing, chat di pesan instan seperti WA, Line, aktif di sosmed (Instagram, Facebook, dan Twitter) baterainya bisa bertahan lebih dari sehari. Memutar video HD dengan durasi 1 jam baterai berkurang sekitar 7 persen. Sedangkan bermain game selama satu jam, baterainya menurun 9-10 persen. 

Xiaomi Redmi 5 Plus juga nampaknya dibekali fitur fas charging. Sesuai dengan keterangan di kepala charger, Redmi 5 Plus sudah mendukung pengisian 5V/2A untuk pengisian lebih cepat. Ketika digunakan untuk mengisi kembali selama 30 menit, baterai Xiaomi Redmi 5 Plus terisi hingga 31 persen. Dan untuk terisi penuh membutuhkan waktu 2 jam kurang.  

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan hp Xiaomi garansi resmi terbaru yang belum lama dirilis di Indonesia. Membawa dukungan baterai  yang cukup besar 4,000mAh bisa menjadi pertimbangan jika kamu termasuk aktif menggunakan hp. Dan jika kamu adalah orang yang tidak mengutamakan gengsi sebuah brand, hp full display ini bisa dijadikan pilihan. Apalagi harganya juga terbilang terjangkau hanya Rp2,699,000.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus Kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus
Fitur full display Belum menggunakan chipset terbaru
Kualitas layar bagus Penjualan masih sebatas flash sale
Daya tahan baterai bisa diandalkan  
Harga yang cukup bersaing  

Pesaing

Kehadiran Xiaomi Redmi 5 Plus memang lebih ditujukan mengisi trend hp full display yang kini mulai marak. Namun, disini segmen ini Redmi 5 Plus nampaknya harus bersaing dengan sejumlah perangkat sejenis yang juga mengandalkan pada fitur full display. Berikut pesaing Xiaomi Redmi 5 Plus di segmen hp full display :

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Screen Resolution Detail Prosesor RAM Memori Internal Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Depan Kapasitas Baterai
LG Q6 RAM 3GB ROM 32GB Rp 2.200.000 5.5 inch 2160 x 1080 Pixel MSM8940 Snapdragon 435 3 GB 32 GB 13 MP - 3000 mAh
OPPO F5 RAM 4GB ROM 32GB Rp 1.227.000 6 inch 2160 x 1080 Pixel Helio P23 4 GB 32 GB 16 MP 20 MP 3200 mAh
ASUS Zenfone Max Plus (M1) ZB570TL RAM 4GB ROM 64GB Rp 2.849.000 5.7 inch 2160 x 1080 Pixel - 4 GB 64 GB 16 MP 8 MP 4130 mAh
Vivo V7 RAM 4GB ROM 32GB Rp 3.699.000 5.7 inch 1440 x 720 Pixel Snapdragon 450 4 GB 32 GB 16 MP 24 MP 3000 mAh
OPPO F5 Youth RAM 3GB ROM 32GB Rp 2.750.000 6 inch 2160 x 1080 Pixel Helio P23 3 GB 32 GB 13 MP 16 MP 3200 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.99 inch
OS Version 7.1.2
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Share :
Nur Abdillah

Nur Abdillah

Content Writer

1361 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.

ARTIKEL TERKAIT

HARGA TERENDAH DENGAN PRODUK TERKAIT